Permintaan Maaf Pj Bupati Pasuruan Usai Foto Viral

indotim.net (Rabu, 28 Februari 2024) – Anggota Banser Pasuruan menuntut Pj Bupati Pasuruan untuk meminta maaf setelah merasa tidak senang melihat foto mantan Bupati M Irsyad Yusuf atau Gus Irsyad yang terdapat pada logo kopi dicoret-coret. Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto, akhirnya menyampaikan permintaan maaf atas kejadian tersebut.

Menurut laporan dari detikJatim, Gus Irsyad merasa kesal karena wajahnya yang terdapat dalam logo Kopi Asli Kabupaten Pasuruan (Kapiten) dicoret-coret. Logo Kapiten Pasuruan yang telah diubah tersebut terpampang di gelas kopi yang disajikan kepada para tamu dalam rapat penuh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Mendapat kritik keras terkait foto dirinya yang dicoret di sebuah cangkir kopi oleh Banser, Pj Bupati Pasuruan, Gus Irsyad, memberikan tanggapan. Ia meminta maaf atas insiden tersebut, menyebut bahwa tindakan tersebut tidaklah benar.

“Ini sudah nggak bener. Apalagi logo yang dipakai itu punya hak cipta. UMKM kita pakai Kopi Kapiten itu sudah ada hak ciptanya, sertifikat dari Kemenkumham-nya ada,” ujar Gus Irsyad dalam keterangan dilansir oleh detikJatim.

Sementara itu, Banser Kabupaten Pasuruan mempertahankan Gus Irsyad. Demonstrasi dilakukan di depan Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti.

“Saya dan semua anggota tidak terima dengan hal ini (pencoretan wajah Gus Irsyad di logo Kapiten). Tuntutan kami permintaan maaf Pak Pj Bupati Pasuruan kepada beliau (Gus Irsyad), baik secara terbuka atau lewat forum lain,” tegas Komandan Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Kabupaten Pasuruan, Kosim di lokasi, Rabu (28/2/2024).

Pj Bupati Pasuruan Andriyanto menegaskan bahwa tidak pernah memberikan instruksi kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk menutup atau menyamarkan gambar Gus Irsyad pada kemasan cup tersebut.

READ  Biden dan Israel Sepakat Menghentikan Konflik di Gaza Selama Bulan Puasa

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Pasuruan dan secara pribadi, saya memohon maaf kepada Gus Irsyad Yusuf sebagai Bupati Pasuruan dua periode yang mem-branding Kapiten,” kata Andriyanto dihubungi, Rabu (28/2/2024).

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini dan di sini.

Kesimpulan

Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto, meminta maaf kepada mantan Bupati M Irsyad Yusuf setelah foto wajahnya yang terdapat dalam logo kopi dicoret-coret oleh anggota Banser Pasuruan. Gus Irsyad merasa kesal dengan insiden tersebut dan menegaskan bahwa logo Kopi Asli Kabupaten Pasuruan (Kapiten) memiliki hak cipta. Meskipun Banser Pasuruan mempertahankan Gus Irsyad, Pj Bupati Pasuruan menegaskan bahwa tidak pernah memberikan instruksi untuk mencoret foto tersebut atas kemasan cup. Akhirnya, Andriyanto menyatakan permintaan maaf kepada Gus Irsyad atas kejadian yang menimbulkan kontroversi ini.