Kronologi dan Dampak Kecelakaan Bus di Tol Pemalang: Memahami Kondisi dan Jumlah Korban

indotim.net (Senin, 22 Januari 2024) – Bus PO Shantika terjun dari ruas Tol Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah dan menewaskan dua orang. Kecelakaan bus Shantika di Tol Pemalang ini juga menyebabkan belasan penumpang bus mengalami luka.

Lalu, bagaimana awal mula kejadiannya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Awal Mula Kecelakaan Bus Shantika di Tol Pemalang

DetikJateng melaporkan bahwa kecelakaan tersebut terjadi di Tol Pemalang KM 320, di ruas jalan desa wilayah Ampelgading, Kabupaten Pemalang pada Minggu (21/1/2024) sekitar pukul 12.30 WIB. Bus dengan nomor polisi K1736 CB mengangkut 20 penumpang, 2 sopir, dan satu kernet.

Bus tersebut berasal dari Jakarta dan hendak menuju Semarang, demikian diungkapkan oleh Yulian Fundra Kurnianto, Manager Teknik dan Operasi Pemalang Batang Tol Road (PBTR).

“Kronologinya bus tersebut melaju di jalur 2, kemudian menuju ke kiri hingga terjun dari jalan Tol. Diduga sopir mengantuk,” ujar Yulian saat dihubungi wartawan.

2. Penyebab Kecelakaan Masih Diselidiki

Wakapolres Pemalang, Kompol Gunawan Wibisono mengungkapkan bahwa bus tersebut sedang dalam perjalanan dari Jakarta menuju Jepara. Kejadian ini terjadi saat cuaca sedang cerah. Saat ini, penyebab kecelakaan tersebut masih sedang diselidiki oleh Satlantas Polres Pemalang.

Lokasi kecelakaan bus PO Shantika yang terjun dari jalan tol Pemalang KM 320 ke jalan desa di wilayah Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang, Minggu (21/1/2024). (Foto: Robby Bernardi/detikJateng)

3. Identitas 2 Korban Tewas

Dalam kecelakaan tragis yang terjadi pada bus Shantika di tol Pemalang, dua orang penumpang bus telah meninggal dunia. Seluruh korban kecelakaan juga telah dievakuasi dengan upaya yang maksimal.

“Setelah melakukan evakuasi korban terlebih dahulu. Jumlah korban menurut daftar keberangkatan bus mencapai 23 orang, terdiri dari dua orang supir, satu orang kernet, dan 20 penumpang. Sayangnya, dua orang di antaranya meninggal dunia. Sedangkan korban luka-luka masih dalam proses pendataan di dua rumah sakit, yaitu RS Comal Baru dan Siaga Media,” ujar Wakapolres Pemalang, Kompol Gunawan Wibisono, pada hari Minggu (21/1/2024).

READ  Apa yang Membuat Cuaca Ekstrem Saat Musim Hujan 2024? Analisis BMKG yang Menarik!

Berikut adalah identitas kedua korban meninggal:

Pada kecelakaan yang terjadi di Tol Pemalang, Bus Shantika terjun dari jalan tol dan menyebabkan dua orang penumpang meninggal dunia. Salah satu narasumber yang juga merupakan penumpang, Sudirman dari alamat Ciledug, Banten, turut menyaksikan kejadian tersebut. Selain itu, Sudarmono yang beralamat di Kudus, Jawa Tengah, juga menjadi korban dalam kecelakaan ini.

Sopir Sempat Minta Maaf

Menurut detikjateng, sopir bus yang terlibat dalam kecelakaan ini sempat berteriak minta maaf kepada para penumpang. Kejadian tersebut menjadi momen yang memilukan bagi semua orang yang berada dalam bus saat itu.

“Saat kejadian, saya duduk di belakang supir. Saya menduduki nomor 3 dan nomor 4 diisi oleh anak dan suami saya. Pada saat itu, saya sedang menyusui anak dengan kondisi setengah tidur,” ungkap Nur Erna Rahmawati (39) pada Minggu (21/1/2024).

“Nah itu sebelum bus terjun, supir bus bilang ‘Pak Bu, minta maaf’, lalu banting setir ke kiri dan terjun,” sambungnya.

Saat supir bus meminta maaf, Nur segera mengecek situasi dan kondisi.

“Beberapa detik sebelum terjun supir meminta maaf. Alhamdulillah, saya dan keluarga masih diberikan umur panjang,” ungkap Nur dengan lega.

5. Ada Penumpang Terjepit

Sejumlah warga di lokasi kecelakaan bus Shantika di Tol Pemalang saat itu mengaku mendengar suara benturan yang begitu keras. Warga pun langsung mencari sumber suara tersebut.

“Saya mendengar suara guardrail, saya kira bus nabrak pinggiran tol, ternyata bus jatuh ke bawah. Penumpang ada yang keluar dari bus. Kondisinya bus ringsek. Ada beberapa penumpang luka-luka dan terjepit,” kata warga setempat, Adi (26) kepada sumber lokal, di lokasi kejadian.

READ  Sopir Bus Minta Maaf di Tol Pemalang, Penumpang Terjun Bersama

Kejadian mengerikan terjadi ketika sebuah bus terjun di Tol Pemalang. Warga sekitar segera melaporkan kejadian ini kepada kepolisian. Dalam waktu singkat, anggota polisi dan petugas Basarnas tiba di lokasi untuk membantu evakuasi para korban.

“Korban yang mengalami luka-luka dan terjepit langsung dievakuasi oleh petugas Basarnas dan relawan, dibantu oleh warga sekitar. Mereka kemudian dibawa ke rumah sakit terdekat,” ujar Adi.

Lihat juga Video: Sederet Fakta Kecelakaan Bus Terjun dari Atas Tol Pemalang Tewaskan 2 Orang

Kesimpulan

Pada Senin, 22 Januari 2024, sebuah kecelakaan terjadi di ruas Tol Pemalang, Jawa Tengah, ketika Bus PO Shantika terjun dari jalan tol dan menewaskan dua orang serta melukai belasan penumpang. Kecelakaan ini diduga disebabkan oleh sopir yang mengantuk. Saat ini, penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan oleh Satlantas Polres Pemalang. Dalam kejadian tragis ini, identitas kedua korban meninggal telah diungkap, yaitu Sudirman dan Sudarmono. Sopir bus juga sempat meminta maaf kepada penumpang sebelum terjun. Evakuasi korban dilakukan oleh petugas Basarnas dan relawan dengan bantuan warga sekitar. Mereka kemudian dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis. Kecelakaan ini menyisakan duka mendalam bagi semua yang terlibat.