KPU Ingatkan Grace Soal Aksi Hampiri Moderator, Peringatkan Tata Tertib Debat

indotim.net (Rabu, 10 Januari 2024) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengungkapkan bahwa mereka telah mengevaluasi pelaksanaan debat ketiga dalam Pemilihan Presiden 2024. Komisioner KPU, August Mellaz, menjelaskan bahwa tim sukses pasangan calon nomor urut 02 telah menerima teguran langsung karena tindakan mereka mendekati moderator selama debat berlangsung.

“Yang jelas kan masih posisi sebagaimana dikatakan Pak Ketua, apapun alasannya tindakan itu tidak dibenarkan,” ucap Mellaz di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2024).

Mellaz mengatakan sebenarnya tidak melihat aksi yang dilakukan kader PSI Grace Natalie dan Isyana Bagoes Oka saat menghampiri moderator. Ia lantas berbicara seorang anggota komisioner KPU saja tak berani untuk berinteraksi secara langsung.

“Saat itu saya tidak mengetahui peristiwa pertama, karena saat itu jeda, saya meninggalkan ruangan. Saya pindah ke ruangan lain, kemudian diberitahu oleh Ibu Betty dan Pak Afif,” ujar Mellaz.

“Pak Afif dan Bu Betty saja yang komisioner nggak berani langsung lakukan hal itu kan, kemudian setelah saya tahu, ya sudah saya stay di dalam ruangan dan kemudian ada peristiwa itu,” sambungnya.

Mellaz mengungkapkan bahwa pihaknya sudah memberikan teguran langsung kepada Grace dan Isyana mengenai larangan untuk berhubungan dengan moderator. Tim sukses (timses) dapat menyampaikan keluhan mereka melalui petugas hubungan.

“Saya bilang, yang bisa berhubungan dengan kami itu hanya LO dan kami sudah berikan pada masing-masing paslon ada dua LO yang full akses, biar mereka yang sampaikan apa pun catatannya. Mau dari proses forum, atau nanti disampaikan pada evaluasi pascadebat,” katanya.

Setelah mendapatkan peneguran tersebut, pihak terkait segera menghubungi LO Paslon untuk menyampaikan catatan keberatan.

“Iya, makanya setelah itu, yang bersangkutan langsung menghubungi LO paslonnya, dan kemudian saya langsung berhubungan dengan LO paslon tersebut. Catatan keberatannya apa dan kemudian karena catatannyua pada paslon yang lain, maka LO paslon lain saya panggil dan kemudian itu bisa diselesaikan persoalannya,” tambahnya.

READ  Videotron Anies Tiba-tiba Turun, Timnas AMIN Siap Laporkan Bawaslu

Kesimpulan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menegur tim sukses pasangan calon nomor urut 02 karena mendekati moderator selama debat ketiga Pemilihan Presiden 2024. Komisioner KPU, August Mellaz, menjelaskan bahwa tindakan tersebut tidak dibenarkan dan mereka telah mengingatkan Grace Natalie dan Isyana Bagoes Oka mengenai larangan berhubungan dengan moderator. Pihak terkait segera menghubungi LO Paslon untuk menyampaikan catatan keberatan setelah mendapatkan peneguran tersebut.