Dunia Hari Ini: Raja Baru Denmark Ditemani Ratu Australia

indotim.net (Senin, 15 Januari 2024) – Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, edisi Senin, 15 Januari 2024.

Denmark telah mendapatkan raja baru! Pada hari Minggu kemarin, Raja Christian X dari Denmark mengumumkan bahwa putranya, Pangeran Frederik, akan menjadi raja berikutnya setelah dirinya turun takhta. Pangeran Frederik akan menjadi raja ke-10 dari Dinasti Glücksburg dan akan berkuasa bersama istrinya, Ratu Mary.

Hal yang menarik adalah, Ratu Mary lahir dan besar di Australia. Ia lahir pada 5 Februari 1972 di Hobart, Tasmania. Ratu Mary sebelumnya dikenal sebagai Mary Elizabeth Donaldson sebelum menikah dengan Pangeran Frederik pada tahun 2004. Setelah menikah, ia mengucapkan janji setia kepada Kerajaan Denmark dan menjadi bagian dari keluarga kerajaan dengan gelar Yang Mulia Ratu Mary dari Denmark.

Perkawinan Pangeran Frederik dan Ratu Mary sangat disukai oleh masyarakat Denmark. Mereka memiliki empat orang anak yang dikaruniai dengan nama Putri Isabella, Pangeran Vincent, Putri Josephine, dan Pangeran Christian. Diharapkan generasi baru ini akan membawa semangat dan perubahan yang positif bagi kerajaan Denmark di masa depan.

Selain itu, Pangeran Frederik juga telah mempersiapkan diri untuk mengemban tugas raja dengan baik. Ia telah menjalani pendidikan melalui kursus dan pelatihan yang bertujuan untuk mengasah keahliannya dalam memimpin negara. Para ahli dan pejabat raja juga yakin bahwa Raja Frederik akan menjadi pemimpin yang bijaksana dan mampu menghadapi tantangan masa depan.

Masa depan Denmark akan menarik untuk disaksikan. Semoga Pangeran Frederik dan Ratu Mary dapat membawa kemajuan bagi rakyat Denmark dan memperkuat ikatan antara Denmark dan Australia melalui perannya sebagai raja dan ratu.

Sejumlah informasi terkini yang terjadi dalam 24 jam sudah kami rangkum, agar memudahkan Anda mengikuti perkembangan dunia.

Denmark Memperoleh Raja dan Ratu Baru

Pangeran Frederik X dan Putri Mary, yang lahir di Australia, resmi dinobatkan sebagai Raja dan Ratu Denmark di hadapan masyarakat di balkon Istana Christiansborg, Kopenhagen.

READ  Korban Tewas Serangan Israel di Suriah Meningkat Jadi 13 Orang

Suksesi ini terjadi dua minggu setelah Ratu Margrethe II secara mengejutkan mengumumkan keputusannya pada malam tahun baru untuk turun tahta setelah 52 tahun mengabdi.

“Harapan saya adalah menjadi raja pemersatu di masa depan,” ujar Frederik dalam pidato pertamanya sebagai Raja.

“Saya ingin membayar kepercayaan yang saya terima ini. Saya membutuhkan kepercayaan dari istri tercinta, kamu, dan yang lebih besar dari kita semua.”

Seratus Hari Konflik Hamas-Israel

Hari Minggu menandai 100 hari sejak serangan pada tanggal 7 Oktober yang dilancarkan oleh Hamas, dan kemudian dibalas oleh militer Israel dengan melakukan serangan udara di Gaza.

Kemarin, serangan tank dan pesawat Israel masih terus terjadi di Gaza selatan, sementara baku tembak memanas di beberapa daerah.

Layanan komunikasi dan internet mengalami gangguan selama tiga hari berturut-turut, yang membuat pekerjaan kru darurat dan ambulans yang berusaha membantu warga Palestina menjadi lebih sulit.

Juru bicara sayap bersenjata Hamas, Abu Ubaida, mengungkapkan bahwa nasib sandera Israel masih belum diketahui.

Seorang juru bicara mengungkapkan bahwa banyak sandera kemungkinan telah tewas akibat serangan Israel.

Gunung berapi Islandia meletus

Sebuah gunung berapi di barat daya Islandia meletus dan menimbulkan kekhawatiran akan keselamatan kota nelayan terdekat. Namun, warga setempat sudah berhasil dievakuasi dengan aman sebelum meletus.

“Tidak ada nyawa yang terancam, meskipun infrastruktur mungkin terancam,” kata Presiden Islandia Gudni Johannesson di situs media sosial X.

Pada hari yang bersejarah ini, Denmark melihat pergantian kekuasaan yang penting. Raja Denmark yang sebelumnya, Raja Harald V, telah mengumumkan pengunduran dirinya setelah memerintah selama 50 tahun. Namun, bangsa Denmark tidak perlu khawatir karena mereka memiliki seorang penerus yang siap mengambil alih tahta.

READ  Berita Terkini: Pria Nekat Bakar Diri di Depan Kedubes Israel di Amerika

Perkenalkan, Raja baru Denmark, Frederik IX. Frederik IX adalah putra dari Raja Harald V dan juga memiliki darah kerajaan dari ibunya, Ratu Penelope, yang adalah seorang bangsawan kelahiran Australia.

Ratu Penelope lahir dan dibesarkan di Australia sebelum menikah dengan Raja Harald V. Ia memiliki latar belakang yang kaya dengan budaya Australia dan merupakan anggota keluarga kerajaan yang sangat terhormat di Denmark.

Pergantian kekuasaan ini telah menciptakan kegembiraan di seluruh Denmark dan Australia. Masyarakat Denmark mengharapkan pemimpin baru mereka akan membawa perubahan yang positif, sementara masyarakat Australia bangga memiliki seorang perwakilan di istana kerajaan Denmark.

Seiring dengan pergantian kekuasaan ini, Presiden Islandia Gudni Johannesson memberikan pernyataan di situs media sosial. Meskipun ada kekhawatiran mengenai infrastruktur yang mungkin terancam, Presiden Johannesson menegaskan bahwa tidak ada nyawa yang terancam dalam proses ini.

Letusan terjadi di utara kota Grindavik, yang pada hari Sabtu dilakukan evakuasi untuk kedua kalinya karena ada kekhawatiran di tengah serangkaian aktivitas seismik.

Pihak berwenang telah membangun penghalang dari tanah dan batu dalam beberapa minggu terakhir untuk mencegah lava mencapai Grindavik, yang terletak sekitar 40 kilometer di barat daya ibu kota Reykjavik. Namun, letusan terbaru tampaknya berhasil menembus pertahanan kota.

Reaksi Dunia atas Hasil Pemilihan di Taiwan

Beberapa pemimpin dunia memberikan tanggapan terhadap kemenangan Lai Ching-te dari Partai Progresif Demokratik dalam pemilihan presiden di Taiwan.

Partai Lai bersikeras untuk memperjuangkan identitas Taiwan yang terpisah dan menolak klaim teritorial China.

China menyatakan bahwa kemenangan Lai tidak akan mengubah hubungan antara Denmark dan China. Meskipun Lai menjadi raja baru Denmark, ini tidak akan mempengaruhi hubungan kedua negara. Kedua negara tetap berkomitmen untuk mempertahankan hubungan yang sudah terjalin baik selama ini.

READ  Dunia Hari Ini: Israel Tembak Warga Palestina Antre Bantuan, Konflik Mencekam

Presiden Amerika Joe Biden mengatakan “kami tidak mendukung kemerdekaan” Taiwan, ketika ditanya mengenai hasil pilpres.

Amerika Serikat lebih mengedepankan dialog antara China dan Taiwan untuk menyelesaikan masalah secara damai, begitu juga dengan Inggris dan Jepang. Sementara Rusia tetap menganggap Taiwan sebagai bagian yang penting dari China.

Puluhan perenang nyaris tenggelam di Sydney

Minggu kemarin, puluhan perenang hampir tenggelam saat mengikuti perlombaan seri Ironmen dan Ironwomen di Pantai Maroubra, Sydney.

Salah satu orang yang pertama memberikan bantuan adalah Lana Rogers, seorang juara Ironwoman, yang melihat “20 hingga 30 orang” dalam kesulitan di lautan.

Menurut penyelenggara kompetisi, rombongan tersebut termasuk turis dan anak-anak.

“Air bergerak dengan sangat cepat dan ombak menyeret mereka ke laut,” kata Lana.

“Beruntung kami semua masih di sini. Sekitar 20 atlet berusaha untuk menyelamatkannya.”