Eks KSAD Dudung Akui Kinerja Brilian Prabowo sebagai Menhan

indotim.net (Minggu, 14 Januari 2024) – Eks Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal (Purn) Dudung Abdurachman mengungkapkan bahwa Prabowo Subianto, selaku Menteri Pertahanan, memiliki kinerja yang baik. Hal ini diungkapkannya saat ia menjawab pertanyaan dalam salah satu wawancara dengan “NGOPI”.

“Pak Prabowo, saya mengenal beliau saat beliau masih seorang Letnan Dua. Saya sendiri adalah Letnan Dua yang menjabat sebagai Danyon 328 di Timor Timur pada saat itu. Batalyon yang saya pimpin kemudian menjadi batalyon terbaik selama penugasan,” ucap Dudung dalam keterangannya, Minggu (14/1/2024).

Setelah mengajukan pertanyaan kepada para perwira pasukan 328, Dudung mengaku bahwa Prabowo sangat memperhatikan kesejahteraan prajurit di sana.

“Saya tanya ke beberapa perwiranya di sana di 328, rupanya memang kesejahteraannya luar biasa satuan itu. Kemudian banyak peralatan-peralatan yang memang diadakan oleh Pak Prabowo sendiri secara pribadi dan termasuk militansinya,” terang Dudung.

“Bahkan beliau itu karena keberhasilannya dapat sekian pucuk senjata kalau tidak salah beliau mendapat kenaikan pangkat luar biasa dari mayor ke letkolnya. Saya kagumlah sama beliau,” bebernya.

Ia menambahkan saat dirinya sudah menjadi kapten, Prabowo memiliki agenda untuk mengirim beberapa perwira muda mengikuti kursus Bahasa Inggris selama 6 bulan di Jakarta, tepatnya di Kopassus. Setelah itu, mereka dikirim ke luar negeri untuk melanjutkan studi S2. Dudung menjelaskan bahwa lulusan SMATN juga diberikan kesempatan untuk melanjutkan studi langsung di Amerika Serikat maupun Inggris.

Lebih lanjut, eks Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Dudung Abdurachman, mengungkapkan bahwa ia merasa perlu untuk berbicara tentang kinerja Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. Dudung mengakui bahwa Prabowo telah menunjukkan kinerja yang sangat baik dalam menjalankan tugasnya sebagai Menhan.

READ  Betawi Relawan Siap Membawa Dukungan Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024

Dudung juga membagikan pengalamannya bertemu dengan Prabowo yang saat itu telah menjabat sebagai Menhan. Ia menyebut Prabowo sangat peduli dengan dunia militer dan akademi militer.

“Ketika saya bertemu Prabowo, saya telah menjadi gubernur dan beliau menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Saya melihat betapa megahnya Akademi Militer yang dibangun oleh beliau saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa beliau memiliki pemikiran bahwa kita tidak boleh kalah dibandingkan dengan Akademi Militer West Point yang begitu megah. Kita perlu menunjukkan kepada dunia luar bahwa bangsa kita juga memiliki Akademi Militer yang hebat,” ungkap Dudung.

“Dan bukan hanya akademi militer saya lihat, AU, AAL, itu dibangun sama beliau,” imbuhnya.

Dudung mengakui bahwa kinerja Prabowo sebagai Menhan semakin terasa ketika dirinya menjabat sebagai KSAD. Menurut Dudung, Prabowo sangat memperhatikan persoalan alutsista yang diusulkan oleh TNI.

“Dan semakin terasa pada saat saya sebagai KSAD dan beliau Menhan. Apapun permintaan-permintaan saya kepada beliau, alutsista yang kita inginkan, jadi yang tadi kita singgung masalah pertahanan, masalah alutsista, banyak yang tidak paham. Sebetulnya alutsista itu kita sendiri yang mengusulkan, jadi kepala staf angkatan, jadi bukan keinginan Pak Prabowo sebetulnya,” paparnya.

Dudung menyatakan bahwa Prabowo telah memenuhi harapan TNI terkait Alutsista serta memberikan perhatian terhadap pembangunan rumah untuk prajurit. Selain itu, Prabowo juga memberikan perhatian terhadap pembangunan rumah sakit TNI.

“Jadi keinginan kita, jadi beliau tuh hanya melanjutkan saja, memesankan, harus seusia keinginan kita, dan selama ini kita terpenuhi. Termasuk rumah-rumah prajurit, program yang ada di kita, beliau tambahkan, termasuk rumah sakit-rumah sakit seluruh Kodam diperbaiki, babinsa-babinsa motor-motornya termasuk kaporlap-kaporlap yang selama ini prajurit kekurangan, beliau dipenuhi karena beliau tuh memang dari dulu saya lihat sangat cinta kepada prajurit,” tuturnya.

READ  Pakar Politik: Angket Politik Curang, Hanya Tudingan Pilpres

“Beliau paling senang jika berada bersama prajurit. Beliau ini, jika boleh saya katakan, hatinya masih penuh semangat cinta Merah Putih sampai pukul 12 tengah malam. Bahkan semangat itu masih berkobar-kobar. Beliau juga pemberani, jagoan, dan memiliki keahlian dalam politik luar negeri yang sangat baik,” ungkapnya.

Selain menyinggung kinerja Prabowo, dalam wawancara yang sama Dudung juga sempat menyebutkan hubungannya dengan eks gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pernyataan mengejutkan datang dari Eks Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Dudung Abdurachman, yang mengakui kinerja baik Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan (Menhan). Dudung mengungkapkan pandangannya saat mengomentari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Kesimpulan

Eks KSAD Dudung Abdurachman mengakui bahwa Prabowo Subianto, sebagai Menteri Pertahanan, telah menunjukkan kinerja yang brilian. Dudung memuji kepedulian Prabowo terhadap kesejahteraan prajurit dan peningkatan alutsista TNI. Selain itu, Prabowo juga dinilai memiliki visi untuk membangun akademi militer dan menunjukkan keberhasilannya dalam politik luar negeri. Dudung juga menyebutkan hubungan baik Prabowo dengan eks gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.