Bawaslu Minta Pemasangan Atribut Kampanye Tertib dan Aman

indotim.net (Minggu, 14 Januari 2024) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merespons banyaknya pemasangan atribut kampanye yang membahayakan masyarakat, terutama pengguna jalan. Bawaslu meminta agar pemasangan atribut kampanye dilakukan dengan tertib.

“Kami merespons dengan harapan agar semua pemasangan atribut kampanye dapat dilakukan dengan tertib, sehingga tidak membahayakan orang lain,” ujar Sekretaris Jenderal Bawaslu, Ichsan Fuady, dalam acara Bawaslu On Car Free Day di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, pada hari Minggu (14/1/2024).

Ichsan menyatakan pentingnya kesadaran dan saling dukung antar peserta kampanye untuk menjaga kelancaran Pemilu yang aman. Untuk itu, dilakukan pemasangan atribut kampanye dengan cara yang tertib agar tidak terjadi kecelakaan akibat tertimpa baliho caleg.

“Maka semua pihak harus sadar tentang itu semua harus saling mendukung,” kata Ichsan.

Ichsan mengungkapkan bahwa pengawasan terus dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). Evaluasi secara periodik juga dijalankan guna memastikan pelaksanaan pengawasan berjalan dengan baik.

“Kami di Bawaslu selalu secara periodik melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pengawasan. Pelaksanaan pengawasan selalu dimonitor oleh Pimpinan dan teman-teman di Bawaslu. Prosesnya selalu dilaporkan,” tegas Ichsan.

Dalam sebuah kejadian sebelumnya, terdapat seorang pemotor di Kembangan, Jakarta Barat, yang dilaporkan terkena baliho partai politik yang dipasang di sepanjang bahu jalan. Akibatnya, pemotor tersebut mengalami luka-luka.

Dalam rekaman video CCTV yang beredar, terlihat seorang pemotor awalnya sedang melintas di sisi kiri jalan. Dari rekaman CCTV tersebut, terlihat baliho partai yang tiba-tiba roboh dan menimpa dua orang pria yang sedang berboncengan motor.

Akibat kejadian tersebut, dua motor di belakangnya terjatuh. Baliho terjerat pada salah satu pengendara motor dan menyebabkan luka dan pendarahan di bibirnya.

READ  Gempa Guncang Dekat Lokasi Uji Coba Nuklir Korut: Dampak dan Penyebabnya

Kapolsek Kembangan, Kompol Billy Gustiano, mengungkapkan bahwa hingga saat ini belum ada laporan polisi terkait peristiwa yang terjadi. Kendati demikian, pihak kepolisian tetap berusaha melakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Yang jelas, sampai saat ini belum ada laporan terkait informasi di video tersebut. Nanti kita telusuri. Masih kita telusuri informasi tersebut yang di video itu,” kata Billy saat dihubungi, Jumat (29/12).

Bawaslu meminta kepada semua pihak yang terlibat dalam kampanye agar memasang atribut kampanye yang tertib dan tidak membahayakan warga. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye pemilu.

Dalam pernyataannya, Billy mengungkapkan bahwa hingga saat ini belum ada laporan yang mengonfirmasi informasi yang ada dalam video tersebut. Namun, pihaknya akan terus menyelidiki informasi yang ada dalam video tersebut agar dapat memperoleh kejelasan.

Ketertiban dan keselamatan masyarakat adalah hal yang perlu diutamakan saat menjalani masa kampanye. Bawaslu berharap semua pihak dapat bekerja sama untuk memastikan kampanye berjalan dengan tertib dan tidak membahayakan warga.

Berbagai atribut kampanye seperti spanduk, baliho, dan poster kampanye diharapkan dipasang dengan rapi dan tidak mengganggu ketertiban lalu lintas maupun kehidupan sehari-hari masyarakat.

Dalam menghadapi pemilihan umum, Bawaslu secara aktif melakukan pengawasan terhadap pelanggaran kampanye dan memberikan sanksi kepada pelanggar. Tujuan utama dari pengawasan ini adalah untuk menciptakan kondisi yang kondusif dan adil dalam setiap tahapan pemilu.

Billy juga menambahkan bahwa Bawaslu akan terus melakukan penelusuran terhadap informasi yang disampaikan dalam video tersebut demi kejelasan dan kepastian. Bawaslu siap bekerja sama dengan pihak berwenang untuk mengungkap kebenaran dari informasi yang ada.

Billy mengatakan bahwa setelah dilakukan penyelidikan, pihak kepolisian akan mengklarifikasi kepada partai terkait yang memasang baliho tersebut.

READ  KPK: Acara dengan Capres Bukan Pansos pada Situasi Lembaga yang Terpuruk

“Iya (bakal diklarifikasi). Kita pastikan dulu informasinya yang ada di video itu,” ujarnya.

Kesimpulan

Bawaslu meminta agar pemasangan atribut kampanye dilakukan dengan tertib dan aman agar tidak membahayakan masyarakat, terutama pengguna jalan. Kesadaran dan saling dukung antar peserta kampanye sangat penting dalam menjaga kelancaran Pemilu yang aman. Bawaslu juga menegaskan bahwa pengawasan terus dilakukan untuk memastikan pelaksanaan pengawasan berjalan dengan baik. Kejadian terkait baliho partai politik yang jatuh dan melukai seorang pemotor menjadi perhatian kepolisian dan belum ada laporan yang mengonfirmasi informasi dalam video tersebut. Bawaslu berharap semua pihak dapat bekerja sama untuk memasang atribut kampanye dengan tertib dan tidak membahayakan warga.