Mungkinkah Suzuki Memproduksi Jimny 5 Pintu di Indonesia? Jawaban dan Rencana Terbaru

indotim.net (Rabu, 06 Maret 2024) – Suzuki Jimny mendapat sambutan positif dari konsumennya. Bahkan, inden atau masa tunggunya sampai berbulan-bulan. Namun, Suzuki belum berniat untuk memproduksi Jimny di Indonesia.

Saat ini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih mengimpor utuh Jimny 5 Pintu dari India dan Jimny 3 Pintu dari Jepang. Joshi Prasetya, Dept. Head Strategic Planning PT SIS, mengatakan belum ada kemungkinan Jimny diproduksi di Indonesia.

Memang jika kita bicara soal produksi lokal, bukan hanya Jimny, ada jumlah minimum yang harus dipenuhi. Saat ini, kondisinya belum memungkinkan. Namun, kami terus memantau minat masyarakat secara intens,” kata Joshi saat diwawancarai dalam uji coba media Suzuki Jimny 5 Pintu di Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (5/3/2024).

“Semua kembali ke hitungan ekonomi. Karena kalau quantity kurang biayanya juga jadi mahal. Itu berpengaruh langsung ke harga,” kata perwakilan Suzuki.

Ei Mochizuki, Asst. To Strategic Planning Dept Head PT SIS menambahkan, basis Suzuki Jimny berbeda dengan Suzuki Ertiga maupun XL7 yang sudah diproduksi di Indonesia. Jadi, tak bisa begitu saja langsung memproduksi Jimny di Indonesia.

“Jimny sasisnya jauh berbeda dengan Ertiga dan XL7. Jadi, jika Jimny diproduksi lokal, kita perlu membangun pabrik baru yang khusus. Ini berarti investasi yang sangat besar. Kami juga harus mempertimbangkan komunikasi dengan prinsipal kami,” ungkap Mochizuki.

“Mesin tipenya memang sama. Tapi bentuknya beda. Karena rear drive ya, Ertiga XL7 front drive. Kalau lihat engine bentuknya beda. Karena rear drive berarti ada propeller shaft. Bentuk engine beda, transmisi juga beda,” sebut Mochizuki.

Secara penampilan, Suzuki Jimny 5 Pintu memiliki desain yang hampir sama dengan varian 3 Pintu-nya. Perbedaan utama antara keduanya terletak pada aksen chrome yang dihadirkan oleh Jimny 5 Pintu di bagian grille-nya.

READ  Mengapa Senyum Marc Marquez di Balapan MotoGP Qatar 2024 Begitu Memikat?

Dengan tambahan 5 pintu, varian terbaru dari Jimny datang dengan ukuran yang lebih besar, dengan panjang total mencapai 3.965 mm. Lebar mencapai 1.645 mm dan tinggi 1.720 mm, yang sama dengan varian Jimny 3 pintu.

Jimny 5 Pintu hadir dengan jarak sumbu roda yang lebih panjang, yaitu 2.590 mm. Meskipun begitu, tinggi ground clearance-nya tetap sama dengan versi 3 pintu, yaitu 210 mm.

Dimensi Jimny 5 Pintu yang lebih panjang membuatnya memiliki radius putar minimum yang lebih besar, yaitu 5,7 meter. Tak hanya itu, approach angle-nya mencapai 36 derajat, departure angle sebesar 47 derajat, dan ramp breakover angle-nya adalah 24 derajat.

Namun dengan dimensi yang lebih panjang, Jimny 5 Pintu memiliki keleluasaan karena memiliki kabin belakang ukuran penuh yang dapat diisi oleh tiga orang dewasa. Ketika kabinnya diisi oleh penumpang, bagasinya masih mampu membawa barang dengan kapasitas hingga 211 liter.

Suzuki Jimny 5 Pintu hadir dengan dapur pacu dan spesifikasi kaki-kaki yang sama dengan varian Jimny 3 Pintu. Mesinnya menggunakan mesin K15B berkapasitas 1.462 cc.

Mesin ini sering digunakan oleh Suzuki dalam model MPV dan SUV, diklaim efisien dan bertenaga. Tenaga maksimal mencapai 100,6 HP pada 6.000 RPM, sementara torsi mencapai 130 Nm pada 4.000 RPM.

Khasnya Jimny, Suzuki memasangkan sistem All Grip alias 4×4 ke Jimny 5 Pintu. Sistem penggerak roda ini juga dapat diganti dari 2H ke 4H sembari berjalan atau shift on the fly.

Suzuki menyebut bahwa Jimny 5 Pintu dapat digunakan secara optimal di perkotaan dengan penggerak 2H. Mobil ini juga memiliki kemampuan off-road yang handal berkat sistem 4H dan 4L, cocok untuk melintasi berbagai medan seperti jalan berbatu, kasar, lumpur, dan medan yang sulit.

READ  Polisi Tangkap Kadis Perumahan Metro Lampung Terkait Dugaan Penipuan

Suzuki Jimny 5 Pintu dalam kondisi on the road di Jabodetabek dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp 465 juta hingga Rp 475,6 juta untuk yang termahal. Berikut adalah daftar harga lengkapnya:

Harga Suzuki Jimny 5 Pintu

Suzuki Jimny 5 Pintu (AT): Rp 475.600.000

Suzuki Jimny 5 Pintu (AT-Dual Tone) dijual dengan harga Rp 478.600.000. Namun, apakah Suzuki berencana untuk memproduksi versi 5 pintu dari Jimny di Indonesia?

Harga Suzuki Jimny 5 Pintu (MT) mencapai Rp 462.000.000.

Suzuki Jimny 5 Pintu (MT-Dual Tone): Rp 465.000.000

Kesimpulan

Suzuki Jimny 5 Pintu masih diproduksi secara impor dari India dan Jepang karena kondisi produksi lokal di Indonesia belum memungkinkan. Meskipun memiliki permintaan tinggi, perbedaan basis dengan model Suzuki lainnya membuat produksi lokal memerlukan investasi besar. Jimny 5 Pintu hadir dengan dimensi lebih besar dan fitur off-road handal, dengan harga mulai dari Rp 462 juta hingga Rp 478.6 juta.