PT GNI & SEI Dukung Pendidikan Masyarakat Sekitar Industri dengan Program Beasiswa

indotim.net (Sabtu, 13 Januari 2024) – PT Gunbuster Nickel Industry (GNI), perusahaan industri smelter terkemuka di Indonesia, bekerja sama dengan PT Stardust Estate Investment (SEI), terus memperkuat komitmennya di bidang pendidikan. Kali ini, GNI dan SEI memberikan program beasiswa pendidikan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan industri.

Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertemakan “Menyemai Mimpi, Sambut Prestasi”, PT GNI dan SEI berharap dapat melahirkan banyak anak muda berbakat di dua desa sekitar industri, yaitu Desa Tanauge dan Desa Tokonanaka, Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

Pemerintah memiliki misi di bidang pendidikan untuk mencapai Indonesia Emas 2045. Misi tersebut tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045. Salah satu tujuan utama dari misi tahun 2045 adalah meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk mencapai hal ini, transformasi sosial dalam bidang pendidikan yang berkualitas dan merata perlu dilakukan.

Tindakan ini juga bertujuan untuk mendukung upaya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbud RI). Data yang dikumpulkan selama tahun ajaran 2022/2023 mencatat bahwa sebanyak 76.834 orang putus sekolah di Indonesia. Rinciannya, terdapat 40.623 siswa yang putus sekolah di tingkat SD, 13.716 siswa di tingkat SMP, 10.091 siswa di tingkat SMA, dan 12.404 siswa di tingkat SMK.

Kepala Komunikasi Korporat PT GNI, Mellysa Tanoyo, menjelaskan bahwa langkah ini merupakan upaya perusahaan untuk memberikan dukungan kepada siswa berprestasi dalam mewujudkan potensi mereka.

“Generasi muda merupakan salah satu pilar penting dalam pendidikan. Generasi muda yang memiliki keahlian dapat memenuhi kebutuhan industri yang terus berkembang pesat. Kami berharap program beasiswa ini dapat membantu siswa-siswa sekolah dasar di sekitar lingkungan industri agar dapat meraih cita-cita mereka dan menjadi generasi yang unggul,” kata Mellysa dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/1/2024).

READ  Budi Ditersangkakan Jual-Beli Emas Setelah Gugatan Perdata, Ini Pendapat Kejagung

Tidak hanya memberikan beasiswa, PT GNI bersama SEI juga memberikan bantuan sosial berupa fasilitas pendukung bagi para siswa dalam kegiatan belajar-mengajar seperti tas, ATK, paket buku, dan lain-lain.

Kepala Sekolah Dasar Tokonanaka Janamudin mengucapkan terima kasih kepada PT GNI dan PT SEI yang telah memberikan kontribusi di bidang pendidikan untuk meningkatkan semangat para siswa di SDN Tokonanaka. Program beasiswa yang diberikan oleh perusahaan ini sangat berharga bagi masyarakat sekitar industri.

“Kami sangat berterima kasih kepada perusahaan atas kesempatan ini. Dengan adanya program beasiswa ini, kami dapat meningkatkan prestasi anak-anak kami di masa depan. Kami berharap inisiatif ini akan terus berlanjut sehingga anak-anak dapat terus mengembangkan potensi mereka,” tutup Janamudin dengan rasa syukur.

Kesimpulan

PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) dan PT Stardust Estate Investment (SEI) memberikan program beasiswa pendidikan kepada masyarakat di sekitar kawasan industri mereka. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan tema “Menyemai Mimpi, Sambut Prestasi”, mereka berharap dapat melahirkan banyak anak muda berbakat di dua desa sekitar industri mereka. Tindakan ini sejalan dengan misi pemerintah untuk meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM). Langkah ini juga merupakan dukungan terhadap upaya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbud RI). Selain memberikan beasiswa, PT GNI dan PT SEI juga memberikan bantuan sosial berupa fasilitas pendukung bagi para siswa. Program ini diapresiasi oleh Kepala Sekolah Dasar Tokonanaka yang berharap inisiatif ini akan terus berlanjut agar anak-anak dapat terus mengembangkan potensi mereka dalam pencapaian cita-cita di masa depan.