Pesona Bukit Siru: Menikmati Puncak Pangeran Desa Tebing Tinggi

indotim.net (Senin, 04 Maret 2024) – Kerinci memiliki beragam tempat wisata yang menarik dan penduduk yang ramah. Setiap pengunjung akan disambut dengan senyuman manis.

Berbicara tentang destinasi, Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Danau Kerinci, Provinsi Jambi memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berkunjung ke Puncak Bukit Siru atau yang saat ini dikenal sebagai Puncak Pangeran.

Puncak Bukit Siru atau Puncak Pangeran merupakan destinasi wisata yang sudah lama dikenal. Perjalanan menuju puncak tersebut memang tidak mudah, kendaraan roda dua hanya bisa digunakan hingga seperempat jalan.

Selebihnya kita harus berjalan kaki. Saat ini di sana belum tersedia fasilitas apapun. Bagi para pendaki yang ingin menikmati panorama puncak di pagi hari, mereka harus mempersiapkan peralatan camping dan kebutuhan sendiri karena tidak ada bantuan yang tersedia.

Jarak Desa Tebing Tinggi dari pusat Kota Sungai Penuh bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua atau roda empat sekitar 15 km atau 20 menit dari pusat kota. Di desa tersebut, perjalanan berlanjut dengan melakukan trekking sekitar satu jam untuk mencapai goa yang menakjubkan.

Jalan menuju ke sana terbilang baik karena jalan masyarakat sekitar pergi ke kebun (ladang). Di sepanjang jalan menuju puncak kita akan disuguhi pemandangan alam yang sangat menarik.

Udaranya sangat segar, dan suara burung serta seluk-beluk hutan pun turut mengiringi perjalanan kita. Rindang pepohonan membuat perjalanan semakin nyaman dan menenangkan.

Sebelum mencapai Puncak Pangeran, terdapat perkebunan karet, kopi, kayu manis, dan perkebunan sayur-sayuran seperti sayur gando (sayur khas Tebing Tinggi yaitu sayur jenis kucai).

Di sepanjang jalur menuju puncak, pengunjung juga akan disuguhkan dengan pemandangan batu-batu besar yang tersebar mempercantik lintasan.

READ  Potret Kebahagiaan: Minat Tinggi Pangan Murah Saat Ramadan

Ada juga sungai dan pohon-pohon bambu, sebelum sampai di puncak kita terlebih dahulu melewati gua. Di sepanjang jalan menuju goa tersebut, kita juga bisa mendengar kicauan burung-burung yang beraneka ragam.

Bagian yang menarik dari perjalanan menuju Puncak Pangeran Desa Tebing Tinggi adalah ketika kita melewati jalan setapak yang dikelilingi oleh tebing tinggi. Udara segar dan suara alam yang mengalun membuat perjalanan semakin menyenangkan.

Kita juga dapat menikmati kegiatan pengamatan burung sepanjang jalur menuju puncak. Saat tiba di bibir goa, kesan mistis mulai terasa dan adrenalin kita terpacu oleh suara bising kelelawar yang menyambut kedatangan.

Tepat sebelah kanan gua kelelawar, terdapat bebatuan yang menyerupai kubah masjid sehingga masyarakat sekitar akrab menyebutnya dengan sebutan “batu masjid”. Saat mendaki sedikit ke atas, terlihat sekelompok batu-batu besar yang memperindah perjalanan.

Bahkan ada di antaranya yang berada di posisi yang unik, masyarakat sekitar menyebutnya dengan “batu tergantung”.

Terus menyusuri, kita akan disuguhi dengan panorama puncak Bukit Siru yang apik.

Di puncak Bukit Siru atau Puncak Pangeran Desa Tebing Tinggi, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah Danau Kerinci serta perumahan warga Desa Tebing-Tinggi dan sekitarnya. Tidak hanya itu, dengan sedikit keberuntungan, pengunjung juga dapat menyaksikan kecantikan bunga bangkai dan beragam tanaman hias yang mempesona.

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel “Pesona Bukit Siru: Menikmati Puncak Pangeran Desa Tebing Tinggi” adalah bahwa Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Danau Kerinci, Provinsi Jambi menawarkan destinasi wisata yang menarik dan menantang. Meskipun perjalanan ke Puncak Pangeran tidak mudah, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan alam yang memukau dan udara segar yang menenangkan. Keindahan Danau Kerinci, bunga bangkai, serta keunikan batu-batu besar di sepanjang perjalanan menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam yang belum terjamah di Desa Tebing Tinggi.

READ  Dialog Memang Penting, Tapi... Peluang Megawati-Paloh Bertemu Diliputi Ketidakpastian