PDIP Kecewa KPU Belum Mengeluarkan Panduan Kampanye dan Zonasi yang Dinanti

indotim.net (Minggu, 14 Januari 2024) – Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, mengekspresikan kekecewaannya terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang belum mengumumkan hal-hal teknis terkait kampanye akbar dan pembagian zonasi. Dalam kondisi ini, PDIP telah menyiapkan beberapa opsi kampanye yang dapat dilakukan.

“Kami sangat menyayangkan bahwa hingga saat ini, KPU belum mengeluarkan petunjuk teknis terkait kampanye akbar dan pembagian zonasi, sehingga kami telah menyiapkan berbagai opsi kampanye,” ujar Hasto di Rumah Susun (Rusun) Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, pada hari Minggu (14/1/2024).

Hasto menyatakan rasa kekecewaannya terhadap KPU yang hingga saat ini belum mengeluarkan petunjuk teknis terkait kampanye dan pembagian zonasi. Dia mengungkapkan bahwa para ketua umum partai politik yang mendukung pasangan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, antara lain Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PPP M. Mardiono, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) akan aktif turun ke lapangan untuk bertemu dengan masyarakat. Selain itu, para menteri dari PDIP seperti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, serta Menteri Sosial, Tri Rismaharini, juga akan turut serta dalam kampanye ini.

“Semuanya sudah kami persiapkan dengan matang untuk melakukan kampanye turun ke bawah bersama rakyat dalam melakukan pembagian zonasi di antara pimpinan nasional dan kader-kader dari TPN Ganjar-Mahfud,” tambahnya.

Meskipun demikian, Hasto menyatakan bahwa PDIP akan fokus pada kampanye di daerah yang merupakan basis dukungan pada kampanye akbar Pemilu 2024 mendatang. Oleh karena itu, dia mengatakan bahwa PDIP hanya perlu menunggu keputusan resmi dari KPU mengenai pembagian zonasi.

“Daerah-daerah yang menjadi basis PDI Perjuangan akan menjadi fokus kampanye akbar. Selain itu, 18 provinsi yang dimenangkan oleh PDI Perjuangan dalam Pemilu 2019 juga akan menjadi pusat perhatian partai,” ujar seorang perwakilan PDIP.

READ  7 Tanda Oli Gearbox Motor Perlu Diganti, Pantau Terus!

Kesimpulan

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, menyampaikan kekecewaannya terhadap KPU yang belum mengeluarkan petunjuk teknis terkait kampanye akbar dan pembagian zonasi. PDIP telah mempersiapkan berbagai opsi kampanye dalam menghadapi kondisi ini. Meskipun demikian, PDIP akan fokus pada kampanye di daerah yang merupakan basis dukungan serta menunggu keputusan resmi dari KPU mengenai pembagian zonasi.