Jurus Bank BUMN Pacu Revolusi Digital bagi Pelaku UMKM

indotim.net (Senin, 11 Maret 2024) – PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) terus memberikan dukungan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Direktur Network & Services BNI, Ronny Venir, mengungkapkan langkah digitalisasi transaksi di kawasan Stasiun Lambuang Bukittinggi, Sumatera Barat, melalui penyediaan layanan QRIS dan EDC BNI. Inisiatif ini bertujuan untuk mempercepat tren masyarakat bertransaksi tanpa uang tunai serta menyediakan kemudahan dalam bertransaksi bagi pedagang dan konsumen.

Menyusul langkah strategis tersebut, BNI juga telah mulai mengalirkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada pelaku usaha di sekitar Stasiun Lambuang untuk mendukung peningkatan modal kerja mereka. Program KUR dari BNI menawarkan suku bunga yang kompetitif dan proses pengajuan yang simpel, memudahkan UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka,” ungkap Ronny dalam pernyataan resmi yang diterbitkan pada hari Senin (11/3/2024).

Sebagai upaya mendukung layanan yang lebih lengkap, BNI turut memperkenalkan layanan Agen46 di sekitar area Stasiun Lambuang. Agen46 berperan sebagai arm BNI yang siap membantu pedagang maupun pengunjung dalam melakukan beragam transaksi keuangan seperti setor tunai, tarik tunai, transfer dana, pembayaran tagihan, dan lainnya.

“Semua bentuk dukungan ini merupakan komitmen BNI dalam meningkatkan daya saing UMKM dan mendukung perkembangan pariwisata di Bukittinggi,” tutup Ronny.

Momen penting terjadi di Kawasan Stasiun Lambuang Bukittinggi ketika Erick Thohir meresmikan inisiatif Bank BNI dalam memberikan KUR dan CSR kepada UMKM.

Sebelumnya, BNI telah menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada para pelaku UMKM di sekitar Stasiun Lambuang, Bukittinggi, Sumatera Barat. Acara tersebut diresmikan langsung oleh Menteri BUMN RI Erick Thohir.

Turut hadir dalam acara tersebut Walikota Bukittinggi, Erman Safar, Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade, Direktur Network & Services BNI, Ronny Venir, serta para jajaran direksi BUMN.

READ  Menilik Alasan Menag Yaqut Mengundang Prabowo dalam Acara Natal Kementerian BUMN

UMKM memiliki peran vital dalam pertumbuhan ekonomi Tanah Air. Inilah alasan mengapa BNI terus berkomitmen dalam memberikan dukungan dan solusi keuangan yang sesuai bagi UMKM guna mendorong perkembangan dan peningkatan kualitas, serta berpotensi untuk mendukung kemajuan sektor pariwisata di Bukittinggi.

Bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) yang diberikan oleh BNI kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sekitar Stasiun Lambuang tidak hanya berupa bantuan modal, namun juga sarana dan prasarana yang diperlukan seperti meja, kursi, tenda, neon box, dan lainnya. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan kualitas pelayanan UMKM di kawasan tersebut.

Kesimpulan

Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) telah memberikan dukungan yang konsisten bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sekitar Stasiun Lambuang, Bukittinggi. Melalui inisiatif digitalisasi transaksi, pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta Corporate Social Responsibility (CSR), BNI membuktikan komitmennya dalam memajukan UMKM dan sektor pariwisata dengan memberikan solusi keuangan yang sesuai dan mendukung perkembangan bisnis UMKM.