Kisah Kontroversial Anies dan Ganjar Dukung Prabowo Setelah Khofifah Berbicara

indotim.net (Jumat, 12 Januari 2024) – Khofifah Indar Parawansa secara resmi menyatakan dukungannya kepada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yang menjadi calon nomor urut 2 dalam Pemilu 2024. Keputusan ini menarik respons dari kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan kubu Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Gubernur Jawa Timur (Jatim) dengan tegas menyatakan kesiapannya untuk bergabung dalam struktur Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Selain itu, ia juga siap menjadi juru kampanye nasional (jurkamnas) yang akan melakukan kampanye di seluruh penjuru untuk memastikan kemenangan Prabowo-Gibran.

“Insyaallah saya sudah siap, sesuai dengan janji saya sejak awal Januari setelah pulang dari umrah. Saya ingin menyampaikan posisi dukungan saya dan saya mendukung Paslon 02,” ujar Khofifah di VVIP Juanda Surabaya di Sidoarjo, seperti yang dilansir oleh detikJatim, pada Rabu (10/1).”

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran memberitahukan bahwa Khofifah akan menjadi aktif sebagai Dewan Pengarah TKN dan juru kampanye nasional pada tanggal 21 Januari. Sekretaris TKN, Nusron Wahid, mengungkapkan bahwa Khofifah akan mengambil cuti untuk fokus bergerak memenangkan Prabowo-Gibran.

“Setelah melalui sejumlah proses rapat dan diskusi, akhirnya Tim Kampanye Nasional (TKN) memutuskan untuk menyertakan beliau dalam salah satu Dewan Pengarah. Dewan Pengarah tersebut terdiri dari para ketua partai politik dan beberapa tokoh sentral yang memiliki pengaruh dan menjadi pertimbangan dalam menentukan garis program TKN,” ujar Nusron kepada wartawan di pusat media TKN, Jalan Sriwijaya No 16, Jakarta Selatan, Kamis (11/1).

Nusron mengatakan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Khofifah efektif berlaku mulai tanggal 21 Januari, yang juga bertepatan dengan acara debat keempat dalam pilpres. Menurut Nusron, setelah tanggal itu, Khofifah akan aktif mengkampanyekan pasangan Prabowo-Gibran dalam posisi cuti sementara sebagai gubernur.

READ  Perayaan Dharma Samudera: Mengenang Momentum 15 Januari

“Surat Keputusan (SK) sudah dibuat, namun kemungkinan akan efektif mulai tanggal 21 Januari. Jadi, saat debat pertama, beliau mungkin sudah berani tampil, dan pada debat keempat beliau sudah menjadi bagian dari kampanye. Tanggal 21 adalah dimulainya kampanye terbuka, dan saat itulah beliau akan masuk ke dalam daftar Tim Kampanye Nasional (TKN) serta cuti sebagai gubernur untuk fokus pada proses pemenangan,” kata Nusron.

Perkembangan Kubu Anies-Cak Imin

Kubu Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, merespons dengan tenang dukungan terbuka Khofifah pada Prabowo-Gibran. Cak Imin menyatakan bahwa ia sudah lama mengetahui bahwa Khofifah mendukung Prabowo-Gibran.

“Kami sudah mengetahui hal ini sejak lama, bahkan selama Pemilu 2019 di Jawa Timur, Khofifah berbeda pendapat dengan PKB. Jadi, ini bukanlah hal baru. PKB telah mendukung calon lain dalam pemilihan gubernur, dan Khofifah juga tidak mendukung PKB pada tahun 2019. Artinya, ini tidak mempengaruhi apa pun,” ujar Cak Imin kepada wartawan di Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu (10/1).

Cak Imin tidak khawatir dukungan Khofifah kepada Prabowo-Gibran akan berpengaruh terhadap posisi Anies-Cak Imin di Jatim. Cak Imin yakin bahwa mereka tetap kokoh di Jatim.

“Saya optimis PKB tetap unggul dengan memperoleh suara terbanyak di Jatim. Ini menunjukkan kekuatan daya tahan partai yang kuat dan tidak ada kaitannya dengan hal lain. Ini adalah hak demokrasi setiap individu,” tambahnya.

Momen Khofifah bertemu Anies di Jakarta.

Timnas AMIN yang mendukung Anies-Cak Imin tetap yakin akan menang di Jawa Timur. PKB menilai sebagian besar warga Jatim mendukung adanya perubahan.

“Nggak kaget dan nggak ngaruh, nahdliyin Jatim sudah cerdas untuk memilih yang jelas sanad dan hidmahnya kepada Nahdliyin,” ujar Waketum PKB Jazilul Fawaid, kepada wartawan, Rabu (10/1).

READ  BPHPI Mempersiapkan 29% Hakim Perempuan Menuju Kepemimpinan Badan Peradilan

“Kami yakin pasangan AMIN akan menang di Jatim dengan modal jajaring pesantren, partai, dan relawan, mayoritas pro perubahan,” terangnya.

Asisten Pelatih Timnas Anies-Muhaimin mengungkapkan bahwa mereka solid dan siap turun ke lapangan. Mereka akan mendatangi kampung-kampung untuk merebut hati warga Jatim.

Sementara itu, juru bicara Timnas AMIN, Billy David, mengapresiasi pilihan yang diambil oleh Khofifah. Billy tidak heran bahwa Khofifah memilih untuk mendukung pasangan Prabowo-Gibran.

“Timnas AMIN sepenuhnya menghargai keputusan dari Bu Gubernur Ibu Khofifah yang telah bergabung dengan TKN dan siap menjadi juru kampanye nasional,” ujar salah satu perwakilan dari kubu Anies dan Ganjar.

Billy optimistis Anies-Muhaimin bisa mendapatkan suara maksimal di Jawa Timur. Dia kemudian menyinggung pengaruh PKB di Jawa Timur.

“Kita ingat bahwa PKB adalah partai Jawa Timur, suara PKB selama beberapa pemilu terakhir juga konsisten di Jawa Timur. Jadi saya rasa itu tidak mengganggu,” jelasnya.

Setelah Khofifah terang-terangan menyatakan dukungannya kepada Prabowo, Kubu Anies dan Ganjar memberikan tanggapan terkait hal ini. Mereka mengungkapkan pandangannya mengenai dukungan yang diberikan oleh Khofifah kepada Prabowo.