Hari Pendengaran Sedunia 2024: Tema Membawa Suara

indotim.net (Minggu, 03 Maret 2024) – Hari Pendengaran Sedunia atau World Hearing Day dirayakan setiap tahun pada tanggal 3 Maret. Tujuan dari perayaan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap perawatan dan kesehatan telinga serta pendengaran.

Berikut adalah informasi lebih lanjut mengenai tema Hari Pendengaran Sedunia 2024 serta asal-usul peringatannya.

Tema Hari Pendengaran Sedunia 2024

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyelenggarakan Hari Pendengaran Sedunia sebagai upaya pencegahan ketulian. Dilansir situs WHO, Hari Pendengaran Sedunia 2024 mengangkat tema ‘Changing mindsets: Let’s make ear and hearing care a reality for all!’ atau ‘Mengubah pola pikir: Mari wujudkan perawatan telinga dan pendengaran bagi semua orang!’

Hari Pendengaran Sedunia 2024 akan difokuskan pada mengatasi tantangan yang muncul akibat kesalahan persepsi masyarakat dan pola pikir yang menstigmatisasi melalui peningkatan kesadaran dan penyebaran informasi yang disasar kepada masyarakat dan penyedia layanan kesehatan. Tujuan utama dari peringatan Hari Pendengaran Sedunia 2024 adalah untuk meningkatkan pemahaman terhadap pentingnya kesehatan pendengaran dan bagaimana kita semua bisa berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pendengaran yang sehat.

– Inti Pesan dari Hari Pendengaran Sedunia 2024:

  • Lebih dari 80% kebutuhan perawatan telinga dan pendengaran masih belum terpenuhi secara global.
  • Kesalahpahaman masyarakat dan pola pikir yang menstigmatisasi menjadi hambatan utama dalam pencegahan dan penanganan gangguan pendengaran.
  • Penting untuk mengubah pola pikir terkait perawatan telinga guna meningkatkan akses dan mengurangi dampak gangguan pendengaran yang tidak teratasi.

– Tujuan Hari Pendengaran Sedunia 2024:

Mengatasi kesalahan persepsi umum terkait masalah telinga dan pendengaran di masyarakat dan penyedia layanan kesehatan.

READ  Prestasi Spektakuler Marc Marquez di FP2 MotoGP Qatar 2024

Memberikan informasi yang akurat dan berbasis bukti untuk mengubah persepsi masyarakat mengenai masalah telinga dan pendengaran.

Menyerukan negara-negara dan masyarakat sipil untuk mengatasi kesalahan persepsi dan pola pikir stigmatisasi terkait gangguan pendengaran, sebagai langkah penting untuk memastikan akses yang adil terhadap perawatan telinga dan pendengaran.

Hari Pendengaran Sedunia 2024 (Foto: Situs WHO)

Asal-usul Hari Pendengaran Sedunia 2024

Hari Pendengaran Sedunia pertama kali ditetapkan pada 3 Maret 2007 dalam Konferensi Internasional Pertama tentang Pencegahan dan Rehabilitasi Gangguan Pendengaran di Beijing, China. Saat itu, peringatannya disebut sebagai Hari Perawatan Telinga Internasional.

Pada tahun 2016, WHO resmi menetapkan tanggal 3 Maret sebagai Hari Pendengaran Sedunia atau World Hearing Day. Perayaan ini menjadi momen penting untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan pendengaran di seluruh dunia. Sejak saat itu, peringatan ini terus diperingati setiap tahun dan semakin meluas.

Kesimpulan

Hari Pendengaran Sedunia 2024 mengangkat tema ‘Changing mindsets: Let’s make ear and hearing care a reality for all!’ sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai pentingnya perawatan telinga dan pendengaran. Dengan fokus pada mengatasi kesalahan persepsi dan pola pikir yang menstigmatisasi, peringatan ini bertujuan untuk memastikan akses yang adil terhadap perawatan telinga serta menciptakan lingkungan yang mendukung pendengaran yang sehat.