PPP Mendukung Program Beasiswa Satu Sarjana untuk Satu Keluarga Miskin

indotim.net (Sabtu, 13 Januari 2024) – Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PPP Achmad Baidowi menyatakan bahwa partainya akan memberikan dukungan penuh terhadap program pendidikan tinggi bagi keluarga miskin. Hal ini dikarenakan saat ini tingkat pendidikan sarjana, terutama dari kalangan keluarga kurang mampu, masih sangat rendah.

Berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), saat ini hanya 4,5% atau sekitar 12,44 juta jiwa penduduk yang telah memperoleh gelar Sarjana (S1). Banyak pula lulusan SMA/Sederajat yang tidak dapat melanjutkan kuliah dikarenakan masalah biaya.

“PPP akan memberikan beasiswa kuliah, sehingga orang, terutama dari keluarga miskin bisa tetap melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan gelar sarjana (S1),” kata Baidowi dalam keterangannya, Sabtu (13/1/2024).

Menurut data dari HarukaEDU pada tahun 2018, 79% lulusan SMA yang sedang bekerja tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sayangnya, sebanyak 66% dari mereka mengeluhkan masalah biaya. Padahal, melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana dapat memberikan mereka peluang masa depan yang lebih baik.

“Dalam rangka melaksanakan amanat dari UUD 1945, salah satunya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mendapatkan penghidupan yang layak, maka perlu ditingkatkan dan diperjuangkan jumlah masyarakat Indonesia yang melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana (S1). Menyadari kondisi tersebut, PPP akan memperjuangkan alokasi anggaran dari APBN yang terkait dengan Kementerian Keuangan (Beasiswa LPDP dan Beasiswa Unggulan) serta Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk Program Beasiswa Satu Sarjana Untuk Satu Keluarga Miskin,” ungkap Baidowi.

Pria yang akrab disapa Awiek ini juga menambahkan, PPP akan mendorong pemerintah untuk melibatkan sektor swasta sebagai partisipan dalam pendanaan Program Beasiswa Satu Sarjana untuk Satu Keluarga Miskin.

READ  Gibran: Prof Mahfud Ngambek karena Dua Kali Pertanyaan yang Menantang

Program ini merupakan salah satu dari 17 Program Strategis PPP. Menurut PPP, program Beasiswa Satu Sarjana untuk Satu Keluarga Miskin bertujuan untuk menciptakan dan meningkatkan kehidupan yang layak bagi masyarakat Indonesia.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memberikan dukungan penuh terhadap program beasiswa satu sarjana untuk satu keluarga miskin. Program ini merupakan salah satu dari 17 program strategis yang akan diperjuangkan oleh PPP melalui perwakilan di parlemen.

PPP optimistis dapat menjadi pemenang dalam Pemilu 2024 sehingga dapat mewujudkan program-program tersebut. Visi PPP adalah memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dengan harga murah, pekerjaan yang mudah, dan kehidupan yang berkah.

“Kami menginstruksikan seluruh caleg dan struktur partai untuk secara maksimal memperjuangkan hal ini,” tegas Awiek.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memberikan dukungan penuh terhadap program beasiswa satu sarjana untuk satu keluarga miskin. Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses pendidikan dalam masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi.

Dalam pernyataannya, Ketua Umum PPP, Djan Faridz, menyatakan bahwa pendidikan merupakan hak semua anak bangsa tanpa memandang status ekonomi. Dengan adanya program beasiswa ini, diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada keluarga miskin untuk memperoleh akses pendidikan yang layak dan setara dengan keluarga lainnya.

“PPP yakin bahwa pendidikan adalah kunci untuk meraih kesejahteraan dan kemajuan. Oleh karena itu, kami mendukung penuh program beasiswa ini sebagai langkah nyata dalam memberikan kesempatan yang adil bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujar Djan Faridz.

PPP juga mengimbau pemerintah agar meningkatkan alokasi anggaran pendidikan, terutama untuk program beasiswa ini. Dengan anggaran yang memadai, diharapkan lebih banyak keluarga miskin yang dapat mendapatkan manfaat dari program ini.

Dalam program beasiswa satu sarjana untuk satu keluarga miskin, selain biaya pendidikan, juga akan diberikan dukungan pendampingan dan bimbingan bagi penerima beasiswa. Hal ini dilakukan untuk memastikan mereka dapat mengoptimalkan potensi diri dan sukses dalam menyelesaikan pendidikan tinggi.

READ  Momen Sandiaga Uno Berjoget Bersama Warga Lebak, Meriahkan Kampanye

PPP berharap program ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Dengan adanya kesempatan yang setara dalam pendidikan, diharapkan penerima beasiswa kelak dapat berperan aktif dalam membangun negara.

Kesimpulan

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memberikan dukungan penuh terhadap program beasiswa satu sarjana untuk satu keluarga miskin. Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses pendidikan dalam masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada keluarga miskin untuk memperoleh akses pendidikan yang layak dan setara dengan keluarga lainnya. PPP juga mengimbau pemerintah agar meningkatkan alokasi anggaran pendidikan, terutama untuk program beasiswa ini. Dalam program beasiswa satu sarjana untuk satu keluarga miskin, selain biaya pendidikan, juga akan diberikan dukungan pendampingan dan bimbingan bagi penerima beasiswa. PPP berharap program ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.