Cak Imin Tanggapi Kontroversi Botol Plastik dalam Debat, Apa yang Dikatakan Gibran?

indotim.net (Senin, 22 Januari 2024) – Saat debat cawapres, Cak Imin, calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, mendapatkan pertanyaan terkait penggunaan botol plastik dari calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka. Dalam responsnya, Cak Imin mengaku tidak mengetahui siapa yang menyediakan botol air mineral plastik tersebut.

“Saya nggak tahu botol plastik disediakan siapa di situ,” ujar Cak Imin di pondok pesantren Raudlatul Bannat, Sukabumi, Senin (22/1/2024).

Cak Imin juga setuju agar penggunaan botol air mineral plastik dihindari. “Memang lebih baik kita menghindari penggunaan botol plastik, tetapi kita juga tidak tahu siapa yang menyediakan botol plastik di meja para peserta,” ungkap Cak Imin.

Pada debat cawapres yang berlangsung kemarin, Minggu (21/1), Cak Imin mengajukan pertanyaan kepada cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, mengenai bioregional untuk keadilan. Namun, Gibran menanggapi Cak Imin dengan mempertanyakan komitmen Cak Imin terhadap lingkungan hidup karena digunakannya botol plastik saat debat.

“Gus Muhaimin ini memang lucu ya. Dia menanyakan masalah lingkungan hidup, tapi justru menggunakan botol-botol plastik,” ujar Gibran di JCC, Senayan, Jakarta, pada hari Minggu (21/1/2024).

Gibran mencatat bahwa dirinya dan pasangan lainnya tidak menggunakan botol plastik saat debat. Ia kemudian menanyakan kepada Cak Imin mengenai komitmennya terhadap lingkungan hidup.

“Padahal saya, Pak Ganjar, Prof Mahfud, menggunakan botol kaca. Bagaimana dengan komitmen tersebut? Semua botol yang digunakan itu plastik,” ujar Gibran yang ditanggapi dengan senyuman oleh Cak Imin.

“Tetapi tidak apa-apa, mari kita kembali ke topik yang dibahas,” tambah Cak Imin.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menunjuk 11 pakar sebagai panelis dan menyiapkan pertanyaan dalam debat keempat ini. Tema-tema yang diangkat dalam debat tersebut meliputi lingkungan hidup, energi, dan pangan.

READ  Data 5 Survei Terkini Perbandingan AMIN vs Prabowo-Gibran vs Ganjar-Mahfud Sebelum Debat

Para calon presiden, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo juga terlihat hadir di arena debat. Mereka terlihat duduk di belakang panggung bersama para pendukung masing-masing.

Kesimpulan

Dalam debat cawapres, Cak Imin menyatakan bahwa ia tidak mengetahui siapa yang menyediakan botol plastik air mineral tersebut. Ia juga setuju agar penggunaan botol plastik dihindari. Di sisi lain, Gibran Rakabuming Raka menyoroti penggunaan botol plastik oleh Cak Imin dan mempertanyakan komitmen Cak Imin terhadap lingkungan hidup. Meski demikian, Cak Imin tidak menjawab secara langsung pertanyaan tersebut. Debat tersebut juga menyoroti sejumlah tema seperti lingkungan hidup, energi, dan pangan.