Explore Keindahan 10 Bunga Terbesar di Dunia, Mulai dari Titan Arum Hingga Rafflesia Arnoldi

indotim.net (Selasa, 14 November 2023) – Bunga merupakan salah satu tumbuhan yang paling indah dan banyak disukai orang. Bunga biasanya memiliki warna, aroma, hingga bentuk yang menarik sehingga seringkali dijadikan sebagai hiasan untuk pekarangan rumah.

Selain memiliki visual yang indah, bunga juga memiliki ukuran yang beragam. Namun pernahkah kamu terpikirkan apa sebenarnya bunga terbesar di dunia?
Bunga Bangkai

Untuk menjawab hal tersebut, simak artikel yang akan kita rangkum berikut ini hingga akhir ya.

10 Bunga Terbesar di Dunia

Berikut ini adalah daftar 10 bunga terbesar di dunia:

1. Rafflesia Arnoldi

Detikers pasti sudah tidak asing lagi dengan bunga yang satu ini. Rafflesia Arnoldi merupakan bunga yang pertama kali ditemukan di hutan tropis Sumatera. Rafflesia Arnoldi juga merupakan salah satu bunga paling langka dan terbesar yang ditemukan di dunia dengan lima kelopak berwarna merah dan bintik-bintik putih. Bunga ini memang membawa keindahan yang luar biasa.

Bunga Rafflesia Arnoldi terkenal mengeluarkan bau busuk yang berfungsi untuk menarik serangga-serangga agar membantu mereka dalam proses penyerbukan.

Rafflesia Arnoldi dapat tumbuh hingga berdiameter 100 cm dan memiliki berat mencapai 11 kg. Itulah mengapa bunga Rafflesia Arnoldi dikatakan sebagai bunga terbesar di dunia.

2. Titan Arum

Titan Arum merupakan sebuah bunga raksasa yang pertama kali ditemukan di hutan Sumatera. Bunga ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 3 meter. Titan Arum juga dikenal memiliki daun yang sangat besar dengan lebar mencapai 3,5 meter.

READ  Pegadaian Salurkan Bantuan bagi Korban Puting Beliung di Sumedang

Sama seperti Rafflesia Arnoldi, bunga Titan Arum juga memiliki aroma seperti daging busuk yang berfungsi untuk menarik serangga dengan tujuan membantu proses penyerbukan.

3. Talipot Palm

Talipot Palm merupakan sebuah tanaman berbunga yang dapat ditemukan di India, Sri Lanka, Thailand, China, dan Myanmar. Talipot Palm dapat tumbuh mencapai tinggi 25 meter. Bunga ini memiliki tunas dari cabang-cabang kecil yang melekat pada tangkai utama.

Bunga Talipot Palm memiliki penampilan yang menyerupai daun yang halus, berwarna keemasan, dan berbentuk seperti kipas yang terdapat di atas pohon palem.

4. Neptune Grass

Neptune Grass adalah jenis rumput yang menghasilkan bunga dan dapat ditemukan di laut Mediterania. Tumbuhan ini memiliki struktur yang terdiri dari akar, daun, batang, dan bunga.

Bunga laut ini pernah ditemukan membentuk padang rumput tebal di laut Mediterania, dengan luas mencapai 39 meter. Peran Neptune Grass dalam menjaga ekosistem laut yaitu menyerap dan menyimpan karbon dioksida.

5. Puya Raimondii

Puya Raimondii, juga dikenal dengan sebutan Queen of the Andes, adalah bunga raksasa yang dapat ditemukan di Bolivia dan Peru.

Tumbuhan ini hanya berbunga sekali dalam 100 tahun. Ukuran bunga setiap kali berbunga mencapai lebar 5 cm dengan kepala sari berwarna oranye yang mencolok. Puya Raimondii bisa tumbuh hingga tinggi 7 meter, itulah mengapa bunga ini termasuk dalam daftar bunga terbesar di dunia.

6. Bunga Matahari

Bunga Matahari adalah bunga yang dikenal luas oleh masyarakat. Bunga ini memiliki kelopak kuning dengan struktur coklat di tengahnya.

Meskipun memiliki keindahan yang menakjubkan, Bunga Matahari dapat tumbuh hingga ketinggian 9 meter. Selain itu, Bunga Matahari juga memiliki peran penting dalam menyerap polutan dan radiasi berbahaya.

READ  Stafsus Jokowi Tepis Hasto: Perbedaan Politik Tak Menghalangi Kinerja Kabinet

7. Bunga Peony

Bunga Peony merupakan bunga nasional China yang memiliki bentuk yang indah, megah, halus, dan bercahaya. Bunga indah ini dapat tumbuh hingga tinggi 1 meter. Peony umumnya memiliki warna kuning, ungu, merah marun, hijau, atau kombinasi warna lainnya.

Pada awalnya, bunga ini digunakan untuk pengobatan seperti sakit kepala, asma, dan nyeri. Namun, Bunga Peony saat ini lebih dikenal sebagai hiasan bunga terbaik yang sangat diminati oleh banyak orang.

8. Mangolia

Pohon Mangolia memiliki ketinggian antara 4,5 hingga 25 meter. Pohon berbunga ini dapat ditemukan di Amerika Utara, Amerika Tengah, Asia Tenggara, dan Hindia Barat. Bunga Mangolia memiliki 18 kelopak bunga dengan berbagai warna seperti merah muda, putih, kuning, dan ungu, serta memiliki aroma seperti lemon.

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas beberapa bunga terbesar di dunia, seperti Amorphophallus titanum atau Titan Arum, dan juga Rafflesia arnoldii yang terkenal. Kali ini, kita akan melanjutkan dengan dua bunga lainnya yang juga termasuk dalam daftar tersebut.

9. Bunga Lotus

Bunga Lotus, juga dikenal sebagai Nelumbo nucifera, merupakan salah satu bunga terbesar yang dapat ditemui di Asia, Australia, dan China. Bunga ini tumbuh di perairan dangkal yang berlumpur. Dalam penampilannya yang indah, bunga Lotus memiliki tinggi sekitar 120 cm dengan lebar mencapai 3 meter. Selain itu, bunga ini juga memiliki daya tahan yang luar biasa, bahkan dapat bertahan hidup hingga ribuan tahun lamanya.

10. Bunga Hibiscus

Bunga Hibiscus atau dalam bahasa ilmiahnya Hibiscus spp, merupakan tanaman berbunga yang umum ditemukan di daerah tropis yang cenderung hangat. Selain menjadi tanaman hias, bunga Hibiscus juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi. Beberapa negara bahkan menggunakan bunga ini sebagai bahan pembuatan teh dan jus yang menyegarkan.

READ  Papan Bunga Hancur di Konser HUT Kota Medan, Bobby Berikan Tanggapan Menyentuh

Terdapat beragam warna pada bunga Hibiscus, mulai dari putih, oranye, merah muda, merah, ungu, kuning, bahkan biru.

Demikianlah, 10 bunga terbesar di dunia yang telah kami rangkum. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda semua!