PPP Mengapresiasi Kapolres Jakbar atas Tindakan Tangkap Anggota Asisten Saipul Jamil

indotim.net (Jumat, 12 Januari 2024) – Anggota Komisi III DPR Fraksi PPP, Achmad Baidowi atau Awiek, menghargai tindakan tegas Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes M Syahduddi, dalam menindak anggota Unit Narkoba Polsek Tambora terkait penangkapan asisten Saipul Jamil yang terbukti melanggar SOP. Awiek menyatakan bahwa langkah yang diambil Kombes M Syahduddi bertujuan untuk mencegah terjadinya diskriminasi hukum.

“Ya pertama kita menyayangkan ada polisi melanggar SOP apalagi salah tangkap,” kata Awiek kepada wartawan, Jumat (12/1/2024).

PPP mengapresiasi tindakan yang diambil oleh Kapolres Jakbar dalam menangkap seorang asisten Saipul Jamil. Selain itu, Awiek juga menekankan bahwa anggota Polri yang melanggar SOP dapat mencoreng nama baik institusi Polri. Dia menjelaskan bahwa Polri saat ini telah mendapat kepercayaan publik yang tinggi, oleh karena itu setiap anggota harus menjaga citra positif Polri melalui perilaku dan tindakan yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Dan kami sangat menghargai tindakan tegas yang dilakukan oleh Kapolres Jakarta Barat untuk mencegah terjadinya diskriminasi hukum dan pelanggaran prosedur dalam penegakan hukum, karena hal itu dapat mencemarkan citra kepolisian yang saat ini sedang berusaha memulihkan kepercayaan publik,” ujar narasumber.

Sebagai tanggapan terhadap penangkapan asisten Saipul Jamil yang bernama Steven Arthur oleh anggota Unit Narkoba Polsek Tambora, Propam Polres Metro Jakarta Barat telah melakukan pemeriksaan terhadap tiga polisi terkait. Setelah dilakukan pemeriksaan, polisi-polisi tersebut terbukti melanggar Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Terhadap anggota yang melakukan penangkapan dan pengungkapan kasus narkoba, yaitu Aiptu H, Aiptu ZM, dan Aiptu AW, Propam Polres Metro Jakarta Barat akan melakukan pemeriksaan terkait adanya dugaan pelanggaran oleh ketiga anggota tersebut,” kata Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes M Syahduddi, dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta Barat, Jumat (12/1).

READ  Antusias Masyarakat Solo Demi Kesuksesan PAN: Keyakinan Zulhas

Syahduddi menyatakan bahwa ketiga anggota tersebut telah menjalani pemeriksaan Propam. Mereka ditemukan melanggar prosedur yang berlaku.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengapresiasi tindakan Kepala Kepolisian Resort Jakarta Barat (Kapolres Jakbar) yang berhasil menangkap seorang asisten pribadi dari Saipul Jamil. Kapolres Jakbar, dalam satu kesempatan, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada anggota yang bekerja keras dalam operasi penangkapan tersebut.

Kesimpulan

PPP mengapresiasi tindakan tegas Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes M Syahduddi, dalam menindak anggota Unit Narkoba Polsek Tambora yang melanggar SOP dalam penangkapan asisten Saipul Jamil. Awiek dari PPP menyatakan bahwa langkah tersebut bertujuan untuk mencegah diskriminasi hukum dan mencoreng citra baik institusi Polri. Propam Polres Metro Jakarta Barat juga telah memeriksa tiga orang polisi terkait pelanggaran SOP. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengapresiasi komitmen Kapolres Jakbar dalam menjaga kepercayaan publik dan mencerminkan upaya pemulihan citra kepolisian.