Jokowi Hadiri Royal Bersanding Ceremony Pangeran Brunei Abdul Mateen

indotim.net (Minggu, 14 Januari 2024) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara resepsi pernikahan putra Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah. Pangeran Abdul Mateen menikah dengan Anisha Rosnah atau Anisha Isa-Kabelic. Pada acara yang dikenal sebagai royal bersanding ceremony, Jokowi tampil dengan memakai setelan jas lengkap dengan dasi berwarna biru.

Pada hari Minggu (14/1/2024), Jokowi menghadiri upacara bersanding dengan Pangeran Brunei Abdul Mateen. Video yang dipublikasikan di akun YouTube RTB News tersebut menunjukkan kedatangan Jokowi yang disambut oleh Pangeran Al-Muhtadee Billah, yang merupakan pewaris tahta Brunei pertama.

Jokowi tampak mengenakan setelan jas berwarna biru. Dia juga terlihat mengenakan dasi berwarna biru.

Jokowi dan Pangeran Al-Muhtadee Billah kemudian memasuki Balai Singgahsana Indera Buana di Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan, sebagai tempat berlangsungnya pernikahan kerajaan Pangeran Abdul Mateen. Terlihat juga Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Foto: Hadir juga Menlu Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir (Tangkapan layar YouTube RTB News).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Raja Malaysia Sultan Abdullah, Raja Bhutan Jigme Khesar Namgyel Wangchuck, PM Singapura Lee Hsien Loong, dan Presiden Filipina Ferdinand Bongbong Marcos Jr.

Sebagai informasi, kunjungan Jokowi ke Brunei merupakan kunjungan terakhirnya dalam rangka kunjungan kerja ke tiga negara anggota ASEAN. Sebelumnya, Jokowi telah melakukan kunjungan ke Filipina dan Vietnam.

Diketahui, selama kunjungan kenegaraannya di Brunei Darussalam, Presiden Jokowi juga menyempatkan diri menghadiri upacara bersanding kerajaan. Sebelumnya, Presiden Jokowi juga telah melakukan kunjungan kenegaraan ke Hanoi, Vietnam.

Pada Sabtu kemarin, Jokowi tiba di Brunei untuk menghadiri upacara bersanding kerajaan bersama Pangeran Brunei Abdul Mateen. Selain itu, Jokowi juga mengadakan pertemuan dengan sejumlah pengusaha Brunei. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan potensi investasi dan rencana pemerintah terkait pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

READ  Rahasia Masalah Rp 40 Juta dari SYL untuk NasDem: Penjelasan Sahroni

Kesimpulan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam acara resepsi pernikahan Pangeran Brunei Abdul Mateen dan Anisha Rosnah. Jokowi tampil elegan dengan memakai setelan jas berwarna biru dan dasi berwarna serupa. Selain itu, Jokowi juga menghadiri upacara bersanding kerajaan dan bertemu dengan sejumlah tokoh penting, termasuk Raja Malaysia, Raja Bhutan, PM Singapura, dan Presiden Filipina. Kunjungan Jokowi ke Brunei merupakan bagian dari kunjungan kerja ke tiga negara anggota ASEAN. Selama kunjungan, Jokowi juga membahas potensi investasi dan rencana pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).