Kandungan Morden Fol Untuk Fase Pertumbuhan Awal

By | Februari 8, 2022
morden fol

Ketika membahas suatu tanaman, tentunya kita tidak terlepas dari sebuah perawatan akan tanaman itu. Perawatan akan tanaman tidak akan terlepas dari proses pemupukan di mana hal tersebut sudah jamak bagi kalangan petani. Pada fase pertumbuhan awal, banyak tanaman yang tidak bisa melalui fase sesudahnya. Mereka hanya tumbuh biasa saja, tidak maksimal. Kandungan morden fol sebagai nutrisi sangat diperlukan tanaman pada fase ini, tentunya. Pupuk ini juga dikenal sebagai nutrisi bagi daun.

Pupuk morden fol

Adalah pupuk cair yang biasa diandalkan oleh para petani, khususnya petani cabe pada saat menuju fase vegetatif. Pada tahap ini sebaiknya petani memberikan pupuk cair ini supaya tanaman lebih kokoh. Saat tanaman membutuhkan suplai energi yang besar, seperti pembentukan bunga, adanya serangan penyakit atau cuaca, dan pertumbuhan awal, maka morden fol menjadi salah satu alternatif keberhasilan tumbuhnya tanaman  tersebut.

Sebelum masuk fase vegetatif atau masa awal pertumbuhan tanaman, ada beberapa fase di mana tanaman akan membutuhkan suplai energi yang sangat besar, di antaranya fase pertumbuhan awal selesai pindah tanam (setelah berhasil menjadi bibit), fase pembentukan bunga dan calon buah, fase di mana tanaman mengalami berbagai tekanan semacam kondisi cuaca dan serangan penyakit, serta saat tanaman berupaya memulihkan diri pasca terkena hama.

Kandungan morden fol

Di dalam morden fol ini, sebagian besar alias 43 % nya mengandung konsentrat tinggi dari senyawa magnesium pirofosfat instan.

Komposisi morden fol

Piridoxin Magnesium Pirofosfat 43 % yang setara dengan :

P2O5                     : 26 %

MgO                      : 3.300 ppm

Fe-EDTA               : 4.200 ppm

Spesifikasi morden fol

Pupuk ini berupa cairan yang mudah larut berwarna kuning. Dikemas dengan kemasan botol platik PET dan dijual dengan ukuran 100 ml, 250 ml, 500 ml, dan 1000 ml.

READ  3 Jenis Pupuk Untuk Jahe Hasil Melimpah

Manfaat morden fol

Meningkatkan pembentukan jumlah biji, bulir padi, dan polonnya.

Zat hijau daun atau klorofil akan bertahan lama.

Menambah energi setelah terserang hama / penyakit.

Merangsang pembentukan akar serabut, tunas, bulu, cabang serta anakan.

Bunga menjadi lebih produktif. Polong atau biji-bijian menjadi lebih padat.

Pada saat fase kritis semacam fase pindah tanam, maka tanaman butuh suplai energi besar untuk bertahan hidup, nah saat itulah morden fol berperan penting.

Kelebihan morden fol

Konsentrat tinggi ini merupakan produk instan yang mudah bereaksi dengan zat organik yang ada di dalam tanaman sehingga sangat cepat terserap.

Formulasi morden fol berasal dari bahan-bahan teknikan yang diolah dengan kemurnian tinggi.

Selain itu, kelebihannya adalah rendahnya kristal dan tidak mengakumulasi residu kristal pada permukaan yang beresiko plasmolisis.

LEGALITAS:

SK Kementan :   199.OL/Kpts/SR.320/B/03/201

No. Pendaftaran : 01.02.2019.094

Merek terdaftar : IDM000641259

Harga morden fol

Morden fol banyak dijumpai pada toko-toko penyedia pupuk pertanian. Selain itu, era digital ini memudahkan siapa saja bisa berbelanja online, termasuk salah satunya belanja pupuk cair ini.

Morden fol dikemas dengan berbagai ukuran, mulai dari 100 ml, 250 ml, 500 ml, dan 1000 ml.

Morden fol ukuran 100 ml dibandrol dengan harga Rp 20.000 ,00 dan untuk ukuran 250 ml dijual dengan harga Rp 45.000 ,00. Sedangkan ukuran 500 ml dijual dengan harga Rp 75.000 ,00 dan ukuran 1000 ml harganya Rp 125.000 ,00.

Cara aplikasi morden fol

Sebelum tanam;

  • Semprotkan / siramkan pada lubang tanam sebelum benih ditanam dengan konsentrasi 1 ml / liter air.

Masa vegetatif;

  • Semprotkan pada daun tiap 7 hari sekali, dengan konsentrasi 0,5 ml / liter airnya.
  • Atau Anda bisa menyiram sekitar perakaran, konsentrasinya 2 ml / liter air.
READ  3 Kumpulan Obat Keriting Pada Cabe, Kenali Terlebih Dahulu Gejalanya!

Menjelang berbunga dan berbuah;

  • Semprotkan pada daun 7 hari sekali dengan konsentrasi 1 ml / liter air.
  • Atau Anda bisa menyiram sekitar perakaran, konsentrasinya 2 ml / liter air.

Perlu perhatian;

  1. Morden fol dapat diaplikasikan bersamaan dengan pupuk NPK atau dengan bahan-bahan lain kecuali dengan bahan yang mengandung konsentrasi kalsium tinggi.
  2. Jangan mencapur dengan pestisida bahan-bahan lain dalam keadaan pekat atau belum diencerkan.
  3. Aplikasi secara tunggal akan memberikan hasil yang lebih baik.

Tanaman memperoleh energi dari sinar matahari dan unsur-unsur lainnya. Unsur fosfat memiliki peranan penting bagi kehidupan tanaman. Sebagai pembentuk Adenosine Tri Phospate (ATP) dan Adenosine Di-Phosphate (ADP) yang berfungsi menyimpan energi metabolisme dan menyalurkannya ke sel-sel yang aktif.

Selain itu fosfat juga sebagai komponen asam nukleat dalam RNA maupun DNA. Banyak penelitian yang membenarkan, tanaman yang tercukupi unsur fosfat maka akan menghasilkan generasi yang tak jauh dari indukannya. Maka, bagi para petani yang sedang berupaya membuat pembibitan alangkah baiknya memperhatikan salah satu unsur ini.

Kandungan morden fol telah kita bahas, mulai dari isinya, aplikasinya, hingga harga jualnya. Pupuk morden fol juga dikenal sebagai suplemen nutrisi daun di kalangan petani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *