Ganjar Tegaskan Komunikasi dengan Semua Kubu Terkait Isu Koalisi ke Anies

indotim.net (Minggu, 14 Januari 2024) – Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, merespons tentang isu kedekatannya dengan kubu Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan. Ganjar meminta agar semua pihak tetap sabar dalam menanggapi isu tersebut.

“Oh sabar,” kata Ganjar di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (14/1/2024).

Ganjar menyatakan bahwa dirinya terus menjalin komunikasi dengan semua pihak terkait isu koalisi. Namun, ia tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

“Kita akan berkomunikasi dengan semua pihak,” ujar Ganjar.

Informasi terbaru mengenai kedekatan antara kubu Anies dan kubu Ganjar semakin terlihat ketika kedua koalisi tersebut saling melemparkan sinyal yang akurat. Salah satu yang memberikan komentar terbaru adalah Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12, Jusuf Kalla (JK), yang menyatakan bahwa koalisi baru biasanya tergantung pada urutan pemenang partai politik (parpol) dalam Pemilu 2024 mendatang.

“Biasanya partai yang berada di peringkat 2 dan 3 cenderung bersatu membentuk koalisi baru. Itu sudah menjadi kebiasaan. Saya juga mengalami hal serupa pada tahun 2004 di mana banyak partai membentuk koalisi baru tapi kita tetap berhasil memenangkan pemilihan,” ungkap JK saat diwawancarai di kediamannya, Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Rabu (10/1).

Saat ditanya mengenai keyakinan terbentuknya koalisi baru, JK dengan tegas mengatakan bahwa semuanya bergantung pada keputusan partai politik. Menurutnya, partai politik memiliki hak untuk menentukan arah pergerakan partainya.

“Ya tergantung partai masing-masing dan selalu begitu. Ini berhubungan dengan level 3 sehingga yang menentukan suara itu yang terakhir di mana diarahkan partainya,” tegasnya.

JK juga memberikan respons terhadap tindakan Ketua DPP Puan Maharani yang menyapa pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Cak Imin. Meskipun JK mendukung pasangan calon nomor urut 1, beliau mengaku tidak mengetahui tentang adanya komunikasi antar-partai.

READ  ADKI: 15 Menteri Mundur, Khawatirnya RI Maju? Berita Terkini!

“Saya tidak tahu, komunikasi itu biasanya dari partai ke partai,” jawabnya singkat.

Kabar mengenai kemungkinan pembentukan koalisi dengan pihak Anies Baswedan datang kepada Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. Menanggapi isu tersebut, Ganjar mengakui bahwa komunikasi dengan semua pihak merupakan hal yang penting dalam menjalankan kepemimpinan.

Kesimpulan

Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menegaskan hubungannya dengan kubu Anies Baswedan dan meminta semua pihak untuk tetap sabar dalam menanggapi isu koalisi tersebut. Ganjar mengungkapkan bahwa ia terus menjalin komunikasi dengan semua pihak terkait isu ini, namun tidak memberikan penjelasan lebih lanjut. Sinyal kedekatan antara kedua koalisi semakin terlihat, dan JK menjelaskan bahwa pembentukan koalisi biasanya tergantung pada urutan pemenang partai politik. Ganjar sendiri menyambut baik komunikasi dengan semua pihak sebagai langkah penting dalam kepemimpinan.