30 Inspirasi Hadiah Natal 2023 untuk Keluarga & Teman dengan Sentuhan Unik dan Bermakna

indotim.net (Senin, 04 Maret 2024) – Natal merupakan hari raya umat kristiani yang dirayakan setiap tanggal 25 Desember. Selain merayakan hari kelahiran Yesus Kristus dengan ibadah bersama, saling memberikan kado Natal juga menjadi salah satu cara berbagi keceriaan Natal bersama orang terkasih.

Biasanya, hadiah Natal akan diletakkan di bawah pohon Natal. Tak jarang, beberapa orang memilih untuk menyebarkannya melalui games bahkan undian.

Sebagai panduan dalam memilih hadiah Natal 2023, berikut ini kami sajikan 30 ide kado yang sederhana namun bermanfaat, ideal untuk diberikan kepada keluarga, teman, ataupun sahabat pada momen Natal kali ini.

Dicatat ya!

1. Alkitab

Salah satu pilihan kado Natal yang cocok di momen istimewa ini adalah Alkitab. Dengan memberikan Alkitab, penerima hadiah dapat terbantu untuk lebih mendalami firman Tuhan.

Hal ini sesuai dengan tujuan Alkitab yang merupakan panduan hidup seseorang. Harapan kami adalah agar kehidupan penerima menjadi lebih bermakna di tahun yang akan datang.

2. Bingkai Foto

Di hari Natal, kenangan tentu menjadi bagian yang tak terpisahkan. Banyak orang mengabadikan momen spesial ini dalam bentuk foto yang kemudian disimpan di perangkat elektronik atau dibagikan di media sosial.

Sayangnya, saat-saat indah seperti Natal seringkali cepat berlalu tanpa kita sadari. Maka dari itu, memberikan bingkisan berupa bingkai foto bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kenangan bersama orang terkasih di momen spesial ini.

Pilihan yang penuh makna untuk hadiah Natal adalah dengan memberikan bingkai foto yang bisa diisi dengan hasil jepretan foto terbaik. Si penerima dapat mencetak foto yang spesial kemudian memasangkannya dalam bingkai. Dengan begitu, bingkai foto tersebut bisa dipajang di sisi ruangan yang sering dikunjungi, mengingatkan akan momen berharga yang pernah dialami.

3. Album Foto

Ide kado selanjutnya adalah album foto. Ketika bingkai foto tidak mencukupi untuk menampilkan semua momen spesial, album foto menjadi pilihan ideal untuk menyimpan kenangan yang tak ternilai.

Album foto juga bisa menjadi sarana yang tepat untuk menyimpan momen peringatan Natal dari tahun ke tahun.

4. Puzzle Foto

Saat merayakan Natal, tidak ada yang lebih spesial daripada mengabadikan momen indah dengan memotretnya. Namun, selain disimpan dalam bingkai atau album, Anda juga bisa membuat momen tersebut menjadi lebih berkesan dengan cara yang kreatif, yaitu dengan menjadikannya sebagai puzzle foto. Anda dapat memesan puzzle foto kustom di beberapa toko yang menyediakan layanan tersebut.

Cara ini membuat puzzle foto tidak hanya menjadi hadiah biasa, tetapi juga menjadi aktivitas yang dapat dinikmati bersama.

Kehadiran hadiah Natal ini bisa menambah keceriaan suasana perayaan Natal. Selain itu, hadiah tersebut juga bisa menjadi kenang-kenangan yang indah.

5. Kalender Meja

Kado yang tak kalah bermanfaat adalah kalender meja. Memiliki kalender meja bisa menjadi solusi praktis, terutama dengan Natal dan tahun baru yang berdekatan.

Menjelang akhir tahun, orang-orang tentunya akan membutuhkan kalender terbaru yang memuat hari-hari penting di tahun selanjutnya. detikers juga dapat menambah desain khusus pada kalender meja agar hadiah Natal tersebut semakin berkesan.

READ  Mengungkap Misteri Mistletoe: Asal Usul dan Makna di Natal

6. Selimut

Di Indonesia, momen Natal dan Tahun baru biasanya bertepatan dengan puncak musim hujan. Agar kado semakin terasa romantis, Anda bisa memberikan hadiah berupa selimut. Selain berfungsi untuk menghangatkan, selimut juga bisa menjadi simbol kehangatan hubungan Anda dengan orang yang Anda sayangi.

Selain memberikan kehangatan, selimut juga berperan dalam melindungi tubuh dari udara dingin. Memilih desain dan warna selimut yang sesuai dengan selera dapat membantu meningkatkan suasana hati penerima hadiah tersebut.

7. Scarf atau Syal

Sama seperti selimut, scarf atau syal juga berfungsi untuk menghangatkan tubuh di musim penghujan ini. Selain itu, syal bisa menjadi aksesori yang stylish ketika digunakan dalam perjalanan.

Di musim peralihan ini, perubahan cuaca dan suhu dapat membuat kondisi tubuh menjadi rentan. Kehadiran syal yang lembut sekaligus melindungi dapat menjadi ide kado Natal terbaik.

Syal tidak hanya menjaga hangat tapi juga memberikan sentuhan kasih sayang yang hangat di musim dingin. Pilihlah syal dengan bahan yang lembut dan warna favorit penerima kado untuk membuatnya semakin bermanfaat.

Apakah Anda sudah memiliki gagasan untuk memberikan kado spesial kepada orang-orang terkasih di momen Natal tahun depan? Salah satu ide kado yang bisa menjadi pilihan adalah handmade gift. Motif dan ukurannya pun dapat disesuaikan dengan ciri khas dan selera penerima. Bahkan, Anda dapat merajutnya sendiri untuk memberikan sentuhan personal yang lebih berarti.

8. Scented Candle (Lilin Aromaterapi)

Lepas dari penatnya kesibukan, saatnya menikmati hari libur Natal dan tahun baru. Cuaca dingin turut menambah kenikmatan bersantai di rumah.

Apalagi ditemani dengan lilin aromaterapi yang membuat relax. Scented Candle cocok diberikan sebagai kado Natal.

9. Kacamata

Jenis kacamata sangat beragam, mulai dari kacamata baca hingga kacamata fashion. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan yang dimiliki oleh penerima kado tersebut.

Kacamata akan sangat berguna di beberapa momen apalagi jika si penerima adalah orang yang suka travelling. Selain membuat stylist, kacamata juga membantu penglihatan.

10. Voucher Belanja (Gift Card)

Ketika Anda belum mengetahui dengan pasti apa yang diinginkan oleh penerima, memberikan kado berupa voucher belanja bisa menjadi pilihan hadiah Natal yang sangat tepat.

Hal ini didukung dengan banyaknya promo dan diskon selama perayaan Natal. Sehingga, penerima kado dapat lebih bebas memilih hadiah sesuai keinginannya menggunakan voucher diskon yang tersedia.

11. Paket Liburan

Bulan Desember hingga Januari akan dipenuhi dengan hari libur dan cuti bersama. Momen ini dapat dimanfaatkan untuk pergi liburan bersama orang terkasih.

Oleh karena itu, memberikan hadiah liburan bisa menjadi pilihan yang sempurna. Dengan memberikan kejutan berupa paket liburan, Anda dan orang yang Anda berikan kado akan dapat menikmati momen spesial bersama.

12. Dompet

Memilih dompet sebagai kado Natal mungkin terdengar klise, namun faktanya dompet selalu diperlukan di berbagai momen sehari-hari. Kepraktisan dan kebermanfaatannya membuatnya menjadi pilihan yang tak pernah ketinggalan.

Apalagi jika target penerima hadiah adalah anak-anak. Dompet akan menjadi tempatnya menyimpan uang yang didapatkan selepas bertamu di Hari Natal.

Hadiah ini juga cocok diberikan kepada remaja dan dewasa. Mereka dapat menyimpan voucher atau gift card yang didapatkan dari hadiah sebelumnya.

Bagaimana menurutmu, Nisa? Apakah ide ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk Natal tahun depan?

13. Tas

Ide hadiah selanjutnya adalah tas, sebuah benda yang penting dalam segala situasi. Mulai dari tas fashion, tas laptop, tas gym, hingga tas sekolah atau tas bekal, pilihan tas ini bisa jadi solusi kado yang berguna untuk diberikan saat merayakan Natal.

Biasanya ketika tahun baru semakin dekat, banyak orang merasa ingin mengganti barang-barang mereka dengan yang baru. Salah satunya adalah tas, yang seringkali menjadi kebutuhan sekunder yang diperbaharui.

READ  Bangunan Terbengkalai di Tanjung Jabung Barat: Fenomena dan Dampaknya

14. Jam Tangan

Sesuai fungsinya sebagai penunjuk waktu, jam tangan merupakan opsi kado Natal yang sangat fungsional. Karena dapat digunakan sehari-hari, jam tangan adalah pilihan yang praktis dan berguna sebagai hadiah Natal.

Jam tangan bisa menjadi pilihan aksesoris yang berkesan sebagai kado Natal. Selain berfungsi untuk melihat waktu, jam tangan juga membawa makna simbolis sehingga setiap melihatnya, penerima akan teringat dengan hangat kepada sosok pemberi.

15. Parfum

Francis Kurkdjian, tukang parfum asal Prancis, pernah mengatakan, “Parfum adalah seni yang membuat ingatan berbicara.” Pendekatan tersebut mencerminkan parfum sebagai aksesoris tak terlihat namun mampu meninggalkan kesan melalui aroma yang tersimpan dalam ingatan.”

Hadiah Natal yang sempurna dapat diwakili oleh beragam hal, termasuk aroma parfum. Pemilihan aroma parfum yang tepat bukan hanya sekadar memberikan wanginya, tetapi juga memberikan identitas yang mewakili si penerima. Jika kamu mampu menebak aroma parfum yang sesuai dengan selera orang terkasihmu, maka hadiah tersebut akan sangat berkesan dan menghangatkan hatinya.

16. Hampers Natal

Hampers Natal merupakan hadiah yang praktis. Isinya beragam, mulai dari set kue, teh, hingga alat kebutuhan sehari-hari yang berguna.

Berbagai pilihan hampers yang beragam memudahkan si pemberi untuk memilih hadiah yang sesuai bagi si penerima.

17. Buket Bunga

Memberi bunga merupakan simbol kasih sayang pada setiap perayaan apapun. Tidak salah jika buket bunga juga menjadi salah satu ide kado Natal yang sangat pad.

Buket bunga ini dapat diperindah dengan tambahan aksesoris boneka Santa dan rusa untuk memperkuat nuansa Natal.

18. Akuarium, Ikan Hias, dan Dekorasi

Jika Anda ingin memberikan hadiah Natal yang berbeda dari yang biasa, pilihan kado seperti ikan hias dan dekorasi akuarium mungkin dapat menjadi opsi yang tepat dan menarik.

Kehadiran peliharaan dapat membantu mengurangi tingkat stres dan menenangkan pikiran. Jika sedang merasa jenuh, penerima kado dapat bermain dengan peliharannya.

Di samping itu, keberadaan ikan hias juga dapat menambah keindahan di dalam rumah. Jangan lupa untuk menyediakan dekorasi dan mainan yang sesuai untuk ikan tersebut!

19. Tanaman Hias

Satu lagi kado yang akan mengingatkan penerima kepada si pemberi ketika merawatnya, yaitu tanaman hias. Kamu dapat memilih jenis tanaman hias yang identik dengan suasana Natal.

Beberapa di antaranya seperti kaktus Natal merah, sukulen, poinsettia, anggrek, hingga amarilis. Apabila tanaman tersebut tumbuh dengan baik hingga Natal selanjutnya, berarti penerima sangat menyukai kado yang diberikan.

20. Buku

Buku merupakan sumber ilmu yang berharga bagi siapa pun. Pilihlah buku dengan topik yang ringan namun mengandung kisah-kisah yang menarik.

Memberikan buku sebagai kado Natal adalah cara yang luar biasa untuk memberikan dukungan agar orang terus berkembang dan memperluas wawasannya. Buku yang diberikan bisa menjadi obrolan menarik di Natal berikutnya.

21. Jurnal

Tahun berganti, akan ada banyak cerita baru di tahun yang baru ini. Jurnal siap menemani perjalanan tersebut. Oleh karena itu, detikers bisa mempertimbangkan untuk memberikan kado Natal berupa jurnal kepada orang-orang terkasih.

Penerima dapat mengggunakan jurnal untuk menulis keluh kesah mereka sehari-hari. Selain itu, jurnal juga dapat diisi dengan daftar harapan yang ingin dicapai di tahun 2024. Agar lebih spesial, kamu dapat memberikan jurnal yang dibuat secara handmade atau dengan motif kustom sesuai dengan selera penerima.

21. Buku Motivasi

Motivasi sangat penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Hadiahkan buku motivasi sebagai inspirasi bagi orang tersayang.

22. Mug atau Gelas

Rekomendasi hadiah Natal selanjutnya adalah mug atau gelas. Kebutuhan air dalam tubuh menjadi faktor penting.

READ  Muzani Jawab Tantangan Hasto tentang Emosi Prabowo: Terbukti Partai Naik Terus

Hadirnya mug atau gelas dengan desain khusus yang lucu dapat meningkatkan semangat untuk minum air. Terlebih lagi, jika hadiah tersebut diberikan oleh orang tersayang.

23. Alat pijat

Beragam alat pijat tersedia dengan harga terjangkau sehingga sangat pas jika diberikan sebagai hadiah Natal. Kalian dapat memilih alat pijat kaki, punggung, leher, tangan, kepala hingga set komplit.

Alat pijat ini akan membantu penerima merasakan relaksasi setelah sibuk dengan pekerjaan sehari-hari.

24. Alat Olahraga

Selain bisa diberikan kepada kerabat yang gemar pada suatu cabang olahraga tertentu, alat olahraga juga merupakan barang umum yang sebaiknya dimiliki oleh setiap individu. Hadiah Natal berupa alat olahraga ini tentu akan sangat berguna.

Dengan alat olahraga, stamina tubuh dapat tetap terjaga meskipun hanya dilakukan di rumah. Selain itu, sebagaimana fungsi hadiah, pasti akan memberi motivasi bagi penerima untuk menggunakannya.

Sebagai contoh, sepeda statis dapat menjadi kado yang berguna untuk menjaga kebugaran fisik tanpa harus pergi ke pusat kebugaran. Dengan kemudahan akses di rumah, seseorang dapat lebih konsisten dalam menjaga kebugaran.

25. Alat Rajut

Ide kado Natal yang satu ini cocok untuk penerima yang sedang mencari ide baru. Dari pada jenuh dengan hari libur namun malas keluar rumah, alat rajut dapat menjadi solusi bermanfaat mengisi waktu luang tersebut.

Rajutan yang sudah jadi pun dapat langsung dipakai ataupun dipajang.

Apabila Anda memiliki keahlian merajut, Anda dapat membuat berbagai macam barang yang berguna dan bermanfaat sebagai kado Natal. Rajutan yang sudah jadi pun dapat langsung dipakai ataupun dipajang. Misalnya, Anda bisa membuat sarung tangan, syal, atau bahkan bantal rajut yang hangat dan nyaman.

26. Vitamin dan Suplemen

Siapa pun tidak boleh melupakan kesehatan. Terutama setelah mengalami kesibukan mempersiapkan acara Natal dan tahun baru. Oleh karena itu, hadiah Natal berupa vitamin dan suplemen juga bisa sangat pas diberikan kepada orang-orang yang punya segudang aktivitas.

Hadiah ini menunjukkan perhatian terhadap kesehatan penerima. Vitamin dan suplemen dapat memberikan energi tambahan. Pilihlah vitamin dan suplemen yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

27. Skincare

Merawat diri adalah kewajiban setiap individu. Saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui tahapan perawatan kulit maupun jenis produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit mereka.

Oleh karena itu, memberikan produk skincare merupakan pilihan kado Natal yang tepat. Tindakan ini mencerminkan perhatian yang diberikan oleh pemberi kepada kesehatan kulit penerima hadiah.

Apalagi jika skincare yang diberikan cocok dan membawa perubahan menarik di tahun baru. Maka kedua pihak akan merasa sangat bersyukur.

28. Lampu Tidur

Pencahayaan adalah salah satu faktor penting yang dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang. Terkadang, hal ini sering terabaikan namun memiliki dampak yang signifikan.

Perayaan Natal dapat menjadi momen yang tepat untuk memberikan lampu tidur. Hal ini mengisyaratkan bentuk kepedulian pemberi yang ingin memperbaiki kualitas tidur orang terkasihnya.

29. Powerbank

Berkembangnya teknologi dan kehadiran alat komunikasi digital sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Penggunaannya yang terus menerus menyebabkan penggunaan baterai menjadi cepat habis.

Hadiah powerbank akan sangat berguna di momen-momen ini. Terutama momen Natal yang melibatkan banyak kunjungan keluarga atau pergi berwisata ke beberapa tempat. Dengan adanya powerbank, seluruh momen dapat terabadikan dengan baik tanpa khawatir kehabisan baterai.

30. Headset atau TWS

Salah satu ide hadiah Natal yang bisa dipertimbangkan saat ingin memberi hadiah melalui pertukaran hadiah tanpa mengetahui jenis kelamin penerima adalah headset atau TWS. Hadiah ini merupakan kebutuhan sekunder yang dapat digunakan oleh semua orang tanpa terkecuali.

Nah detikers, itulah beberapa ide kado Natal yang cocok diberikan di tahun 2023 ini. Jangan lupa sesuaikan dengan selera penerima ya!