Untidar Magelang: Membuat Pembibitan Anggrek Bulan yang Menarik, Dijual dengan Harga Rp 90 Ribu per Pohon

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Universitas Tidar (Untidar) Magelang saat ini sedang mengembangkan kebun anggrek di Kledung Research Park, Kabupaten Temanggung. Pengembangan kebun ini dilakukan melalui kerja sama dengan para alumni.

Lokasi kebun tersebar di lahan seluas 6 hektar di kawasan Kledung, Kabupaten Temanggung. Salah satu lahan tersebut digunakan sebagai Kledung Research Park.

Di area ini terdapat dua rumah kaca untuk menanam anggrek. Jenis anggrek yang ditanam adalah anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis). Saat ini, bunga anggrek di rumah kaca tersebut sudah siap dipanen.

“Kami bekerja sama dengan Untidar sebagai ahli dalam pembibitan anggrek bulan. Di rumah kaca Kledung kapasitasnya mencapai 8.000 hingga 9.000 pohon anggrek. Prediksi panen setiap bulannya sekitar 1.600 hingga 2.000 pohon. Pada setiap minggunya, sekitar 400-an pohon anggrek,” kata Hasan Sulaeman Syah, seorang alumni Untidar yang terlibat dalam kerja sama tersebut, pada Rabu (18/1/2023).

Jenis anggrek yang dikembangkan terdiri dari berbagai varian seri phalaenopsis, seperti mini, premium, dan putih. Menurut Hasan, hasilnya sangat cocok dan bagus.

“Kita juga alih teknologi dari pertanian Untidar, sama alih teknologi yang kita kembangkan bisa saling membantu meningkatkan mutu,” kata Hasan yang juga pemilik Anggrek Nambangan Magelang itu.

Harga jual saat ini untuk grosir Rp 90 ribu. Nantinya juga dikembangkan Untidar untuk showroom dan jualan online.

“Sementara kita masih yang jualan grosir atau partai. Kalau grosir harga Rp 90 ribu, ritel harganya Rp 90 ribu sampai harga Rp 150 ribu,” katanya.”

Rektor Untidar Prof Sugiyarto mengatakan keberadaan kebun anggrek ini multi fungsi. Hal ini merupakan bentuk kerja sama dengan lintas unit terutama dengan alumni Untidar.

READ  Goyang Pemilih Muda! Caleg Demokrat Siapkan Turnamen Esport Menggembirakan di FX Senayan

“Ke depan dengan mahasiswa untuk edukasi juga masyarakat umum terutama dengan Pemda. Ini akan membawa nama daerah dengan branding adanya anggrek di Kledung,” katanya.

Alasan dipilihnya anggrek karena ada alumni yang sudah usaha anggrek. Lokasinya juga sangat pas untuk pengembangan anggrek.

“Sementara baru dua (green house). Rencana nanti di Bandongan (Kabupaten Magelang) dikembangkan,” ujar Sugiyarto.

Kesimpulan

Universitas Tidar (Untidar) Magelang sedang mengembangkan kebun anggrek di Kledung Research Park, Kabupaten Temanggung melalui kerja sama dengan para alumni. Di kebun ini, terdapat dua rumah kaca yang menanam jenis anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis), dengan kapasitas produksi sekitar 1.600 hingga 2.000 pohon anggrek setiap bulannya. Hasil pembibitan anggrek bulan tersebut akan dijual dengan harga grosir sebesar Rp 90 ribu per pohon. Kebun anggrek ini juga memiliki manfaat multi fungsi, seperti menjadi sarana edukasi bagi mahasiswa serta masyarakat umum, dan membantu memperkenalkan daerah dengan adanya branding anggrek di Kledung.