Paripurna DPR, Puan Ungkap Hak Rakyat di Pemilu, Jangan Dipermainkan!

indotim.net (Selasa, 16 Januari 2024) – Ketua DPR, Puan Maharani, menyampaikan pidato pada rapat paripurna pembukaan masa persidangan III tahun sidang 2023-2024 yang diselenggarakan hari ini. Puan berbicara mengenai komitmen untuk meninggalkan warisan yang baik pada tahun terakhir tugas DPR periode ini.

“Selamat tahun baru 2024. Semoga di tahun yang baru ini, kita semua dirahmati Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dengan kesehatan, kesuksesan, dan kebahagiaan. Tahun 2024, merupakan tahun terakhir dari tugas konstitusional DPR RI periode 2019-2024 menjadi komitmen kita semua untuk dapat menuntaskan tugas sebagai Anggota DPR RI yang akan meninggalkan legacy yang semakin baik dalam menjalankan kedaulatan rakyat,” kata Puan dalam rapat paripurna di Gedung Nusantara II MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa (16/1/2024).

Ketua DPP PDIP ini memberikan pernyataan mengenai kontestasi Pemilu yang diselenggarakan tahun ini. Beliau menekankan pentingnya Pemilu yang memberikan keutamaan pada kedaulatan rakyat tanpa ada tekanan atau manipulasi.

“Pada tahun 2024 ini juga, akan berlangsung Pemilu sebagaimana diamanatkan oleh UUD NRI 1945, yaitu bahwa pemilihan umum dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil setiap lima tahun sekali. Kedaulatan berada di tangan rakyat dan melalui pemilu, rakyat memilih Presiden dan Wakil Presiden. Rakyat juga memilih perwakilannya di DPR RI dan DPD RI,” kata Puan.

“Rakyat dalam menjalankan kedaulatannya menggunakan hak pilih, harus dijamin bahwa hak rakyat tersebut dilaksanakan dengan bebas, rahasia, jujur, dan adil; hak rakyat tersebut tidak boleh dihalang-halangi, ditekan, dimanipulasi, dan lain sebagainya,” tegas Puan Maharani, Ketua DPR.

Lebih lanjut, Puan meminta para anggota Dewan tetap menjalankan tugas mereka secara efektif meskipun adanya kesibukan kegiatan kampanye.

READ  Anies Bakar Semangat Pendukung dengan Kampanye Akbar di Bogor

“Pada masa persidangan ketiga ini, juga bersamaan dengan agenda Pemilu 2024 yang memasuki tahapan yang semakin sibuk bagi partai politik dalam melakukan kampanye. Namun, Anggota DPR RI tetap berkomitmen untuk menjalankan tugas-tugas konstitusional secara efektif, terutama dalam menghadapi isu yang mendesak dan strategis,” ujar Puan.

Kesimpulan

Ketua DPR, Puan Maharani, dalam pidatonya pada rapat paripurna pembukaan masa persidangan III tahun sidang 2023-2024, menekankan pentingnya menjalankan Pemilu yang memberikan keutamaan pada kedaulatan rakyat tanpa tekanan atau manipulasi. Puan juga meminta para anggota Dewan untuk tetap menjalankan tugas mereka secara efektif meskipun adanya kesibukan kampanye dalam masa persidangan ini.