Hari Ini! Pesta Perang Melawan Korupsi, Capres-Cawapres Jawab Tantangan

indotim.net (Rabu, 17 Januari 2024) – Diskusi mengenai pemberantasan korupsi oleh para peserta Pemilu 2024 kembali digelar. Kali ini, inisiatif untuk mengadakan acara tersebut bukanlah dari KPU tetapi dari KPK. Acara ini bertajuk Kegiatan Penguatan Anti-Korupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas), dan akan diadakan hari ini, Rabu (17/1) di Gedung Merah Putih KPK. Ketua sementara KPK, Nawawi Pomolango, menyatakan bahwa acara ini bukanlah debat atau adu program. Namun, dalam acara tersebut KPK akan menyampaikan persoalan dan hambatan dalam penanganan kasus korupsi di Indonesia. Nawawi menyampaikan, “Jadi tidak ada format debat, kami pastikan itu tidak ada. Kemudian, bukan juga adu program. Forum ini dimaksudkan untuk lembaga menyampaikan kepada calon, problem apa saja, hambatan apa saja yang kami temukan dalam upaya pemberantasan korupsi,” dalam jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (16/1).

Selain itu, KPK juga akan bertanya kepada pasangan capres-cawapres mengenai bagaimana cara mereka menyelesaikan persoalan yang telah disampaikan sebelumnya. Nawawi mengungkapkan bahwa terdapat 6 hingga 10 permasalahan yang akan diulas oleh KPK di hadapan para calon. Pada puncak acara, KPK akan menginisiasi komitmen dalam hal pemberantasan korupsi di Indonesia.

Terkait hal ini, ketiga pasangan calon menyambut positif dan siap memenuhi undangan dari KPK. Capres nomor urut 01, Anies Baswedan, mengaku siap menghadiri acara ini. Ia juga menganggap forum ini sangat penting dilaksanakan sebagai kesempatan bagi masyarakat untuk mengetahui gagasan para calon mengenai pemberantasan korupsi. Anies juga berharap agar KPK tetap menjaga integritas dalam melakukan pemberantasan korupsi.

Seperti Anies, Capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo, juga siap menghadiri undangan adu gagasan antikorupsi. Ganjar mengaku sudah menantikan undangan dari KPK. Ia juga menganggap forum debat yang akan digelar KPK sebagai ide yang bagus. “Sudah 10 tahun hasilnya, mudah-mudahan dari pertanyaan pertama sebagai calon Gubernur, 10 tahun saya laksanakan sampai dengan hari ini saya pengen banget menceritakan pengalaman saya ini. Jadi bagus gitu,” ujar Ganjar Pranowo di Tegal, Jawa Tengah, Kamis (11/1/2024).

READ  Debat Memanas Calon Wakil Presiden

Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, juga dipastikan hadir dalam acara adu gagasan pemberantasan korupsi. Direktur Jubir TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Viva Yoga Mauladi, menyebut pencegahan, pemberantasan, dan penindakan korupsi sebagai salah satu visi misi Prabowo-Gibran.

Kesimpulan

Diskusi pemberantasan korupsi oleh peserta Pemilu 2024 dipimpin oleh KPK sebagai inisiatif dari inisiatif untuk mengadakan acara tersebut. Tidak seperti debat atau adu program, forum ini bertujuan untuk memperkenalkan masalah dan hambatan dalam penanganan kasus korupsi di Indonesia. KPK juga akan mengajukan pertanyaan kepada pasangan capres-cawapres tentang cara mereka menyelesaikan masalah tersebut. Ketiga pasangan calon menyambut positif dengan undangan dari KPK, menganggap acara ini penting untuk memberikan gagasan mereka tentang pemberantasan korupsi. Puncak acara ini adalah menginisiasi komitmen dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.