Ke Ponpes di Banyuwangi, Gibran Ingin Generasi Muda Kuasai Teknologi Canggih

indotim.net (Rabu, 10 Januari 2024) – Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menyambangi kiai kampung di Pondok Pesantren Ibnu Sina, Banyuwangi, Jawa Timur. Pertemuan ini juga menjadi ajang untuk mendukung pasangan Capres dan Cawapres, Prabowo Subianto-Gibran.

Acara silaturahmi itu bertajuk ‘Halaqoh Kebangsaan Kiai Kampung Bersama Gibran Rakabuming Raka’. Pengasuh Ponpes Ibnu Sina Masykur Ali memperkirakan kegiatan tersebut dihadiri lebih dari seribu kiai.

“Ketika Banyuwangi terang, maka seluruh Jawa terang. Artinya apa? Kalau Prabowo-Gibran menang di Banyuwangi, maka seluruh Indonesia pasti menang,” ujar Kiai Masykur dalam keterangan tertulis, Rabu (10/1/2024).

“Prabowo-Gibran pasti menang. Menang sekali putaran. Prabowo-Gibran pasti menang,” ujarnya.

Sorakan Kiai Masykur pun disambut tepuk tangan para kiai dan masyarakat yang hadir. Kemudian, ia menyampaikan bahwa Prabowo-Gibran menang dalam putaran pertama, yang dapat menghemat anggaran negara lebih dari Rp 27 triliun. Ia juga menyatakan bahwa pasangan Prabowo-Gibran memiliki program yang berpihak pada kepentingan pesantren.

“Kalau Mas Gibran menjabat sebagai Wakil Presiden, beliau berkomitmen untuk melaksanakan amanat undang-undang, yaitu Dana Abadi Pesantren,” ucapnya.

'Halaqoh Kebangsaan Kiai Kampung Bersama Gibran Rakabuming Raka' Foto: Istimewa

Sementara itu, Gibran menyampaikan rasa terima kasih karena diterima untuk bersilaturahmi dengan para kiai. Ia juga memohon maaf karena para kiai telah menunggu berjam-jam.

Selanjutnya, Gibran meminta keluarga pesantren agar dapat mengawal realisasi program Dana Abadi Pesantren. Ia mengungkapkan bahwa program tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menuju era ‘Indonesia Emas’.

“Untuk mencapai visi ‘Indonesia Emas’, kita harus mempersiapkan generasi emas. Para santri tidak boleh diabaikan,” ujar Gibran.

Pasangan Prabowo-Gibran juga berambisi agar santri dapat menghadapi tantangan zaman. Menurut Gibran, santri telah terampil dalam mengaji dan berdakwah, tetapi itu saja tidaklah cukup.

READ  Rektor Univ. Pancasila Dinonaktifkan: Pelecehan

“Kami ingin para santri menjadi ahli di bidang kecerdasan buatan (AI), mereka yang memahami Internet of Things (IoT), perbankan syariah, ekonomi syariah, dan juga smart farming. Mereka harus menguasai bidang-bidang yang sangat dibutuhkan oleh industri,” kata Gibran.

Kesimpulan

Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka, bertemu dengan para kiai di Pondok Pesantren Ibnu Sina, Banyuwangi, Jawa Timur, dalam rangka mendukung pasangan Capres dan Cawapres, Prabowo Subianto-Gibran. Dalam pertemuan tersebut, Gibran menyampaikan komitmen untuk mendukung pesantren, termasuk melaksanakan program Dana Abadi Pesantren dan mempersiapkan generasi muda dengan kemampuan teknologi canggih. Pasangan Prabowo-Gibran juga ingin para santri menguasai bidang-bidang yang penting bagi industri seperti kecerdasan buatan, IoT, perbankan syariah, ekonomi syariah, dan smart farming.