AHY Ungkap 5 Agenda Besar-14 Program Prioritas untuk Transformasi Positif

indotim.net (Jumat, 12 Januari 2024) – Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut masyarakat menginginkan kebebasan hingga ketentraman. Untuk itu, PD mengemukakan 6 agenda besar dan 14 program prioritas utama untuk perubahan.

“Di sisi lain, sebagai bangsa yang beragam, kita sangat rentan terhadap perpecahan. Masyarakat yang sejahtera pasti mengharapkan kebebasan, keadilan, keamanan, kerukunan, kedamaian, dan ketenteraman,” ujar AHY dalam pidatonya, pada hari Jumat (12/1/2024).

Untuk mewujudkan hal tersebut, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab kita semua. Oleh karena itu, PD telah merumuskan skema untuk agenda perubahan.

“Itulah sebabnya, Partai Demokrat telah memikirkan dan merumuskan dengan sangat teliti agenda Perubahan dan Perbaikan, sambil melanjutkan hal-hal yang sudah baik, agar tidak hanya menjadi janji belaka,” ujar AHY.

Dalam perjalanan lima tahun mendatang, Partai Demokrat akan memperjuangkan lima agenda besar yang menjadi prioritas nasional.

“Sebagai implementasinya, melalui perjuangan Partai Demokrat lima tahun ke depan, kami akan memperjuangkan lima agenda besar nasional, yang hakikatnya adalah peningkatan serta perbaikan yang diperlukan,” ujarnya.

Lima Agenda tersebut meliputi:

1. Perekonomian dan kesejahteraan rakyat.

Agenda ke-2 yang diungkap oleh AHY adalah mengenai kualitas SDM dan lingkungan hidup.

10. Kualitas penegakan hukum dan keadilan.

4. Kehidupan demokrasi dan kebebasan rakyat.

Agenda kelima yang dibahas adalah terkait dengan tata kelola pemerintahan.

Sementara itu, dari lima agenda tersebut, terdapat 14 program prioritas yang dijabarkan oleh Partai Demokrat.

“Dari kelima agenda besar tersebut, kami merincikan dalam 14 program prioritas Partai Demokrat,” ujar AHY.

Program Prioritas tersebut terdiri dari:

  • 1. Program Prioritas Pertama
  • 2. Program Prioritas Kedua
  • 3. Program Prioritas Ketiga
  • 4. Program Prioritas Keempat
  • 5. Program Prioritas Kelima
READ  Debat Cawapres Tidak Menghasilkan Solusi Masalah Agraria dan Ekologis, Menurut Walhi

Setelah menjabat sebagai Presiden, AHY memiliki lima agenda besar yang akan menjadi fokus utama pemerintahannya. Salah satu agenda tersebut adalah meningkatkan kesejahteraan rakyat agar hidup mereka semakin layak.

Meningkatkan ketersediaan lapangan pekerjaan untuk rakyat, termasuk generasi muda, dan kaum perempuan.

Agenda besar ketiga yang diungkapkan oleh AHY adalah meningkatkan perlindungan dan bantuan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal ini akan dilakukan melalui pelatihan, akses permodalan, dan pemasaran yang lebih baik.

Salah satu dari 5 Agenda Besar-14 Program Prioritas yang diungkapkan oleh AHY adalah melanjutkan semua program Pro-Rakyat dari era Pemerintahan Presiden SBY dan Presiden Jokowi.

Pada kesempatan ini, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan 5 agenda besar serta 14 program prioritas yang menjadi fokusnya dalam upaya membawa perubahan dan perbaikan.

6. Mendorong dan meningkatkan investasi serta mendukung dunia usaha guna menciptakan lapangan kerja yang lebih luas dan meningkatkan penerimaan pajak yang lebih besar.

7. Mengontrol utang pemerintah dan BUMN untuk memastikan pertumbuhan ekonomi nasional yang lebih sehat.

8. Melanjutkan pembangunan infrastruktur, termasuk infrastruktur perdesaan.

Agenda ke-9 adalah meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia melalui pendidikan yang berkualitas dan terjangkau, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi.

10. Peningkatan infrastruktur dan fasilitas kesehatan, serta peningkatan kualitas dan kemudahan layanan kesehatan di seluruh Indonesia merupakan salah satu program prioritas.

11. Menyelamatkan bumi dan lingkungan kita, yang semakin terancam oleh krisis iklim.

12. Memastikan penegakan hukum yang adil dan tidak memihak, termasuk memberantas korupsi.

13. Meningkatkan mutu kebebasan sipil dan kebebasan pers untuk menjaga dan memelihara pilar-pilar demokrasi.

14. Menjaga nilai-nilai kesetaraan dan keseimbangan, antar lembaga negara, sesuai prinsip “checks and balances”, dalam sistem presidensial.

READ  Khofifah Memimpin Salawat Jibril dalam Harlah ke-78 Muslimat NU di Stadion GBK

Kesimpulan

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menyampaikan bahwa Partai Demokrat memiliki enam agenda besar dan 14 program prioritas untuk mencapai perubahan positif. Masyarakat diharapkan dapat merasakan kebebasan, keadilan, keamanan, kerukunan, kedamaian, dan ketenteraman. Partai Demokrat berkomitmen untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan rakyat, memperbaiki kualitas SDM dan lingkungan hidup, menjaga kualitas penegakan hukum dan keadilan, memperkuat kehidupan demokrasi dan kebebasan rakyat, serta meningkatkan tata kelola pemerintahan. Program prioritas seperti meningkatkan keterampilan kerja, perlindungan UMKM, dan pembangunan infrastruktur juga menjadi fokus untuk menciptakan perubahan yang positif. Selain itu, Partai Demokrat juga akan melanjutkan program pro-rakyat dari era pemerintahan sebelumnya. Dengan agenda dan program ini, diharapkan Indonesia dapat mengalami transformasi positif dalam lima tahun mendatang.