Penyebab Kucing Suka menjilat Pemiliknya

indotim.net (Rabu, 06 Maret 2024) – Kucing adalah hewan peliharaan yang dikenal suka menjilat, baik itu badannya sendiri, kucing lain, atau ke manusia. Namun, apa alasan sebenarnya kucing suka menjilat?

Untuk alasan pertama, kucing sering menjilati tubuhnya sendiri karena bagian dari perawatan tubuh. Menurut laporan dari BBC Science Focus, kucing dewasa menghabiskan sekitar 8% waktu bangunnya hanya untuk merawat diri dengan cara menjilat.

Pada bagian sebelumnya, telah dijelaskan bahwa menjilat merupakan perilaku alami bagi kucing untuk membersihkan diri dan menunjukkan kasih sayang kepada pemiliknya. Namun, alasan lainnya adalah terkait dengan kehidupan sosial kucing.

Alasan selanjutnya, saat kucing menjilati kucing lainnya, itu merupakan peran sosial yang penting dalam kehidupan mereka. Diketahui, bahwa kucing dewasa akan sering menjilat kucing lain sebelum bersenggama.

Lantas, bagaimana dengan kebiasaan kucing yang kerap menjilat pemiliknya dan orang lain?

Alasan Kucing Menjilat Manusia

Para pakar menyimpulkan bahwa perilaku kucing yang gemar menjilat manusia masih menyimpan misteri. Belum ada kepastian mengenai manfaatnya bagi kedua belah pihak, baik kucing maupun manusia.

Meski para ilmuwan dan pakar tidak sepenuhnya yakin apa alasan kucing suka menjilat manusia, tapi ada beberapa teori tentang mengapa kucing menjilat manusia.

1. Kucing Mempercayai Manusia

Sebagaimana hewan peliharaan lain, kucing juga bisa menunjukkan rasa percayanya pada manusia. Sebuah teori mengatakan bahwa menjilat merupakan bagian dari kepercayaan kucing terhadap manusia.

Perlakuan ini menunjukkan bahwa manusia yang dijilat tersebut bukanlah lawan atau musuh bagi kucing.

READ  Protes Massal di Jakarta, Pemimpin Israel Dianggap Penjahat Perang

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kucing sering menjilat pemiliknya? Ternyata, perilaku ini memiliki latar belakang yang menarik. Menurut Dr. David Sands, seorang pakar psikologi hewan dengan pengalaman klinis lebih dari 25 tahun, “Jenis menjilati ini mirip dengan perilaku kucing-ke-kucing yang disebut allogrooming, yang pada dasarnya adalah saling dandan.”

Menurutnya, seekor kucing akan mempelajari kebiasaan menjilat manusia ini dari induknya ketika mereka masih kecil, saat belum benar-benar melihat dan belum bisa mendengar.

Menjilat manusia adalah perilaku alami bagi kucing yang memiliki makna tertentu. Dr. Sands menjelaskan, “Hal ini pada dasarnya untuk membersihkan anak kucing dan memperkuat ikatan sosial.”

Sebagian besar orang mungkin akan merasa senang ketika kucing kesayangan mereka mulai menjilat tangan atau wajah. Namun, tahukah kamu apa sebenarnya alasan di balik perilaku lucu ini?

Ternyata, kebiasaan kucing untuk menjilat manusia sebagian besar dipengaruhi oleh perlakuan yang diterimanya dari induknya saat masih anak-anak. Kucing muda sering kali menjilati induknya untuk membersihkan bulu, mengekspresikan kasih sayang, atau mencari perhatian.

“Dan perilaku perawatan yang penuh kepercayaan ini dapat ditransfer ke manusia,” jelasnya.

2. Ada Aroma Menarik dari Manusia

Penyebab lain yang membuat kucing cenderung menjilati manusia adalah karena adanya aroma yang menarik bagi kucing tersebut. Misalnya, kucing bisa menjilati tangan manusia karena terdapat aroma tertentu yang menarik perhatiannya.

Dr Sands menjelaskan bahwa kucing memiliki indera perasa yang sangat sensitif. Hal ini memungkinkan mereka untuk menangkap aroma dari kulit manusia, mungkin berasal dari sekresi feromon hewan lain.

“Bisa juga ada garam, pelembap, atau apa pun yang baru saja Anda makan. Bagi kucing, semua ini adalah aroma yang menarik dan jilatan memungkinkan mereka untuk memeriksanya. Mungkin hanya itu saja,” ungkapnya.

READ  Kesehatan Hewan Liar Dipengaruhi oleh Kandungan Kimia Tanah: Temuan Studi Terbaru

3. Menempelkan Aroma untuk Menandai

Fakta uniknya, kucing adalah hewan yang menyukai harum tubuh mereka sendiri. Ketika kucing menjilat manusia, sebenarnya itu artinya kucing ingin menempelkan aroma mereka ke manusia tersebut.

“Jika kamu menyadari bahwa kucing akan menjilat tubuh mereka setelah kamu mengelusnya, itu berarti mereka ingin menghilangkan aroma (manusia) dari tanganmu, yang menempel di tubuh mereka,” terang Dr Sands.

Perilaku kucing yang suka menempelkan bau mereka ke kucing lain hingga manusia, menjadi cara untuk kucing menandai kepemilikannya.

Saat kucing menjilati manusia, itu sebenarnya merupakan tanda kasih sayang dan rasa nyaman yang mereka rasakan. Menjilat adalah cara kucing berinteraksi dengan sesama dan juga dengan pemiliknya. Tindakan tersebut seringkali diiringi dengan gerakan ekor dan kurang lebih delapan hingga sepuluh kali jilatan di bagian tersebut.

4. Mencari Perhatian

Kucing seringkali menjilat manusia karena ingin mencari perhatian. Menurut Pet MD, perilaku ini bisa terjadi karena kucing merasa nyaman dengan kehadiran manusia dan ingin diperhatikan. Selain itu, kucing juga dapat menjilat manusia sebagai respons terhadap rasa cemas atau masalah medis yang sedang dialaminya, seperti nyeri atau mual.

Jika kucing suka menjilat manusia, ada alasan menarik di balik perilaku tersebut. Biasanya, kucing menjilati pemiliknya sebagai tanda kasih sayang atau untuk membersihkan mereka.

Namun, perlu diingat bahwa terlepas dari alasan kucing menjilat manusia, penting untuk memperhatikan kesehatan dan kebersihan. Jika terjadi kontak langsung antara air liur kucing dan kulit manusia, ada risiko penularan bakteri dan penyakit.

Faktanya, kucing memiliki bakteri di mulutnya yang dapat sewaktu-waktu menyebabkan infeksi, terlebih jika kucing menjilat luka terbuka.

Pada dasarnya, menjilat merupakan salah satu cara kucing untuk mengekspresikan kasih sayang kepada manusia. Tidak hanya itu, menjilat juga dapat menjadi sarana bagi kucing untuk membersihkan bulunya sekaligus merasa nyaman.

READ  Mahfud Bicara Hukum: Sikat Ofensif untuk Kemakmuran Rakyat dan Anti Korupsi!