6 Fakta Menarik Tentang Buah Matoa

By | Januari 29, 2022
buah matoa

Tentang Buah Matoa

Buah adalah salah satu asupan penting bagi tubuh manusia setiap hari. Dengan buah, tubuh dapat memiliki asupan kandungan gizi vitamin C, vitamin A, serat, kalium dan folat. Tentu saja Anda dapat mengkonsumsi banyak buah sesuai dengan favorit Anda. Bagi Anda yang menyukai buah Matoa, tahu apakah ternyata buah Matoa adalah salah satu buah dari daerah Papua? Manfaatnya dapat mencegah infeksi, bertahan stres dan lainnya? Berikut ini ada delapan fakta menarik tentang Buah Matoa:

  1. Matoa memiliki ketinggian rata-rata 18 meter

Pabrik Papua ini memiliki pohon besar dengan ketinggian rata-rata 18 meter dengan diameter rata-rata maksimum 100 cm. Buah Matoa ini umumnya menghasilkan buah sekali setahun dan berbunga pada bulan Juli hingga Oktober. Pabrik buah Matoa ini sangat tahan terhadap hewan seperti serangga. Iklim untuk pertumbuhan yang baik adalah memiliki curah hujan cukup dan keadaan kering.

  1. Buah Matoa berasal dari Papua

Buah Matoa ini berasal dari Papua. Bulat berbentuk seperti kelengkeng tetapi ukurannya lebih besar. Warnanya sangat bervariasi dari cokelat, hijau muda dan merah marun. Tetapi selain Papua, buah Matoa juga dapat ditemukan di setiap selain Maluku dan Sulawesi.

  1. Ada dua jenis Matoa

Buah yang memiliki keluarga Sapindaceae terdiri dari dua jenis, yaitu Matoa Papeda dan Matoa Kelapa. Perbedaan antara kedua jenis adalah melalui tekstur dan ukuran buah. Buah Papeda Matoa ini memiliki diameter sekitar 1,4-2cm. Sementara Buah Matoa Kelapa memiliki ukuran diameter 2,2-2,9 cm dengan tekstur daging buah kenyal untuk menyelesaikan tekstur daging rambutan.

  1. Banyak manfaat dari buah Matoa

Banyak manfaat yang dapat diperoleh Matoa yang dapat diperoleh dari stres, meningkatkan kesuburan, meningkatkan stamina dan imunitas tubuh, mencegah gangguan mental, mencegah kanker, menjaga kesehatan pencernaan, menjaga jantung, mengurangi kadar gula darah, mengurangi demam, mengurangi sakit kepala , meringankan flu, mengatasi diare dan dapat membantu menutupi kebutuhan vitamin

  1. Cara memproses buah matoa

Dengan buah lezat, buah matoa ini dapat langsung setelah dikupas atau dapat dilakukan atau dapat dibuat menjadi beberapa hidangan seperti es buah matoa, matoa buah, puding buah matoa, salad buah, sirup matoa dan es krim buah matoa. Konsumsi rutin buah matoa ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau mendapatkan kandungan gizi buah matoa.

  1. Proses pemanenan buah Matoa

Dalam proses panen buah Matoa ini, pada usia tahun tahun ini sesuai dengan hasil graft, dibutuhkan enam tahun untuk menumbuhkan buah matoa dari biji untuk menghasilkan buah. Buah Matoa juga dapat dipanen setelah dua bulan sejak awal penanaman buah Matoa. Proses panen bisa menggunakan gunting buah atau pisau tajam.

READ  5 Jenis Sayuran yang Sangat Berguna Bagi Tubuh

Itu beberapa informasi tentang fakta Matoa. Untuk kebutuhan konsumsi buah Matoa dan buah-buahan lainnya, tentu saja Anda harus menemukan kondisinya masih segar dan berkualitas baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *