Waka MPR Mendorong Aparat untuk Cegah Gangguan Pemilu melalui Tindakan Proaktif

indotim.net (Sabtu, 13 Januari 2024) – Wakil Ketua MPR Syarief Hasan meminta aparat keamanan untuk proaktif melakukan pengamanan selama masa kampanye. Aparat keamanan perlu dapat mengantisipasi kemungkinan terjadinya gejolak di masyarakat menjelang pemilu pada tanggal 14 Februari 2024.

“Dengan semakin meningkatnya ketegangan di masyarakat pada masa kampanye pemilu ini, maka seharusnya aparat keamanan juga harus intensif dalam melaksanakan tugas pengamanan,” ujar Syarief dalam keterangannya, Sabtu (13/1/2024).

Permintaan tersebut disampaikan setelah melakukan silaturahmi dengan warga RW 07 Kelurahan Baranangsiang, Kota Bogor, pada hari Sabtu (13/1). Silaturahmi tersebut dihadiri oleh lebih dari seratus warga, dimana mayoritas dari mereka adalah ibu-ibu.

Pada kesempatan tersebut, Syarief juga diminta pendapatnya mengenai ancaman penembakan terhadap salah satu capres, bentrok antar pendukung paslon dalam konser musik, dan beredarnya koran ‘Achtung’ yang berisi fitnah terhadap salah satu capres.

Wakil Ketua MPR meminta agar aparat keamanan selalu proaktif dalam menciptakan keamanan selama masa kampanye Pemilu. Menurutnya, situasi keamanan saat ini masih terkendali namun tetap harus diwaspadai. Aparat keamanan juga harus merespons cepat setiap peristiwa yang bisa mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat (Kamtibmas).

“Di situlah kita mengharapkan aparat keamanan harus merespon dengan cepat setiap gejolak yang muncul karena memang rakyat harus dilindungi agar tidak jatuh menjadi korban,” jelas Wakil Ketua MPR.

Wakil Ketua MPR dari Fraksi Partai Demokrat ini juga memberikan apresiasi kepada aparat keamanan yang responsif terkait ancaman penembakan yang muncul di media sosial terhadap salah satu calon presiden (capres) dan berhasil menangkap pelakunya.

Saat berkunjung dan bertemu dengan warga, Wakil Ketua MPR, Syarief juga menekankan pentingnya peran aparat dalam menjaga keamanan dan kelancaran masa kampanye pemilihan umum. Menurutnya, pelaksanaan Pemilu adalah sarana untuk mewujudkan visi misi yang secara keseluruhan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

READ  Menyimak 4 Fakta Terbaru dari Kecelakaan Maut Fortuner vs Truk di Tol Jagorawi

“Paling utama adalah kesejahteraan rakyat. Ini menjadi prioritas. Yang penting adalah kesejahteraan,” katanya.

Wakil Ketua MPR, Syarief Hasan, meminta aparat keamanan untuk proaktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye Pemilu. Menurutnya, langkah ini sangat penting untuk memastikan Pemilu berlangsung dengan aman dan lancar.

Menteri Koperasi dan UMKM di masa pemerintahan SBY juga mendengar langsung keluhan dari emak-emak mengenai kenaikan harga bahan kebutuhan pokok, kesulitan mencari pekerjaan, dan berkurangnya pendapatan.

“Melalui pemilu ini, jika kita berhasil menjadi pemenang, kita akan melakukan perubahan dan meneruskannya,” ungkapnya.

“Bagaimana rakyat bisa menghadapi kenaikan harga, bagaimana meningkatkan daya beli masyarakat, itu yang paling utama,” sambungnya.

Sekretaris Jenderal MPR RI, Syarief Hasan, mengungkapkan pentingnya keterlibatan aparat keamanan dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye pemilihan umum (pemilu).

Syarief mengungkapkan kehadirannya dalam kegiatan silaturahmi tersebut didasari oleh hubungan emosional yang erat dan dekat dengan masyarakat di sana.

Anggota dewan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat III yang meliputi Kabupaten/Kota Cianjur dan Kota Bogor ini mengaku sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Kehadirannya begitu dinantikan oleh warga sehingga mereka sangat antusias menyambutnya. Waka MPR berharap pertemuan dengan warga tidak hanya dapat mempertahankan dukungan masyarakat, tetapi juga dapat meningkatkan jumlah suara yang diperoleh.

“Wilayah ini menjadi lumbung suara saya karena sangat banyak warga yang memilih saya di sini pada Pemilu 2019 lalu,” tutupnya.

Kesimpulan

Wakil Ketua MPR, Syarief Hasan, mendorong aparat keamanan untuk menjadi lebih proaktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye Pemilu. Dalam silaturahmi dengan warga, ia juga menekankan pentingnya peran aparat dalam menjaga kesejahteraan rakyat. Syarief meminta agar aparat keamanan selalu merespons cepat setiap gejolak yang bisa mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat. Selain itu, Syarief juga memberikan apresiasi kepada aparat keamanan yang berhasil mengatasi ancaman penembakan terhadap salah satu calon presiden. Dengan melibatkan aparat keamanan secara proaktif, diharapkan Pemilu dapat berlangsung dengan aman dan lancar, sehingga memastikan realisasi visi misi yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

READ  GNB Allisa Wahid Bertemu SBY di Cikeas Hari Ini, Bahas Pemilu 2024