Progres Persiapan Upacara HUT RI di IKN Agustus 5 Bulan Lagi Terkuak!

indotim.net (Rabu, 06 Maret 2024) – Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) Danis Sumadilaga mengungkapkan persiapan penyelenggaraan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia di IKN. Menurut Danis, progres batch 1 yang terkait dengan persiapan di bulan Agustus sudah mencapai 74%.

“Perkembangan batch pertama sudah mencapai sekitar 74% (per 15 Februari 2024). Kemungkinan hari ini sudah lebih ya. Dalam konteks persiapan untuk bulan Agustus, hampir seluruhnya terfokus pada batch pertama,” ujar narasumber yang dikutip dari akun Instagram Kementerian PUPR @kemenpupr, pada Rabu (6/3/2024).

Sebelumnya, Danis menyebut bahwa negara telah mengalokasikan dana sebesar Rp 24,84 triliun untuk 40 paket dalam batch 1, dan Rp 43,73 triliun untuk batch 2. Batch 1 mencakup paket yang sudah dikontrak dari tahun 2020 hingga Maret 2023, sedangkan batch 2 terdiri dari paket yang sudah dikontrak serta dalam tahap persiapan/lelang setelah Maret 2023.

Untuk proyek kantor presiden yang tergolong dalam batch pertama, progresnya saat ini sudah mencapai sekitar 74%. Sementara itu, persiapan di istana dan lapangan upacara telah mencapai 60%. Jika melihat progres pembangunan gedung-gedung Kemenko di IKN, persentasenya sudah melebihi 40%.

Meski masih beberapa bulan lagi sebelum perayaan Hari Kemerdekaan RI, persiapan upacara di IKN terus berlangsung. Menurut sumber terpercaya, progres persiapan berbagai fasilitas terkait upacara HUT RI sudah mencapai titik-titik tertentu.

“Misalnya kantor presiden, sudah mencapai sekitar 74% dalam proses persiapannya. Sementara itu, Istana dan lapangan upacara juga telah mencapai angka 60%. Jangan lupakan juga progres pembangunan gedung-gedung Kementerian Koordinator, rata-rata persentasenya sudah di atas 40%,” ungkap narasumber tersebut.

Bagian sebelumnya telah memaparkan bahwa persiapan untuk upacara HUT RI di Kawasan Integrated Kota baru (IKN) terus berlangsung. Selain itu, infrastruktur dasar IKN seperti bandungan dan intake juga sudah rampung.

READ  Relawan Prabowo-Gibran Siap Realisasi Program Makan Gratis dengan Semangat Sosial Masyarakat

Kemudian jaringan listrik, fiber optik, air hingga pipa gas akan dimasukkan ke dalam multi-utility tunnel untuk mendukung kelancaran acara resmi tersebut.

“Kita berlokasi di Bendungan Sepaku Semoi ini sudah selesai, kemudian intake Sepaku sudah selesai. Itu artinya air baku yang nanti diolah jadi air minum itu sudah siap. Infrastruktur pendukung, air bersih, listrik, fiber optik, gas, sudah kita persiapkan juga yang akan masuk ke dalam multi-utility tunnel,” imbuhnya.

“Kita telah fokus pada semangat kebangsaan dan memastikan akses jalan tol lancar. Dengan demikian, kami yakin bahwa kita akan siap sepenuhnya untuk peringatan 17 Agustus mendatang,” ungkap narasumber.

Kesimpulan

Persiapan upacara Hari Ulang Tahun Ke-79 Republik Indonesia di Kawasan Integrated Kota Baru (IKN) terus berlangsung dengan progres mencapai 74% pada batch pertama. Dana sebesar Rp 24,84 triliun telah dialokasikan untuk 40 paket dalam batch 1, sementara proyek kantor presiden, istana, dan lapangan upacara sudah mencapai persentase yang signifikan. Infrastruktur dasar seperti bandungan dan intake juga sudah rampung, dengan jaringan listrik, fiber optik, air, dan pipa gas yang akan dimasukkan ke dalam multi-utility tunnel untuk mendukung kelancaran acara resmi tersebut. Semangat kebangsaan dan persiapan akses jalan tol menjadikan keyakinan bahwa semuanya akan siap sepenuhnya untuk peringatan 17 Agustus mendatang.