Temui Kades Gorontalo Utara, Fadel Muhammad Serap Aspirasi Masyarakat Mengenai Dana Desa

indotim.net (Selasa, 23 Januari 2024) – Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad menerima kunjungan silaturahmi beberapa kepala desa (kades) Kabupaten Gorontalo Utara di Rumah Aspirasi Fadel Muhammad, Kota Gorontalo, hari ini. Pertemuan ini dikoordinasi oleh Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Gorontalo, Abdul Muis Hilala.

Dalam pertemuan ini, Fadel menerima aspirasi dari para kepala desa mengenai peningkatan Dana Desa, serta permintaan kewenangan penuh dalam mengelola dana desa tersebut.

Sebagai Pimpinan MPR dan anggota DPD RI Dapil Gorontalo, saya dengan senang hati menerima aspirasi dari para Kades. Saya sepenuhnya mendukung aspirasi mereka, khususnya terkait permintaan kenaikan anggaran untuk desa. Saya memperkirakan anggaran minimal yang dibutuhkan sebesar Rp 3 miliar,” ujar Fadel Muhammad dalam keterangan resminya pada Selasa (23/1/2024).

Mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini juga mengungkapkan bahwa anggaran desa sebelumnya hanya sekitar Rp 1 miliar yang ternyata tidak mencukupi untuk membiayai pembangunan di desa.

“Saya sangat memahami pentingnya desa dalam pembangunan. Desa adalah ujung tombak pembangunan di daerah bahkan pembangunan nasional. Saya tahu persis, sebab saya pernah menjabat sebagai Gubernur Provinsi Gorontalo. Saat itu, saya memprioritaskan anggaran untuk desa,” kata Fadel Muhammad saat bertemu dengan Kepala Desa Gorontalo Utara.

Bahkan ketika menjabat sebagai gubernur, Fadel mengatakan bahwa untuk meningkatkan program pembangunan desa, ia mengalokasikan tunjangan kinerja bagi para kepala desa.

Fadel Muhammad bertemu dengan Kepala Desa Gorontalo Utara untuk mendengarkan aspirasi terkait penggunaan dana desa. Dalam pertemuan tersebut, Fadel mengungkapkan bahwa anggaran yang dialokasikan dari level atas, yaitu Pemerintah Kabupaten, kecamatan, hingga desa, telah memberikan hasil pembangunan yang sangat cepat. Ia juga menjelaskan bahwa program pemerintah provinsi telah menyentuh hampir seluruh desa, termasuk yang terletak di daerah terpencil.

READ  Pangan yang Bijak Berutang: Membarui Prioritas di Tengah Ketidakpastian

“Saat ini, saya melihat kecenderungannya terbalik. Semuanya ditarik ke atas. Ini salah menurut saya. Hal itu membuat semangat kerja menurun. Pembangunan jalan di tempat. Kalau ini terus terjadi, kekhawatiran pemerintah pusat akan adanya urbanisasi akan terwujud,” jelasnya.

Saat ini, Ketua DPD APDESI Provinsi Gorontalo, Abdul Muis Hilala, mengungkapkan apresiasinya terhadap kepedulian Fadel terhadap pembangunan dan kemajuan desa. Dia berharap bahwa pemerintah dapat segera mengambil langkah konkret untuk menindaklanjuti aspirasi yang telah disampaikan.

“Saya berharap agar aspirasi kami, terutama mengenai kenaikan dana desa dan pemberian hak yang lebih besar kepada desa untuk mengelolanya, dapat dikabulkan. Saat ini, 70 persen dana desa diatur oleh pusat dan hanya 30 persen diatur oleh desa. Kami sangat berharap agar ke depannya, 70 persen dana desa diatur oleh desa dan 30 persen diatur oleh pusat. Hal ini sangat penting agar keberlanjutan dan perkembangan desa dapat terjamin,” pungkasnya.

Kesimpulan

Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad, menerima kunjungan silaturahmi beberapa kepala desa dari Kabupaten Gorontalo Utara. Dalam pertemuan tersebut, Fadel Muhammad mendengarkan aspirasi para kepala desa terkait peningkatan Dana Desa dan permintaan kewenangan penuh dalam mengelola dana desa. Fadel Muhammad mendukung aspirasi tersebut dengan memperkirakan anggaran minimal yang dibutuhkan sebesar Rp 3 miliar. Dia juga mengungkapkan pentingnya peran desa dalam pembangunan dan menyoroti perlunya memberikan hak yang lebih besar kepada desa untuk mengelola dana tersebut.