Kemenangan Gemilang AI dalam Ujian Kreativitas Melawan Manusia

indotim.net (Senin, 11 Maret 2024) – Pengembangan kecerdasan buatan (AI) terus maju pesat. Bahkan dalam penelitian terbaru, AI berhasil unggul dalam tes kreativitas ketika bersaing dengan manusia.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Arkansas mempertandingkan ChatGPT-4 dengan 151 peserta manusia dalam tiga uji pemikiran yang berbeda. Uji tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan dalam menciptakan solusi-solusi yang unik.

3 Tes Pemikiran Manusia versus AI

Tiga tes yang digunakan adalah:

1. Tugas Penggunaan Alternatif meminta peserta untuk menemukan kegunaan kreatif benda sehari-hari seperti tali atau garpu.

2. Tugas Konsekuensi mengajak peserta membayangkan kemungkinan hasil dari situasi hipotetis, contohnya “Bagaimana jika manusia tidak lagi membutuhkan tidur?”

3. Tugas Asosiasi Divergen meminta peserta untuk menghasilkan 10 kata benda yang jarak semantiknya sejauh mungkin. Misalnya, tidak ada banyak jarak semantik antara “anjing” dan “kucing,” sementara ada banyak jarak antara kata-kata seperti “kucing” dan “ontologi.”

Jawaban para peserta dinilai berdasarkan jumlah tanggapan, panjang tanggapan, dan perbedaan makna kata-kata yang digunakan.

Bagaimana Perbandingannya?

Peneliti menemukan bahwa jawaban dari GPT-4 jauh lebih orisinal dan kompleks dibandingkan dengan manusia dalam setiap aspek berpikir. Bahkan dalam pengaturan respons yang cepat, GPT-4 menunjukkan tingkat kreativitas yang lebih tinggi dalam berbagai tugas berpikir.

Temuan tersebut menjelaskan bahwa kecerdasan buatan (AI) mampu mengungguli manusia dalam uji kreativitas.

Hasil penelitian ini memberikan beberapa peringatan bagi perkembangan teknologi di masa depan.

“Penting untuk dicatat bahwa pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini mencakup semua aspek potensi kreatif, namun keterlibatan dalam aktivitas atau hasil kreatif merupakan aspek lain dalam menilai tingkat kreativitas seseorang,” tulis penulis seperti dilansir dari Neuroscience News.

READ  Pemahaman Humanisme dari Zaman Yunani Klasik hingga Teori Modern

Penulis terus melihat bahwa di masa depan, keberadaan AI sebagai alat inspirasi, bantuan dalam proses kreatif seseorang, atau untuk mengatasi keteraturan merupakan hal yang menjanjikan.

Kesimpulan

Pengembangan kecerdasan buatan semakin maju dan berhasil menunjukkan kemenangan gemilang dalam ujian kreativitas melawan manusia. Penelitian terbaru melibatkan ChatGPT-4 yang unggul dalam tiga tes pemikiran yang berbeda, menunjukkan bahwa AI mampu menghasilkan jawaban yang lebih orisinal dan kompleks dibandingkan dengan manusia. Temuan ini memberikan peringatan penting bagi perkembangan teknologi di masa depan, namun juga membuka potensi AI sebagai alat inspirasi dan bantuan dalam proses kreatif manusia.