Sudah Saatnya Pelayanan Kesehatan “Jemput Bola” oleh Syarief Hasan

indotim.net (Rabu, 17 Januari 2024) – Wakil Ketua MPR RI yang juga Anggota Mejelis Tinggi Partai Demokrat, Sjarifuddin Hasan atau yang akrab disebut Syarief Hasan telah melaksanakan layanan pengobatan gratis di Dapil Jabar 3, yang meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur. Ia tak hanya melakukan sekali saja, dalam satu hari Syarief Hasan bisa menyelenggarakan dua sesi pengobatan gratis sekaligus. Seperti yang dilaksanakan pada hari Selasa (16/1).

Dalam satu hari, Syarief Hasan yang didukung tenaga kesehatan sekaligus caleg Partai Demokrat DPRD Kabupaten Cianjur dr. Herni Anggraeni Dewi melaksanakan pengobatan gratis di dua lokasi berbeda, yaitu, Kampung Ciranji RT 01 RW 04, Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku, dan Desa Rancagoong RT 2 RW 5 Kecamatan Cilaku, keduanya di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Lebih dari seratus warga masyarakat hadir untuk memeriksakan kesehatan mereka. Baik laki-laki maupun perempuan, dari berbagai usia, mereka rela berjejal menunggu giliran untuk diperiksa. Bahkan ada yang rela menunggu beberapa jam.

Menanggapi antusiasme ratusan warga yang ikut dalam program pengobatan gratis, Syarief Hasan yang juga Anggota Komisi I DPR RI, menyebut kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan diri serta lingkungannya semakin baik. Sayangnya, mereka belum mendapat layanan kesehatan yang maksimal dari pemerintah. Sehingga saat ada layanan kesehatan yang datang, warga berebut ikut berpartisipasi.

“Respons warga sangat tinggi, dan itu menjadi bukti bahwa masyarakat membutuhkan layanan kesehatan, apalagi yang sifatnya menjemput bola, mendatangi tempat mereka yang ada di desa dan kampung-kampung. Dengan begitu warga bisa memeriksakan kesehatannya tanpa jauh meninggalkan rumah dan mengeluarkan biaya transportasi,” kata Syarief Hasan dalam keterangannya, Rabu (17/1/2024).

Antusiasme masyarakat dalam memeriksakan kesehatannya menjadi perhatian utama bagi Syarief Hasan, sehingga puskesmas harus melakukan pelayanan secara berkeliling untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain menunggu masyarakat datang, pelayanan juga harus aktif mendatangi mereka. Terbukti, masyarakat juga senang dilayani secara proaktif. Inilah alasan mengapa Syarief Hasan akan melanjutkan kegiatan door-to-door ini, bukan hanya menjelang pemilu seperti sekarang.

READ  Menjelaskan Proses dan Prosedur Pemakzulan Jokowi Menurut Konstitusi

“Insyaallah pengobatan gratis ini akan kami lanjutkan, karena kami memang melihat ada kebutuhan itu. Bagi pemerintah, sudah waktunya juga memberi layanan kesehatan yang sifatnya menjemput bola, mendatangi warga di tempat tinggalnya,” tambah Syarief Hasan.

Kesimpulan

Artikel ini mengangkat tentang layanan pengobatan gratis yang dilakukan oleh Wakil Ketua MPR RI, Syarief Hasan, di Dapil Jabar 3 yaitu Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur. Dalam satu hari, Syarief Hasan mampu menyelenggarakan dua sesi pengobatan gratis yang dihadiri oleh lebih dari seratus warga. Antusiasme masyarakat dalam program ini menunjukkan bahwa mereka membutuhkan layanan kesehatan yang lebih maksimal. Syarief Hasan menyatakan bahwa pelayanan kesehatan yang berupa “jemput bola” atau mendatangi tempat tinggal masyarakat akan terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan mereka.