Ganjar-Mahfud Didukung Kiai-Ulama Madura, Cak Fauzi Nilai Wajar

indotim.net (Jumat, 12 Januari 2024) – Tokoh muda asal Madura, Achmad Fauzi Wongsojudo yang akrab dipanggil Cak Fauzi, menilai wajar jika para kiai dan guru ngaji di Pulau Madura mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dalam kontestasi pemilihan presiden dan wakil presiden.

Menurut Cak Fauzi, dukungan dari para ulama, kiai, dan guru ngaji di Madura disebabkan oleh program dan tekad Ganjar-Mahfud yang ingin membuat Indonesia menjadi lebih baik. Mereka terutama ingin melibatkan elemen tokoh agama dalam membangun akhlak yang mulia.

“Saya nilai wajar saja jika para kiai, ulama, juga guru ngaji di Madura memberikan dukungan untuk Ganjar-Mahfud. Ini sejalan dengan komitmen Ganjar-Mahfud dalam melibatkan tokoh agama untuk membangun bangsa,” kata Cak Fauzi dalam keterangan tertulis, Jumat (12/1/2024).

Seperti yang diketahui, para kiai kampung dan guru ngaji di Pulau Madura, Jawa Timur, secara resmi mendeklarasikan dukungan mereka kepada pasangan calon nomor urut 3, yaitu Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Deklarasi ini dihadiri langsung oleh Mahfud.

Deklarasi tersebut berlangsung di Hotel Putri, Pamekasan, Madura, pada Kamis (11/1). Kiai Muchlis memimpin acara tersebut.

“Kami kiai kampung, takmir masjid dan mushola menyatakan sikap untuk mendukung dan memenangkan Mahfud Md di Pemilu 2024 dan siap mengawal Mahfud Md menuju Istana,” kata Kiai Muchlis.

Mahfud juga mendengarkan pertanyaan dan harapan dari kiai-kiai yang hadir. Dia menegaskan bahwa baik kiai-kiai di kampung maupun Ganjar-Mahfud memiliki tekad yang sama untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik.

“Insya Allah, jika Tuhan mengizinkan, saya akan menjadi Wakil Presiden. Maka, semua janji-janji tersebut akan dicatat dalam daftar. Yang sudah terealisasi, yang masih tertunda, dan yang masih sulit kita beritahukan kepada rakyat,” ujar Mahfud.

READ  Tak Ditahan Polisi, Lawan Main Siskaeee di Film Dewasa harus Wajib Lapor!

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mendapatkan dukungan dari Kiai-Ulama di Madura. Dalam artikel ini, kita akan melanjutkan pembahasan mengenai dukungan tersebut dan juga pandangan Cak Fauzi terkait hal ini.

Kesimpulan

Achmad Fauzi Wongsojudo, atau biasa dipanggil Cak Fauzi, menyatakan bahwa penunjukan dukungan oleh para kiai, ulama, dan guru ngaji di Pulau Madura kepada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD adalah wajar. Menurut Cak Fauzi, hal ini terjadi karena Ganjar-Mahfud memiliki program dan tekad yang ingin membangun Indonesia menjadi lebih baik dan melibatkan tokoh agama dalam memperkuat akhlak bangsa. Dalam deklarasi dukungan tersebut, Mahfud juga menyampaikan tekadnya untuk menjadikan Indonesia lebih baik apabila ia terpilih menjadi Wakil Presiden. Dukungan dari kiai-ulama di Madura ini memberikan dorongan bagi pasangan Ganjar-Mahfud dalam kontestasi Pemilu 2024.