Menikmati Keindahan Kebun Raya Purwodadi: Lokasi, Jam Buka, dan Tiket Masuk yang Menggoda

indotim.net (Rabu, 10 Januari 2024) – Kebun Raya Purwodadi dikenal juga dengan nama Hortus Iklim Kering Purwodadi. Kebun raya ini didirikan pada tanggal 30 Januari 1941 dan menjadi Bagian dari Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya, yang dikelola oleh Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati-LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Dengan luas 85 hektar, Kebun Raya Purwodadi menawarkan sejumlah taman tematik yang ditanam berdasarkan kekerabatannya. Berikut adalah informasi mengenai daya tarik Kebun Raya Purwodadi, lokasi, jam operasional, dan harga tiket masuk.

Daya Tarik Kebun Raya Purwodadi

Di Kebun Raya Purwodadi terdapat banyak daya tarik menarik. Mulai dari koleksi tanaman yang menakjubkan hingga fasilitas kendaraan untuk mengelilingi kebun. Berikut penjelasan lengkapnya yang kami kutip dari website resmi Kebun Raya Purwodadi.

1. Koleksi Palem

Di sebelah kanan pintu masuk Kebun Raya Purwodadi, terdapat koleksi palem yang menjulang tinggi yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Terdapat 12 jenis palem yang ada di Kebun Raya Purwodadi, antara lain Bindang, Palem Raja, Palem Jawa, Pinang Merah Bangka, Bertab, Daun Payung, Palem Kipas Sumatera, Palem Sumatera, Kurma Rawa, Manga, dan Pinang Jawa.

2. Koleksi Anggrek

Selain koleksi Palem, Kebun Raya Purwodadi juga memiliki banyak koleksi anggrek dari berbagai jenis dan daerah. Salah satu jenis anggrek langka yang dimiliki adalah anggrek sepatu yang menjadi maskot Kebun Raya Purwodadi.

READ  Apakah Tumbuhan Bisa Mendengar? Faktanya Mengejutkan!

3. Taman Bougenville

Taman Bougenville merupakan salah satu taman yang sangat populer di Kebun Raya Purwodadi. Keindahan bougenville dapat dilihat dari bunganya yang berwarna cerah dan tumbuh dengan rimbun. Pengunjung dapat mengambil foto-foto indah di area Taman Bougenville ini dan juga bersantai di gazebo yang tersedia.

4. Taman Meksiko

Taman Meksiko menampilkan beberapa jenis tumbuhan khas daratan Meksiko, seperti kaktus, lidah buaya, Sansevieria, dan lain sebagainya. Hampir semua tanaman di taman ini memiliki ukuran yang besar dan tidak membutuhkan banyak air untuk tumbuh subur. Selain itu, taman ini juga dilengkapi dengan dekorasi pasir, batu besar, dan batu apung untuk menciptakan atmosfer yang mirip dengan suasana di Meksiko.

5. Menara Pandang dan Rumah Kaca

Menara pandang menjadi pusat segala aktivitas di Kebun Raya Purwodadi. Di sini, terdapat padang rumput luas yang digunakan untuk berbagai kegiatan. Sementara rumah kacanya menyimpan koleksi tanaman.

6. Fasilitas Sepeda-Skuter Listrik

Bagi para pengunjung yang ingin menjelajahi kebun raya, tersedia fasilitas penyewaan kendaraan seperti sepeda, motor listrik, sepeda listrik, atau dapat juga menggunakan Golf Car. Tarifnya bervariasi sesuai dengan jenis kendaraannya.

Lokasi dan Jam Buka Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi terletak di Jalan Raya Surabaya – Malang No.KM. 65, Sembung Lor, Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur 67163. Destinasi wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-16.00 WIB.

Harga Tiket Kebun Raya Purwodadi

Harga tiket masuk (HTM) Kebun Raya Purwodadi dibedakan berdasarkan hari kerja dan hari libur. Menurut website resmi Kebun Raya Purwodadi, berikut adalah HTM untuk hari kerja (Senin-Jumat):

  • Domestik: Rp. 15.500
  • Wisatawan Asing: Rp. 15.500
  • Sepeda: Rp. 9.500
READ  LENZIA ARCADE: Tahap 1 Sold Out, Tahap 2 Dibuka Mulai Harga Rp 500 Jutaan

Sementara itu, berikut adalah jadwal untuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional:

Kebun Raya Purwodadi merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal di Purwodadi, Jawa Tengah. Dengan luas sekitar 85 hektar, kebun raya ini menawarkan berbagai macam keindahan alam dan koleksi tanaman yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Lokasi Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi terletak di Desa Klitik, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Lokasinya yang strategis memudahkan para wisatawan untuk mencapai tempat ini.

Jam Buka Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore. Anda dapat mengunjungi kebun raya ini pada hari libur maupun hari biasa.

Harga Tiket Masuk

  • Tiket Masuk Domestik: Rp. 25.500
  • Tiket Masuk Wisatawan Asing: Rp. 25.500
  • Tiket Masuk Sepeda: Rp. 9.500

Adapun tarif untuk kendaraan lainnya akan dibedakan berdasarkan jenisnya. Pastikan Anda membawa uang yang cukup untuk membeli tiket masuk sebelum memasuki kebun raya.

Kebun Raya Purwodadi merupakan destinasi wisata yang menawarkan beragam keindahan alam. Taman ini terletak di Purwodadi, Jawa Tengah, dan menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga serta menikmati suasana alam yang hijau dan segar.

Jam Buka

Kebun Raya Purwodadi buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Kamu memiliki waktu yang cukup untuk mengeksplorasi kebun raya dan menikmati keindahan flora dan fauna yang ada di sana.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa masuk ke Kebun Raya Purwodadi, terdapat perbedaan harga tiket tergantung dari jenis kendaraan yang digunakan. Berikut adalah harga tiket masuk untuk masing-masing kendaraan:

  • Mobil: Rp. 15.000
  • Motor: Rp. 5.000
  • Bus: Rp. 50.000
READ  Kemungkinan Akses Dana Kemensos dari Perusahaan Jerman SAP Dibantah

Manfaatkan informasi yang telah disampaikan untuk merencanakan kunjunganmu ke Kebun Raya Purwodadi. Dapatkan pengalaman menarik bersama keluarga, menikmati kebun yang luas dan keindahan alam yang memukau.