Anies dan Cak Imin Rayakan Haul KH Bisri Syansuri di Jombang, Hadirnya Said Aqil Membuat Acara Semakin Meriah

indotim.net (Sabtu, 13 Januari 2024) – Pasangan calon nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin, turut menghadiri peringatan haul ke-45 KH Bisri Syansuri di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar, Jombang, Jawa Timur. Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh mantan Ketua PBNU, Said Aqil Siradj.

Pada hari Jumat, 12 Januari 2024, terlihat bahwa Anies datang ke lokasi sekitar pukul 22.50 WIB. Anies datang tepat di tengah-tengah acara dan langsung naik ke atas panggung. Dia terlihat mengenakan baju putih polos yang kokoh.

Kedatangan Anies, disambut oleh Cak Imin dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) Abdul Halim Iskandar selaku tuan rumah dalam haul itu.

Acara haul KH Bisri Syansuri di Jombang dihadiri oleh sejumlah tokoh terkemuka. Salah satunya adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Beliau tiba di lokasi haul dan disambut oleh Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, atau yang akrab disapa Cak Imin. Tidak hanya itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) Abdul Halim Iskandar juga hadir sebagai tuan rumah dalam acara tersebut.

Hari ini juga bertepatan dengan haul Nyai Hj. Nur Khodijah Hasbullah ke-71 dan Harlah Ponpes Mamba’ul Ma’arif. Agenda tersebut akan diisi dengan pembacaan tahlil dan ayat suci Al-Quran, sambutan tamu terhormat serta pembacaan manaqib Al Maghfurlah KH Bisri Syansuri oleh Cak Imin.

Cak Imin menyebut KH Bisri Syansuri atau Mbah Bisri sebagai tokoh pembaharu dan pelopor di bidang pendidikan. Menurut Cak Imin, Bisri dan Nyai Nur Khodijah telah melakukan terobosan besar dengan mendirikan Pesantren Putri.

READ  Kiai di Ponpes Raudlatul Bannat Sukabumi Mendeklarasikan Dukung Anies-Cak Imin: Pemimpin yang Berkomitmen untuk Masa Depan

Cak Imin menyatakan bahwa salah satu cucu Mbah Bisri, yaitu mendiang Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, menyebut Bisri sebagai kiai plus. Hal tersebut disebabkan oleh keberadaan tiga karakter ulama yang ada di dalam dirinya.

Para tokoh terkemuka seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, dan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj ikut menghadiri haul KH Bisri Syansuri di Jombang.

Mereka hadir untuk memberikan penghormatan kepada ulama kharismatik tersebut. Acara haul ini juga dihadiri oleh ribuan massa dari berbagai daerah di Indonesia.

Menurut Cak Imin, KH Bisri Syansuri adalah sosok yang memiliki karakter sekaligus pemimpin yang mengabdi kepada masyarakat. Beliau adalah pecinta fikih sekaligus pejuang nilai-nilai keadilan gender yang kuat.

Mbah Bisri selalu berpegang pada prinsip-prinsip keadilan dan kesetaraan dalam setiap langkah dan keputusannya. Semua tindakan yang diambil olehnya didasarkan pada pemahaman yang mendalam tentang fikih dan nilai-nilai kemanusiaan.

“Dalam setiap gerak langkahnya, beliau selalu mengutamakan kepentingan umat dan memberikan perhatian khusus kepada kaum perempuan,” kata Cak Imin dalam sambutannya.

Kehadiran para tokoh ini menjadi bukti nyata tentang penghargaan dan rasa hormat mereka terhadap keilmuan dan dedikasi ulama Jombang yang telah memberikan kontribusi besar bagi kemajuan agama dan masyarakat.

Mewakili Nahdlatul Ulama, KH Said Aqil Siradj juga memberikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Mbah Bisri atas jasa-jasanya selama ini.

Beliau berharap semoga pesan-pesan kebaikan yang disampaikan oleh KH Bisri Syansuri dapat terus menginspirasi umat Islam dan menjadi pijakan dalam menjalankan kehidupan beragama dan bernegara di Indonesia.

“Digabungkan dengan analisis sosial keumatan yang luas. Dengan kerangka berpikir itu, Kiai Bisri menjadi sosok yang teguh memegang prinsip, berkarakter, serta luas dan luwes dalam bersikap,” ungkap Cak Imin.

READ  Mahkamah Konstitusi Putuskan PT Diubah, Anies: Fair Play Pemilu

“Sejumlah terobosan yang luar biasa dalam konsep keagamaan dengan skala nasional yang berdampak sampai saat ini menjadi bukti bahwa Kiai Bisri Syansuri adalah seorang ulama yang visioner dengan pengetahuan yang sangat luas,” ujar Anies.

Dalam acara tersebut, juga terdapat sambutan dari warga Nahdlatul Ulama (NU) yang berupa mauidzoh hasanah. Selain itu, Anies juga dijadwalkan untuk memberikan sambutan.

Kesimpulan

Pasangan calon nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, menghadiri peringatan haul ke-45 KH Bisri Syansuri di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar, Jombang, Jawa Timur. Acara tersebut juga dihadiri oleh mantan Ketua PBNU, Said Aqil Siradj. Para tokoh tersebut memberikan penghormatan kepada ulama kharismatik tersebut yang memiliki dedikasi tinggi dalam kemajuan agama dan masyarakat. Kesaksian tentang kepemimpinan Kiai Bisri yang mengabdi kepada masyarakat, mengutamakan kepentingan umat, serta perhatian khusus kepada kaum perempuan, menjadi bukti nyata tentang kontribusinya bagi keadilan dan kesetaraan gender. Ucapan terima kasih dan penghargaan juga diberikan oleh KH Said Aqil Siradj atas jasa-jasanya selama ini. Semoga pesan-pesan kebaikan yang disampaikan oleh KH Bisri Syansuri dapat menginspirasi umat Islam dan menjadi pedoman dalam menjalankan kehidupan beragama dan bernegara di Indonesia.