Erick Thohir Usulkan Bunga Kredit Ultra Mikro 0%, Bos BI Beri Tanggapan

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dan Menteri BUMN Erick Thohir sedang berdiskusi mengenai upaya menekan bunga kredit usaha ultra mikro serendah mungkin. Bahkan, bunga kredit ini rencananya ditekan hingga 0%.

“Kami juga memang sedang berdiskusi dengan Pak Menteri BUMN, Pak Erick Thohir. Kami sedang berdiskusi. Kami sedang berdiskusi bagaimana model bisnisnya, tujuannya pemerintah, kami mendukung penuh,” kata Perry seperti dikutip dari Youtube Bank Indonesia, Jumat (17/2/2023).

Dia mengatakan, akan menyampaikan hal terkait diskusi tersebut jika sudah jelas. Perry pun mengkonfirmasi jika ia sudah bertemu dengan Erick Thohir.

“Kalau sudah mulai kelihatan, sudah mulai jelas kami komunikasikan hal-hal yang sedang didiskusikan. Tapi konfirmasi, ya, Pak Menteri BUMN sudah ketemu saya. Kita sedang berdiskusi. Untuk model sedang didiskusikan. Mekanisme seperti apa itu didiskusikan, pada waktunya akan dikomunikasikan,” jelasnya.

Erick Thohir sebelumnya mengatakan pihaknya sedang berupaya untuk menurunkan bunga kredit usaha ultra mikro serendah mungkin. Bahkan, kalau perlu bunga kredit ultra mikro dibuat menjadi 0%.

Keinginan tersebut telah disampaikan langsung kepada Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. Pihaknya sedang melakukan lobi kepada Bank Indonesia untuk mewujudkan rencana kredit murah bagi usaha ultra mikro.

Erick menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo telah menyetujui usulan ini dan telah dibahas dalam rapat terbatas di lingkungan kabinet.

“Kita juga ingin upaya penurunan bunga untuk ultra mikro, kita mengusulkan yang ekstrim. Bunga 0% saja. Kami telah menyampaikannya kepada Gubernur Bank Indonesia dan mendapatkan dukungan langsung dari Presiden karena telah ada pembahasan terkait hal ini,” ungkap Erick dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, pada Senin (13/2) lalu.

READ  Jorge Lorenzo: Kemiripan Pedro Acosta seperti Marc Marquez, namun...

Kesimpulan

Pemerintah sedang menjajaki upaya untuk menurunkan bunga kredit usaha ultra mikro menjadi serendah mungkin, bahkan hingga 0%. Diskusi antara Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, dan Menteri BUMN, Erick Thohir, sedang berlangsung mengenai model bisnis dan mekanisme yang akan diimplementasikan. Usulan ini telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo dan telah mendapatkan dukungan dari Bank Indonesia. Upaya ini bertujuan untuk memberikan kredit murah kepada usaha ultra mikro dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia.