Patung Kuda Jadi Ajang Demo, Jalan Menuju Kedubes AS Ditutup Pagi Ini

indotim.net (Sabtu, 13 Januari 2024) – Polisi melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat pagi ini. Pengalihan arus lalu lintas dilakukan karena adanya demo massa.

Informasi yang disampaikan akun Instagram Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, pengalihan arus dilakukan di ruas Jalan Medan Merdeka Barat yang menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan atau Gambir.

Arus lalu lintas dari arah Istana ke Jalan Medan Merdeka Selatan ditutup karena adanya demonstrasi massa di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat. Kendaraan yang berasal dari arah Harmoni dialihkan ke Jalan Thamrin-Sudirman.

Polri Sat Lantas Jakarta Pusat melakukan pengalihan arus sementara di sekitaran Bundaran Patung Kuda Monas dari arah Jl. Medan Merdeka Barat yang menuju Jl. Medan Merdeka Selatan / Gambir Jakarta diluruskan ke arah Jl. Thamrin / Jl. Kebon Sirih sebagai antisipasi giat penyampaian pendapat di depan Kedubes AS,” tulis TMC Polda Metro.

Dalam video yang diunggah di akun TMC Polda Metro Jaya, terlihat lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Barat sudah ditutup dengan water barrier. Lalu lintas dari Patung Kuda atau dari arah Thamrin ke Jalan Medan Merdeka Selatan sudah ditutup.

Situasi lalu lintas di lokasi terlihat lancar. Sementara di Patung Kuda tampak sudah ada beberapa peserta aksi yang membawa bendera Palestina.

Sebagai antisipasi demo di Patung Kuda, arus lalu lintas ke arah kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) ditutup sejak pagi ini. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemacetan dan memastikan keamanan para demonstran serta warga sekitar.

Hingga saat ini, situasi di lokasi terpantau tetap kondusif. Petugas kepolisian telah melakukan pengaturan lalu lintas dengan baik sehingga arus kendaraan tetap lancar. Meski demikian, tetap disarankan untuk menghindari area tersebut jika tidak ada kepentingan mendesak.

READ  Polisi Buru Eks Suami Artis Terduga Pelaku Penembakan yang Melarikan Diri!

Di sekitar Patung Kuda, terlihat beberapa peserta aksi yang sudah berkumpul sejak pagi. Para demonstran ini membawa bendera Palestina dan menggelar aksi protes terkait konflik yang terjadi di Timur Tengah.

Polisi masih terus melakukan pengawasan ketat dan siaga menghadapi perkembangan situasi. Penjagaan di sekitar kedutaan AS diperketat untuk menjaga keamanan dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagi warga yang hendak melintas di sekitar area tersebut, diharapkan tetap mengikuti petunjuk arah petugas dan mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Hindari mengganggu aksi demonstran dan tetap menjaga ketertiban serta keamanan bersama.

“Arus lalu lintas yang menuju Kedutaan Besar Amerika Serikat atau Jalan Medan Merdeka Selatan saat ini mengalami penutupan dan dialihkan ke Jalan Sudirman,” ujar seorang petugas kepolisian dalam video tersebut.

Kesimpulan

Pada Sabtu, 13 Januari 2024, terjadi demo massa di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat yang mengakibatkan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat. Arus lalu lintas dari arah Istana ke Jalan Medan Merdeka Selatan ditutup, sementara kendaraan dari arah Harmoni dialihkan ke Jalan Thamrin-Sudirman. Meskipun demikian, situasi di lokasi tetap kondusif dan pengaturan lalu lintas dilakukan dengan baik untuk menjaga keamanan dan kelancaran aksi demonstran serta warga sekitar.