Kandungan Nutrisi Buah Naga

By | Februari 8, 2022
kandungan nutrisi buah naga

Ketika kita menyebut buah naga sebagai makanan olahan maupun jus buah, pasti kita akan bertanya-tanya “apasih kandungan nutrisi buah naga? Kok banyak orang yang menyukainya..

Buah naga manis dan berair diperoleh dari tanaman keluarga kaktus asal Amerika Tengah, dalam genus: Hylocereus. Mereka dijual sebagai Pitahaya atau Pitaya (nama Spanyol) di negara barat. Buah naga ini adalah salah satu buah yang popular di Asia Tenggara, terutama di Thailand, Malaysia, dan Singapura. Beberapa nama umum adalah stroberi-pir, thanh panjang (Vietnam), Huolóng Guo (Cina), Doragonfurutsu, dan Kæwmangkr (dalam bahasa Thailand).

Nama botani: Hylocereus undatus.

Tiga jenis umum dari spesies buah naga adalah:

Mantel buah warna merah dengan daging warna putih (Hylocereus undatus): Jenis yang paling umum.

Mantel buah berwarna merah dengan daging warna merah (Hylocereus polyrhizus).

Mantel buah berwarna kuning dengan daging warna putih (Hylocereus megalanthus).

Spesies Hylocereus tumbuh dengan baik di bawah iklim tropis. Biasanya, petani lebih suka stek tanaman induk untuk perkebunan daripada memulainya dengan bibit. Menjadikan batang tanaman  halus, kaktus pitahaya (buah naga) membutuhkan teralis / ajir / penyangga untuk mendukung pertumbuhannya tegak.

Hylocereus undatus mulai berbuah dari tahun kedua perkebunan. Pada bulan April, banyak bunga berwarna putih krem yang menarik muncul di tanaman yang mekar di malam hari. Buah-buahan akan siap dipanen 30-35 hari setelah penyerbukan berbunga yang sukses. Periode berbuah, yang dimulai pada bulan Juni akan berlanjut hingga November. Buah-buahan matang sering diambil hingga enam kali selama periode ini.

Kulit luar dan tebal dari buah naga yang belum matang berwarna hijau cerah. Saat buah matang dan matang, ia berubah menjadi merah cerah. Di bagian dalam, daging berair, semi-tembus cahaya, putih mutiara dihiasi dengan biji hitam yang tersebar secara seragam di seluruh daging. Teksturnya meniru buah kiwi dan rasa kenangan melon.

READ  Leukemia dan Obat Tradisional Leukemia

Manfaat kesehatan dari buah naga (pithaya)

Buah naga mengandung kalori sederhana, sebanding dengan buah kiwi, membawa hanya sekitar 50 kalori per 100 g. Meskipun demikian, ia memegang banyak antioksidan, mineral, vitamin, dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Biji hitam renyah buah naga membawa senyawa fitokimia antioksidan, Phytoalbumin. Beberapa fungsi vital Phytoalbumin adalah peningkatan nafsu makan, pencahar, dan merevitalisasi kesehatan kulit dan rambut.

Buah ini adalah sumber antioksidan vitamin C yang sangat baik; menyediakan sekitar 8-9 mg per 100 g atau sekitar 12-15% dari DRI (asupan harian yang direkomendasikan). Konsumsi makanan yang kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi untuk memerangi agen infeksi dan mengais radikal bebas berbahaya.

Pitahaya jenis daging merah membawa kadar vitamin A, dan karoten yang sangat sehat. Bersama-sama, senyawa ini telah dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk penglihatan yang baik. Vitamin A juga diperlukan untuk menjaga kesehatan mukosa dan kulit. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya karoten diketahui melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.

Ini juga mengandung sejumlah mineral seperti fosfor, mangan, zat besi, dan magnesium. Mangan digunakan oleh tubuh manusia sebagai co-faktor untuk enzim antioksidan kuat, superoksida dismutase. Magnesium adalah mineral penguatan tulang yang penting seperti kalsium.

Pemilihan dan penyimpanan

Buah naga segar menghantam pasar di Thailand pada akhir Juni dan berlangsung hingga November. Namun, hari-hari ini pitahaya segar dapat tersedia sepanjang tahun; berkat revolusi dalam pertanian, penyimpanan, dan teknologi transportasi. Di toko-toko, beli panen segar. Carilah tips hijau pada timbangan. Buah matang hanya menghasilkan tekanan jempol. Meskipun mereka dapat tersedia hampir sepanjang tahun, mereka berada dalam kondisi terbaik mereka dari Juni hingga Desember. Hanya buah-buahan dewasa yang dipanen dan ditangani dengan hati-hati dari anggur kaktus H. undatus untuk keuntungan komersial.

READ  5 Fakta Menarik Dari Rempah-Rempah Ketumbar

Di rumah, buah-buahan matang paling baik dinikmati segera setelah pembelian. Untuk penggunaan yang diperpanjang, simpan di lemari es hingga tiga hari. Bagian potong, dibungkus dengan penutup plastik tipis, dapat tetap baik selama seminggu jika disimpan di lemari es yang diatur pada kelembaban yang sesuai.

Metode penyiapan dan penyajian

Cuci buah-buahan dalam air dingin yang mengalir. Buah-buahan segar dan matang paling baik dimakan sendiri tanpa bumbu / tambahan. Kulitnya keras dan tidak bisa dimakan. Potong buah menjadi dua. Sendok daging menggunakan sendok. Hal ini juga dapat dipotong menjadi irisan / kubus.

Berikut adalah beberapa tips penyajian dari buah naga:

Pitahaya segar dan berair sangat lezat sehingga bisa dimakan apa adanya tanpa bumbu / tambahan. Nikmati rasa mereka yang kaya, unik dan tekstur renyah biji hitam kecil.

Dagingnya dapat dinikmati dalam shake, sorbet, smoothie, dan koktail buah dengan air kelapa, jus jeruk nipis, madu, dll.

Potongan pitaya segar bisa menjadi tambahan yang bagus dalam salad buah.

Hal ini juga digunakan dalam persiapan selai, marmalades, jeli, pesta-kue, dll.

Buah naga juga sangat cocok sebagai MPASI karena kandungan nutrisinya.

Peringatan

Reaksi alergi terhadap buah naga jarang terjadi. Ibu hamil dan anak-anak dapat memakannya dengan aman. (disclaimer medis).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *