Mahfud: Bersama Afsel, Indonesia Pro Perdamaian dan Bela Palestina!

indotim.net (Jumat, 12 Januari 2024) – Menko Polhukam Mahfud Md menanggapi tindakan Afrika Selatan (Afsel) yang mengadukan Israel ke Pengadilan Internasional di Deen Hag, Belanda. Mahfud menyatakan bahwa Indonesia mendukung perdamaian dunia.

“Indonesia adalah negara yang mendukung perdamaian. Oleh karena itu, setiap bentuk kekerasan dan pelanggaran terhadap kemanusiaan, seperti genosida dan pemusnahan massal, harus ditentang,” ujar Mahfud di Pasuruan, Jawa Timur, pada Kamis (12/1/2024).

Mahfud menyatakan bahwa Indonesia menunjukkan dukungan kepada Palestina. Menurut Mahfud, semangat yang ada di Indonesia sama dengan semangat yang dimiliki oleh Afrika Selatan.

“Sebab itu, kalau semangatnya begitu, kita akan bersama Afrika Selatan dan membela Palestina,” ujarnya.

Saat ditanya apakah Indonesia bisa hadir memberikan sikap, Mahfud menyebut bahwa hal itu dapat disampaikan melalui administrasi.

“Untuk bisa hadir, kita tidak bisa sendirian, harus dipanggil. Nanti bisa saja. Misalnya ketika Indonesia ditanya mengenai alasan dukungannya terhadap Palestina di PBB. Ini adalah alasannya. Ini dokumennya, seperti itu,” tambah Mahfud.

Kesimpulan

Mahfud Md, Menko Polhukam, menyatakan bahwa Indonesia mendukung perdamaian dunia dan menentang setiap bentuk kekerasan dan pelanggaran terhadap kemanusiaan. Dalam keterkaitan dengan Afrika Selatan (Afsel) yang mengadukan Israel ke Pengadilan Internasional, Mahfud menyatakan bahwa Indonesia akan bersama dengan Afrika Selatan untuk membela Palestina. Meskipun Mahfud mengatakan bahwa Indonesia perlu dipanggil untuk hadir dalam isu ini, ia menunjukkan bahwa Indonesia memiliki dukungan yang kuat terhadap Palestina melalui dokumen-dokumen yang ada di PBB.

READ  Hasil Real Count Pileg KPU Terbaru: PDIP Unggul 16,51%, Disusul Golkar 15,16%