Jusuf Kalla: Rahasia Penting yang Tidak Boleh Terungkap tentang Alutsista

indotim.net (Rabu, 10 Januari 2024) – Pada debat ketiga Pilpres 2024 yang berlangsung pada tanggal 10 dan 12, Jusuf Kalla (JK) membicarakan mengenai data pertahanan yang dibahas. JK berpendapat bahwa tidak ada yang perlu dirahasiakan mengenai data belanja alutsista.

“Rahasia apa yang sebenarnya ada di dalam pertahanan kita? Bagian apa yang perlu dirahasiakan jika kita hanya membicarakan alutsista? Semua orang tahu kita memiliki Sukhoi dan F16 yang tertentu,” kata JK saat ditemui di kediamannya di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024).

JK kemudian mengingatkan pada momen di mana alutsista milik Indonesia sering kali dipamerkan saat perayaan hari jadi TNI. Oleh karena itu, dia berpendapat bahwa tidak ada yang perlu dirahasiakan mengenai alutsista.

“Setiap tanggal 5 Oktober, kami memamerkan semua alutsista yang kami miliki. Tidak ada yang dirahasiakan. Tidak ada yang disimpan. Kami tidak memiliki senjata nuklir yang harus dirahasiakan lokasinya. Kecuali jika ada senjata rahasia yang luar biasa, biasanya itu dirahasiakan,” ucap Jusuf Kalla.

JK kemudian menceritakan pengalamannya selama dua periode menjabat sebagai Wakil Presiden RI. Politisi senior Partai Golkar itu menyebut negara lain kerap mengetahui aktivitas belanja pertahanan Indonesia.

“Pengalaman saya, apa yang kita buat? Rahasia kepada siapa? Pertanyaannya tentu rahasia kepada negara lain, apa Anda nggak tahu, kamu beli pesawat 2 dia tahu di Amerika di Eropa, kita beli tank, tahu itu orang. Dan tiap kali 5 Oktober ada pameran, kan terbuka semuanya,” ujar JK.

“Jadi tidak ada yang perlu disembunyikan di keadaan sekarang, apanya rahasia sebenarnya. Rakyat harus tahu berapa anggaran negara yang digunakan untuk membeli ini, berapa pajak yang mereka bayarkan. Rakyat harus mengetahui mengenai rahasia pertahanan ini bahwa kita membeli kapal selam secara langsung dan baru saja dipesan oleh negara lain. Mau tahu tipe kapal selam ini, tipe apa itu, tapi itu bukanlah rahasia yang harus disembunyikan di dalam republik ini, semua orang sudah mengetahuinya,” sambungnya.

READ  Indikasi Anies-Ganjar Koalisi di Putaran Dua Tertangkap Basah oleh JK

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengemukakan pandangannya terkait kebutuhan untuk merahasiakan perlengkapan alat utama sistem pertahanan (Alutsista) Indonesia. Menurutnya, jika hanya alutsista yang perlu dirahasiakan, maka tidak ada yang perlu disembunyikan.

Kesimpulan

Pada debat ketiga Pilpres 2024, Jusuf Kalla (JK) menyampaikan bahwa tidak ada yang perlu dirahasiakan tentang data belanja alutsista. Menurutnya, karena alutsista Indonesia sering dipamerkan secara terbuka, tidak ada yang perlu disembunyikan. JK juga mengemukakan bahwa rakyat perlu mengetahui anggaran negara dan pajak yang digunakan untuk membeli alutsista serta rahasia pertahanan seperti pembelian kapal selam yang sudah diketahui oleh banyak orang. Dengan demikian, JK berpendapat bahwa jika hanya alutsista yang perlu dirahasiakan, maka tidak ada yang perlu disembunyikan.