Didampingi Yenny Wahid, Ganjar Ziarah ke Makam Gus Dur-Hasyim Asy’ari untuk Menghormati Pemimpin Agamis dan Politik

indotim.net (Jumat, 12 Januari 2024) – Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo melakukan kampanye di Jawa Timur hari ini. Salah satu kegiatan yang dilakukannya adalah berziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy’ari, dan makam Presiden ke-4 Republik Indonesia, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Pantauan kami di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024), Ganjar tiba pukul 14.42 WIB. Ganjar mengenakan baju koko berwarna putih dengan peci hitam.

Kehadiran Ganjar sangat disambut antusias oleh para santri. Ia kemudian menyapa pimpinan pondok pesantren dan para santri.

Gubernur Ganjar terlebih dulu memasuki ruang Kasepuhan Tebuireng. Pertemuan Ganjar dengan pimpinan pondok pesantren dilakukan secara tertutup.

Pada kesempatan itu, Ganjar Pranowo melakukan ziarah ke makam KH Hasyim Asy’ari dan Gus Dur. Dalam perjalanan tersebut, ia didampingi oleh Yenny Wahid, putri dari Gustur Abdul Aziz Wahid.

Ganjar dan Yenny Wahid duduk berdekatan di sekitar makam Gus Dur. Mereka terlihat tengah memanjatkan doa dengan khidmat.

Pada hari ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan ziarah ke makam dua tokoh besar Indonesia, yakni Gus Dur dan Hasyim Asy’ari. Ganjar didampingi oleh Yenny Wahid, putri dari Gus Dur yang juga merupakan aktivis dan tokoh perempuan inspiratif.

Ziarah ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan mengenang jasa-jasa Gus Dur dan Hasyim Asy’ari dalam perjuangan kemerdekaan dan penyebaran agama di Indonesia. Keduanya adalah pemimpin besar yang berperan penting dalam pembentukan dan pengembangan Nahdlatul Ulama (NU), organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Selama ziarah, Ganjar dan Yenny juga melakukan doa dan membaca Yasin di dekat makam. Mereka berharap semoga keduanya mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah dan menginspirasi generasi muda untuk terus berjuang demi Islam dan bangsa.

READ  Prabowo Kalahkan Ganjar Maupun Anies: Simulasi LSI Menarik dengan 2 Putaran

Ganjar Pranowo, yang juga dikenal sebagai sosok yang vokal dalam memperjuangkan keadilan dan berbagai isu sosial, menjelaskan bahwa perjuangan Gus Dur dan Hasyim Asy’ari merupakan contoh nyata bagi pemimpin masa kini.

“Kami berharap semoga perjuangan bapak Gus Dur dan KH Hasyim Asy’ari dapat terus menginspirasi kita semua, terutama para pemimpin masa kini, dalam menjalankan tugas dengan penuh integritas dan semangat kebangsaan,” ujar Ganjar.

Ziarah ini juga menjadi momen untuk mengenang kepedulian Gus Dur terhadap pluralitas di Indonesia. Beliau dikenal sebagai tokoh yang memperjuangkan toleransi antarumat beragama serta pentingnya keragaman budaya dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Semoga semangat beliau dapat terus kita lanjutkan dan Indonesia tetap menjadi negara yang damai dan berkeadaban, di mana semua warganya dapat hidup berdampingan dengan saling menghormati,” tambah Ganjar.

Kesimpulan

Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, melakukan ziarah ke makam pendiri NU KH Hasyim Asy’ari dan makam Presiden ke-4 RI, Gus Dur, di Jombang, Jawa Timur. Didampingi oleh Yenny Wahid, putri dari Gus Dur, Ganjar menghormati dan mengenang jasa-jasa kedua tokoh tersebut dalam perjuangan kemerdekaan dan penyebaran agama di Indonesia. Melalui ziarah ini, Ganjar berharap semangat perjuangan mereka dapat menginspirasi pemimpin masa kini dalam menjalankan tugas dengan penuh integritas dan semangat kebangsaan. Ziarah ini juga menjadi momen untuk mengenang kepedulian Gus Dur terhadap pluralitas dan pentingnya menjaga keragaman budaya untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.