5 Kisah Haru Bayi Dibuang, Terperangkap di Kekejaman Selokan

indotim.net (Minggu, 21 Januari 2024) – Beberapa kasus bayi yang dibuang terjadi dalam pekan ini di berbagai wilayah. Salah satunya terjadi saat bayi dibuang ke selokan di Depok dan juga bayi yang ditemukan di semak-semak di Denpasar, Bali.

Ada 5 kasus penemuan bayi yang membuat geger, berikut ini ceritanya:

1. Bayi Dibuang di Selokan Depok

Seorang ibu muda berinisial GR (21) dengan kejam membuang bayi yang baru dilahirkannya ke dalam selokan di Cisalak, Kecamatan Cimanggis, Depok. Bayi tersebut ditemukan dalam kondisi hidup.

Kejadian tersebut terekam oleh kamera CCTV dan menjadi viral di media sosial. Dalam rekaman video tersebut, terlihat seorang wanita mondar-mandir di depan rumah warga.

Seorang wanita terlihat menggendong seorang bayi. Tindakan yang sangat menyedihkan terjadi saat wanita tersebut membuang bayinya ke dalam selokan. Kejadian tersebut mengguncang banyak orang dan menuai kecaman dari masyarakat.

Kaur Humas Polres Depok Iptu Made membenarkan adanya kejadian tersebut. Bayi tersebut dilempar pelaku pada Senin (15/1) sekitar pukul 22.00 WIB.

“Bayi jenis kelamin laki-laki yang baru dilahirkan,” kata Made dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (16/1/2024).

Bayi tersebut ditemukan dalam kondisi hidup. Polisi mengungkap bahwa bayi tersebut merupakan prematur.

“Karena kondisi bayi yang lahir prematur disarankan oleh bidan untuk dibawa ke RS Setya Bhakti, Jalan Raya Bogor,” kata Made.

Polisi mengungkapkan pelaku yang membuang bayi tersebut ternyata sudah memiliki suami. Suami pelaku juga sudah dimintai keterangan oleh polisi.

Sementara itu, Ketua RT setempat menyebutkan bahwa GR melahirkan bayi tersebut seorang diri. Pelaku pada saat itu sedang sendirian di rumahnya.

READ  Jokowi Rencanakan Kota IKN Jadi Hunian Ramah Masyarakat dalam 10 Tahun

“Lahirannya sendiri, nggak ada yang bantuin nggak ada yang apa. Soalnya pas emang orang tuanya nggak ada di rumah,” kata Ketua RT setempat, Zainudin, kepada wartawan di Cisalak, Cimanggis, Depok, Selasa (16/1).

Menurut Zainudin, GR mengalami depresi. Zainudin juga melaporkan bahwa GR memiliki masalah rumah tangga dengan suaminya.

“Jadi kronologisnya, pertama, dia sedikit depresi, kedua, masalah ekonomi di keluarga dan akhirnya mereka berpisah, tapi belum bercerai,” ujarnya.

2. Bayi Dibuang di Lorong Bangunan di Tarakan

Warga Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara) juga dihebohkan dengan penemuan bayi laki-laki yang dibuang oleh orang tuanya di pinggir lorong bangunan. Saat ini, polisi sedang menyelidiki penemuan bayi tersebut setelah menerima laporan dari warga.

“Bayi berjenis kelamin laki-laki berusia 27 hari dan bernama Arshaka, diketahui hal itu karena di lokasi ditemukan pesan singkat dari orang tuanya yang membuang bayi tersebut,” kata Kapolres Tarakan AKBP Ronaldo Maradona seperti dilansir detikSulsel, Jumat (19/1).

Penemuan bayi itu terjadi di Jalan Cendana Gang Sueb, Kelurahan Lingkas Ujung, Tarakan, Rabu (17/1). Saat ditemukan bayi tersebut disimpan di dekat bahan bangunan batu bata di pinggir lorong.

“Saat ditemukan oleh warga, terdengar suara tangisan dari bayi. Bayi tersebut dibungkus selimut dan ditempatkan dekat dengan tumpukan batu bata di sebelah toko sepatu yang terletak di lorong gang,” jelas narasumber.

Kejadian ini kemudian dilaporkan ke polisi yang langsung mengambil tindakan dengan membawa bayi tersebut ke rumah sakit untuk memeriksa kesehatannya. Tidak hanya itu, Ronaldo pun menyempatkan diri untuk menjenguk bayi malang tersebut.

“Langkah selanjutnya, saya memerintahkan jajaran saya untuk melakukan penyelidikan terhadap pelaku yang membuang bayi ini, agar proses hukumnya tetap berjalan,” ujar Ronaldo.

Simak selengkapnya pada halaman berikut.

Saksikan Video ‘Nana Mirdad Selamatkan Bayi yang Dibuang di Dekat Rumahnya’:

READ  Heboh! Bayi Prematur Ditemukan di Musala Saat Subuh, Masyarakat Sukmajaya Terkejut

Tersebuah kenyataan yang menyedihkan, bahwa bayi-bayi tak bersalah sering kali menjadi korban kekejaman pengabaian diri orang dewasa. Beberapa kasus memang mengharukan dan mengejutkan, di mana bayi-bayi tersebut ditemukan dalam kondisi terlantar di tempat yang tidak semestinya. Berikut adalah 5 kisah pilu bayi yang ditemukan di selokan dan semak-semak:

3. Ibu Tinggalkan Bayi Usai Melahirkan di Musala Depok

Insiden serupa juga terjadi di Sukmajaya, Depok. Sang ibu dengan kejam membuang bayi yang baru dilahirkannya seorang diri di musala saat subuh.

Kejadian tersebut terekam oleh kamera CCTV dan menjadi viral di media sosial. Dalam rekaman video tersebut, terlihat seorang wanita melahirkan seorang diri.

Setelah berhasil melahirkan, seorang wanita membawa bayinya ke tempat wudu. Namun, dengan hati yang teriris, ia memilih untuk meninggalkan bayinya di musala tersebut.

Kisah pilu ini terjadi pada Kamis (18/1) sekitar pukul 04.15 WIB saat salat Subuh. Sutiyo, seorang warga, masuk ke musala setelah mendengar suara tangisan bayi dan melihat bercak darah di pintu musala.

“Kemudian melihat bayi yang masih dalam kondisi hidup tergeletak di depan pintu Musala An-Nur. Selanjutnya Bapak Sutiyo melaporkan penemuan bayi tersebut kepada Ibu Nung, Ibu Sutilah, Ibu Dede, dan Ibu Rohayati,” ujar Made dalam keterangannya, Kamis (18/1).

Penemuan bayi tersebut juga dilaporkan kepada ketua RT setempat dan kemudian disampaikan ke polisi. Sekitar pukul 06.00 WIB, petugas polisi datang dan mengantar bayi tersebut ke RS Bhayangkara Brimob, di Kelapa Dua, Depok.

Menurut sumber, bayi yang lahir prematur dibawa ke RS Bhayangkara Brimob, Kelapa Dua, Depok karena di sana tersedia peralatan medis yang lebih lengkap.”

4. Penemuan Jasad Bayi di Semak-semak di Kolaka

Kasus penemuan bayi juga terjadi di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra). Seorang bayi laki-laki ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

“Anggota langsung turun melakukan proses evakuasi,” ujar Kapolsek Wolo Iptu Rahman Syarif seperti dilansir detiSulsel, Jumat (19/1).

READ  Houthi Siap Berperang Hebat setelah AS Menyerang Yaman

Penemuan jasad bayi tersebut terjadi di Desa Samaenre, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Jumat (19/1) sekitar pukul 16.20 Wita. Bayi tersebut ditemukan pertama kali oleh warga bernama Naima yang sedang mencari kayu bakar.

Dalam kejadian ini, polisi melakukan evakuasi pada sekitar pukul 17.01 Wita dengan bantuan tim medis dari perusahaan di sekitar lokasi. Saat ini, kasus ini masih dalam penyelidikan oleh pihak kepolisian.

“Jasad bayi telah dibawa oleh tim medis untuk proses visum. Jasad bayi diperkirakan berusia satu hari. Masih dalam penyelidikan (penemuan bayi tewas),” kata dia.

5. Bayi Perempuan Ditemukan di Semak-semak di Bali

Di Denpasar, Bali, juga terjadi peristiwa serupa. Bayi perempuan ditemukan di semak-semak dekat vila milik Hanna Natasya Maria Mirdad atau Nana Mirdad di Kota Denpasar. Bayi tersebut dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Dalam laporan dari detikBali, seorang housekeeper bernama Nana Mirdad, Antika, menemukan bayi tersebut pada hari Sabtu (20/1) sekitar pukul 10.00 Wita. Saat hendak pergi ke warung, dia mendengar suara tangisan bayi.

“Saksi (Antika Sari) menemukan bayi tersebut saat melintas di Jalan Sekar Sari Gang Tagtag, Denpasar Timur,” kata Kepala Seksi Hubungan Masyarakat (Kasi Humas) Polresta Denpasar AKP I Ketut Sukadi kepada detikBali, Sabtu (20/1).

Bayi yang ditemukan tidak menggunakan pakaian. Kemudian, Antika mengambil bayi tersebut. Ia menutupi bayi dengan kain yang dibawanya di jok sepeda motor.

Setelah ditemukan, bayi tersebut kemudian dibawa oleh Nana Mirdad ke Rumah Sakit Bali Mandara untuk mendapatkan pertolongan. Meskipun dalam keadaan yang cukup kritis, namun bayi tersebut berhasil stabil dan segera menjalani perawatan medis yang diperlukan.

“Kondisi bayi dalam keadaan stabil dengan berat badan 2.300 gram, saat ini masih dalam perawatan di RSBM,” jelas Sukadi.