Cindy Fatikasari-Tengku Firman: Rekayasa Gaji dan Hidup di Kanada

indotim.net (Senin, 11 Maret 2024) – Cindy Fatikasari dan Tengku Firmansyah berencana untuk pindah ke Kanada setelah Hari Raya nanti. Rencananya, mereka akan mulai pindah pada tanggal 16 April 2024. Ketika ditanya tentang pekerjaan di sana, keduanya tidak mempermasalahkan jenis pekerjaan apa yang akan mereka lakukan. Yang terpenting bagi mereka, pekerjaan yang mereka lakukan harus halal.

“Kalau kita sebenarnya mendaftar sebagai aktor di sana, tapi pekerjaan apapun juga nggak masalah sih. Mau jadi tukang cuci piring juga nggak apa-apa yang penting halal,” ungkap Cindy Fatikasari saat wawancara di studio Pagi Pagi Ambyar, Trans TV.

Lalu, berapa upah minimum di Kanada?

Menurut laporan dari Forbes, upah minimum di tingkat federal dan untuk pekerja di industri yang diatur oleh pemerintah federal disesuaikan secara otomatis setiap tahun pada 1 April. Pada tahun 2022, upah minimum telah naik menjadi US$ 15,55 per jam atau sekitar Rp 241.025 (kurs Rp 15.500). Sedangkan tahun sebelumnya, naik menjadi US$ 16,65 atau sekitar Rp 258.075.

Pada tanggal 1 April 2024, upah minimum federal akan disesuaikan lagi untuk mengatasi inflasi, karena Consumer Price Index (CPI) atau Indeks Harga Konsumen (IHK) naik rata-rata tahunan sebesar 3,9% pada tahun lalu.

Sementara itu, di tingkat provinsi, terdapat jadwal penyesuaian upah minimum masing-masing. Penyesuaian umumnya dilakukan berdasarkan perubahan inflasi dan IHK. Di Saskatchewan, contohnya, upah minimum direncanakan naik dari US$ 14 per jam menjadi US$ 15 per jam pada tanggal 1 Oktober 2024.

Di Provinsi New Brunswick, penyesuaian tingkat upah minimum akan dilakukan berdasarkan perubahan CPI wilayah tersebut.

READ  KPU: Simulasi Pemilihan Kuala Lumpur di Hari KSK dengan Cara Baru

Di Wilayah Barat Laut, mulai 1 September 2023, upah minimum akan disesuaikan setiap tahun dengan menggunakan rumus yang didasarkan pada persentase perubahan CPI untuk Yellowknife serta persentase perubahan upah rata-rata per jam di wilayah tersebut pada tahun sebelumnya.

Di Nova Scotia, upah minimum akan mengalami kenaikan setiap tahun berdasarkan CPI nasional, ditambah dengan tambahan 1%, yang akan mulai diberlakukan pada 1 April 2024.

Kesimpulan

Cindy Fatikasari dan Tengku Firmansyah berencana untuk pindah ke Kanada setelah Hari Raya guna mencari kehidupan yang lebih baik. Mereka tidak mempermasalahkan jenis pekerjaan apa yang akan mereka lakukan, yang penting halal. Informasi tentang upah minimum di Kanada juga disampaikan, di mana terdapat penyesuaian secara otomatis setiap tahun untuk mengatasi inflasi. Selain upah minimum federal yang naik setiap tahun, penyesuaian juga dilakukan di tingkat provinsi, seperti di Saskatchewan, New Brunswick, Wilayah Barat Laut, dan Nova Scotia.