Bamsoet Optimis Gelaran F1 Powerboat di Danau Toba 2024 Bakal Sukses dan Meriah!

indotim.net (Minggu, 03 Maret 2024) – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi ajang balapan internasional F1 Powerboat Danau Toba. Ajang ini merupakan kali kedua Indonesia melalui Danau Toba dipilih kembali sebagai tuan rumah F1 Powerboat.

Sebelumnya, perlombaan itu berhasil diselenggarakan di Danau Toba pada tanggal 24-26 Februari 2023.

Bamsoet optimistis menyambut gelaran F1 Powerboat di Danau Toba pada 2024. “Mulai pagi ini penonton bisa kembali merasakan langsung adrenalin dan keseruan 18 pembalap dari 10 negara dunia dalam memacu perahu dengan kecepatan lebih dari 220 km/jam,” katanya.

Tahun sebelumnya, Indonesia telah mendapat penghargaan sebagai penyelenggara F1 Powerboat terbaik di dunia. Bamsoet menekankan pentingnya menjaga dan meningkatkan reputasi tersebut.

“Reputasi tersebut harus kita jaga dan tingkatkan,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Minggu (3/3/2024).

Bamsoet optimis mengenai kesuksesan F1 Powerboat Danau Toba 2024 yang akan kembali diselenggarakan pada 2-3 Maret 2024 nanti. Dia yakin acara ini akan semakin menarik dan meriah, tidak kalah dengan tahun sebelumnya.

Lebih dari sekadar ajang balapan, F1 Powerboat Danau Toba juga menawarkan beragam hiburan. Ada penampilan spesial dari band-band terkenal Tanah Air seperti Ada Band, Radja, dan Wali yang akan semakin memeriahkan acara.

Di samping acara utama F1 Powerboat, akan ditekankan juga aspek budaya lokal dengan penyelenggaraan Solu Bolon Competition. Solu Bolon merupakan alat transportasi tradisional yang dipakai oleh warga sekitar Danau Toba untuk menghubungkan desa-desa di sekitarnya. Momen ini diharapkan bisa menjadi ajang kompetisi Solu Bolon terbesar di seluruh Indonesia,” ungkap Bamsoet.

Lebih lanjut, Bamsoet menyebut event ini juga akan meningkatkan reputasi dan daya tarik pariwisata Danau Toba secara global. Pasalnya, F1 Powerboat 2023 lalu sukses meningkatkan jumlah kunjungan di berbagai bandara Sumatera Utara.

READ  Bamsoet Pimpin Rapat IMI untuk Membahas Kalender Event 2024

Tercatat, pada waktu itu 29.099 penumpang tiba di Bandara Internasional Silangit dan 485.858 penumpang tiba di Bandara Internasional Kualanamu. Dampaknya juga terasa pada tingkat pengisian kamar di Balige yang mencapai 100 persen.

“F1 Powerboat juga berhasil menarik perhatian 180 juta pasang mata di tahun 2023 melalui berbagai media, termasuk media sosial, penyiaran, dan media lainnya. Diharapkan pada F1 Powerboat 2024, akan terjadi peningkatan yang signifikan dibanding tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Kesimpulan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo optimis bahwa gelaran F1 Powerboat di Danau Toba pada 2024 akan sukses dan meriah, mengingat kesuksesan acara sebelumnya. Dengan adrenalin tinggi dari balapan 18 pembalap internasional, hiburan dari band-band terkenal, kompetisi Solu Bolon, serta peningkatan reputasi pariwisata Danau Toba, acara ini diharapkan akan menjadi semakin menarik dan berdampak positif, baik dari segi kunjungan wisata maupun eksposur media.