Gibran Ajak Edho Zhell Berperan Aktif dalam Pengembangan UMKM di Solo

indotim.net (Sabtu, 13 Januari 2024) – Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, melakukan kunjungan ke kantor agensi digital UMKM bernama Social Bread. Di sana, ia berdiskusi dengan pendirinya, Edho Zell. Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk mendorong UMKM agar terus terkoneksi dan merambah ke dunia digital dalam rangka meningkatkan bisnis mereka.

“Tadi kita di Social Bread bisa kita bisa lihat bagaimana anak-anak muda men-support UMKM dan di sana ekosistemnya sudah terbentuk ya, dari streaming-nya, segala macamnya sudah terbentuk,” kata Gibran usai mengunjungi kantor Social Bread di The Breeze BSD, Tangerang, Jumat (12/1/2024).

Edho Zhell, seorang YouTuber terkenal, mengajak Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Surakarta, untuk bekerja sama dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Solo. Kolaborasi ini bertujuan untuk memperkuat sektor UMKM di tengah pandemi COVID-19.

Dalam wawancara eksklusif dengan Gibran, dia mengungkapkan bahwa Solo memiliki potensi besar dalam industri UMKM. Oleh karena itu, dia ingin bekerja sama dengan Edho Zhell, pendiri Social Bread, sebuah platform digital yang menghubungkan UMKM dengan calon konsumen melalui live streaming di media sosial.

Edho Zhell telah berhasil membangun Social Bread sejak tahun 2020. Platform ini dirancang untuk membantu UMKM memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan mereka melalui metode digital. Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan lebih banyak UMKM di Solo yang dapat memanfaatkan platform tersebut.

Wali Kota Solo, Gibran, ingin agar platform serupa terus berkembang di daerah lain. Untuk mewujudkannya, Gibran mengajak Edho Zhell untuk mengembangkan bisnis startup UMKM digital di Solo.

“Ini sangat bagus dan harus diterapkan di seluruh daerah agar UMKM kita bisa semakin maju. Tadi contoh yang sangat bagus, itulah sebabnya saya mengajak Edho Zhell untuk mengembangkan bisnisnya di Solo Techno Park, misalnya,” kata Gibran.

READ  Penemuan Dinosaurus "Berlapis Baja" yang Memukau dari China

Lebih lanjut, Gibran berpendapat bahwa transaksi digital perlu didorong untuk pelaku UMKM. Baginya, pelaku UMKM perlu berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk influencer, guna meningkatkan popularitas dan jangkauan konsumennya.

“Ya, kemarin kita mengalami serangan COVID yang sebenarnya mempercepat proses digitalisasi para UMKM kita. Sekarang, anak-anak muda harus mampu menangkap kesempatan ini,” kata Gibran.

“Kita lihat tadi di Social Bread, salah satu contoh bagaimana ekosistem UMKM dan influencer bisa bersatu untuk meningkatkan kelas. Ini adalah produk-produk lokal,” kata Gibran.

Kesimpulan

Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, melakukan kunjungan ke kantor agensi digital UMKM, Social Bread, yang didirikan oleh Edho Zell. Mereka berdiskusi tentang pentingnya UMKM terhubung dengan dunia digital untuk meningkatkan bisnis mereka. Gibran ingin bekerja sama dengan Edho untuk mengembangkan UMKM di Solo, dan keduanya berharap agar lebih banyak UMKM dapat memanfaatkan platform Social Bread. Gibran juga mengajak Edho untuk mengembangkan bisnis startup UMKM digital di Solo Techno Park. Bagi Gibran, kolaborasi dengan influencer dan dukungan transaksi digital penting bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan popularitas dan jangkauan konsumen.