Kekuatan Besar di Pemilihan: AMIN, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud

indotim.net (Minggu, 14 Januari 2024) – Coblosan Pilpres 2024 akan digelar 1 bulan lagi dari hari ini. Ketiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden mengalami dinamika elektabilitas.

Untuk diketahui, Pemilihan Presiden 2024 akan digelar pada 14 Februari 2024. Berdasarkan catatan, Minggu (14/1/2024), mayoritas lembaga survei menunjukkan elektabilitas pasangan calon nomor urut 2, yaitu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul.

Sementara itu, paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Cak Imin atau AMIN, dan paslon nomor urut 2, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, saling salip.

Survei Politika Research and Consulting

Lembaga survei Politika Research and Consulting telah merilis hasil survei terkini mengenai elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden dalam Pilpres 2024. Hasil dari survei tersebut menunjukkan bahwa pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memiliki elektabilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), serta pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Hasil survei ini dilakukan pada tanggal 20-27 Desember 2023 dengan melibatkan 1.200 responden. Responden yang menjadi populasi survei adalah warga negara Indonesia (WNI) dengan usia minimal 17 tahun.

Survei tersebut dilakukan melalui teknik wawancara tatap muka dengan supervisi berlapis. Tim survei terdiri dari supervisor pusat, koordinator area, koordinator lapangan, call check, dan tim cleaning. Proses pemilihan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sekitar ±2,7 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut ini hasil survei yang dirilis oleh Politika Research and Consulting:

– Dalam jajak pendapat terkini, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapatkan dukungan sebesar 42,4% dari responden. Selanjutnya, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan dukungan sebesar 28%, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md mendapatkan dukungan sebesar 21,8%

READ  Sandiaga Ingin Bergabung di Pemerintahan Baru, TKN: Prabowo-Gibran Memenangkan Pemilu

– Ada juga sebagian responden (5,0%) yang tidak ingin atau belum menentukan pilihan politik mereka. Sementara itu, sekitar 2,8% responden mengaku tidak tahu atau tidak memiliki informasi yang cukup tentang calon-calon tersebut.

Simak hasil survei lainnya di halaman berikutnya.

Survei IPSOS

Lembaga riset internasional Ipsos Public Affairs telah melakukan survei mengenai elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden dalam periode 27 Desember 2023 hingga 5 Januari 2024. Dalam survei tersebut, pasangan Prabowo-Gibran menempati posisi teratas, diikuti oleh pasangan Anies-Cak Imin, dan Ganjar-Mahfud.

Total terdapat 2.000 responden yang tersebar di seluruh 34 provinsi dalam survei ini. Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka menggunakan aplikasi Ipsos Ifield yang merupakan sistem Computer-Assisted Personal Interviews (CAPI). Sampel diambil menggunakan teknik multi stage random sampling. Margin of error dari survei ini sebesar +- 2,19% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Berikut adalah hasil elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden menurut survei yang dilakukan oleh Ipsos:

Berdasarkan data survei terkini, dalam satu bulan menjelang pemilihan, kekuatan pasangan calon AMIN terlihat mencuat. Berikut adalah hasil survei terkait elektabilitas pasangan calon pada pemilihan ini:

  • Prabowo-Gibran: 48,05%
  • Anies-Cak Imin: 21,80%
  • Ganjar-Mahfud: 18,35%

Tidak tahu: 11,80%

Survei LSI

Lembaga Survei Indonesia (LSI) baru-baru ini merilis hasil survei terkait elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dalam Pilpres 2024 di wilayah Jawa Timur. Berdasarkan hasil survei tersebut, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menempati posisi unggul dibandingkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md serta pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Di setiap daerah pemilihan DPR RI di Jawa Timur, Lembaga Survei Indonesia (LSI) melakukan penelitian dengan mengambil sampel dari 800 orang menggunakan metode multistage random sampling. Dengan demikian, total sampel yang berhasil dikumpulkan sebanyak 8.800 responden di Provinsi Jawa Timur.

READ  Tanah Longsor di Kolombia : Tragedi Maut, 18 Tewas dan 30 Luka-luka

Survei ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih khusus. Sampel pemilihan responden diambil dengan metode multistage random sampling dengan margin of error sekitar ±1,1% dan tingkat kepercayaan 95%.

Hasilnya:

  • Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 46,7%
  • Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 26,6%
  • Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 16,2%
  • Tidak tahu: 10,4%

Kesimpulan

Berdasarkan hasil survei terkini dari Politika Research and Consulting, Ipsos, dan Lembaga Survei Indonesia (LSI), pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pemilihan Presiden 2024 memiliki elektabilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Dalam satu bulan menjelang pemilihan, AMIN terlihat mengalami kenaikan elektabilitas yang signifikan. Namun, Prabowo-Gibran tetap memimpin dalam survei dari semua lembaga. Dengan demikian, pasangan Prabowo-Gibran menjadi kekuatan terbesar dalam pemilihan ini.