PKS Anggap Wajar Pujian Anies ke Megawati: Etika atau Kebohongan?

indotim.net (Sabtu, 13 Januari 2024) – Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan memuji sikap Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang konsisten menjaga demokrasi. PKS mengungkap pujian tersebut merupakan etika Anies kepada presiden ke-5 Republik Indonesia.

“Wajar Mas Anies memberi selamat (pujian) karena itu bagian dari etika,” kata Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, kepada wartawan, Jumat (12/1/2024).

Mardani tidak menampik bahwa pujian yang diberikan Anies Baswedan kepada Megawati Soekarnoputri adalah bagian dari komunikasi politik yang baik antara para pemimpin bangsa. Baginya, dengan terjalinnya komunikasi yang baik, hal ini akan mempermudah urusan kedepannya.

“Apakah akan terjadi koalisi? Semua masih berjuang, mungkin ada 1 dan 3 yang masuk putaran 2. Namun, jika komunikasi sudah terbangun, itu akan memudahkan jalannya urusan,” ujar Mardani.

Dalam konteks ini, PKS melihat pujian yang dilontarkan oleh Anies Baswedan kepada Megawati Soekarnoputri sebagai bagian dari etika politik yang wajar. PKS menyatakan bahwa kubu Anies-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN) memiliki komitmen untuk menjaga demokrasi.

Menurut PKS, pemilu adalah proses yang harus berjalan lancar, transparan, dan jujur, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pemilu tetap terjaga. Oleh karena itu, PKS berharap agar pemilu dapat berjalan dengan lancar dan adil.

Anies Puji Megawati

Pada kesempatan sebelumnya, Anies Baswedan memberikan pujian kepada Megawati Soekarnoputri atas sikapnya yang konsisten dalam menjaga demokrasi. Anies juga menyinggung tentang sikap Megawati yang menolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

“Bagi saya, PDIP adalah salah satu partai yang konsisten menjaga demokrasi. Ibu Mega merupakan penjaga demokrasi yang konsisten dan berani,” ujar Anies saat berkunjung di Samarinda dilansir detikSulsel, Kamis (11/1).

READ  Pesta Seni dan Budaya Indonesia di Artchipelago: Pesona Kreativitas dari PPI Berlin-Brandenburg

Anies mengapresiasi sikap Megawati yang menolak wacana presiden 3 periode. Meskipun, kata Anies, hal itu sejatinya akan menguntungkan PDIP.

“Ketika ada gagasan tiga periode, PDIP artinya bertambah. Namun, beliau mengatakan tidak, kita taat pada konstitusi. Saat ulang tahun beliau, saya sampaikan ucapan selamat dan dorongan untuk terus menjadi penjaga tonggak demokrasi kita,” ujar Anies.

Anies menyatakan rasa hormatnya kepada Presiden ke-5 Republik Indonesia itu. Anies mengapresiasi sikap Megawati dalam menegakkan demokrasi.

“Terkait dengan demokrasi, menjaga aturan main, dan menghormati konstitusi adalah nilai yang seharusnya kita junjung,” ungkap PKS dalam pernyataannya.

Kesimpulan

Melalui pujian yang diberikan oleh Anies Baswedan kepada Megawati Soekarnoputri, PKS menganggapnya sebagai bagian dari etika politik yang wajar. PKS juga menyatakan bahwa komunikasi yang baik antara para pemimpin bangsa dapat mempermudah jalannya urusan di masa mendatang. PKS berharap agar pemilu dapat berjalan lancar, transparan, dan adil untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pemilu.