Pupuk Dolomit Penyubur Tanah untuk Tanaman

By | Juli 13, 2022

Bagi para petani atau orang yang senang berkebun, adanya pupuk pada tanaman sangat bermanfaat. Pupuk memberi kesuburan dengan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, sehingga tumbuhan menjadi tumbuh lebih subur dan bagus.

Kali ini akan dijelaskan seluk beluk tentang pupuk dolomit. Berikut merupakan ulasannya.

Pupuk Dolomit

Pertama-tama, akan dijelaskan apa itu pupuk dolomit secara umum. Pupuk dolomit adalah pupuk yang digunakan untuk menyuburkan tanah. Penggunaan pupuk ini tidak kalah penting dibanding dengan pupuk tanaman lainnya, sebab ini adalah pupuk yang dibuat untuk tanah atau media tanam dari tanaman.

Penggunaan dolomit sangat berpengaruh pada tingkat kesuburan dari tanah. Tanah yang subur tentunya sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman. Apabila tanah mengandung unsur-unsur nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh, maka tanaman yang tumbuh juga akan bagus dan sehat.

Oleh sebab itu, banyak petani yang menggunakan pupuk ini untuk kesuburan lahannya. Selain itu, hasil yang diperoleh juga cukup bagus unutk tanaman agar tumbuh subur dan sehat.

Kelebihan

Kelebihan dari penggunaan dolomit adalah bisa digunakan untuk tanah dan media tanaman dengan mudah. Pengaplikasiannya cukup mudah serta untuk mendapatkannya pun mudah, bisa ditemukan di pasaran.

Kandungan

Pupuk dolomit mengandung mineral dengan kadar yang cukup tinggi. Mineral yang dimaksud adalah kalsium oksida dan magnesium oksida. Kedua senyawa tersebut dapat menetralkan keasaman tanah.

Dengan menggunakan pupuk dolomit, maka tanah yang kekurangan unsur hara kalsium dan magnesium dapat ditingkatkan dan dapat memaksimalkan produksi tanaman.

Manfaat

Manfaat dari penggunaan dolomit adalah menteralkan keasaman tanah, memberikan nutrisi untuk tanaman, menetralisir kejenuhan zat yang berlebihan, meningkatkan efektivitas dan efisiensi tanah serta dapat menjaga ketersediaan unsur hara dalam tanah.

READ  4 Pupuk Cair Aquascape Terbaik dengan Harga Murah

Tidak hanya itu, dolomit juga berperan dalam mengaktifkan berbagai jenis enzim dalam tanah, membantu pembentukan warna daun, membantu mikroorganisme dan kimia tanha bekerja dengan baik, serta dapat membantu distribusi fosfor ke dalam tanaman.

Dari manfaat-manfaat itulah banyak para petani yang tidak ragu untuk menggunakan pupuk dolomit untuk menyuburkan tanah dan tanaman. Hasil akhir pada tanaman pun menjadi subur dan bisa meningkatkan kualitas buah.

Harga

Di pasaran, atau bahkan di online shop, pupuk ini dijual dengan harga mulai dari 5 ribu rupiah hingga 75 ribu rupiah tergantung dari berat yang dibeli. Namun, masih banyak produk dolomit yang bermacam-macam yang dijual dengan harga yang berbeda pula.

Dolomit banyak dijual di online shop dengan harga yang lebih murah, bahkan Anda bisa berkesempatan mendapat gratis ongkos kirim. Selain itu, di online shop menjual pupuk ini dari berbagai merek dan variasi. Anda bisa memilihnya sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Aplikasi Penggunaan

Setelah mengetahui informasi di atas tentang pupuk dolomit, selanjutnya akan dijelaskan bagaimana aplikasi penggunaannya. Caranya, Anda bisa memasukkan beberapa gram pupuk dolomit ke dalam lubang tanaman yang akan ditanami tanaman baru.

Cara yang kedua, Anda bisa langsung menebarkannya ke seluruh tanaman dan disebar merata. Lakukan penyebaran pupuk pada bagian yang dikenakan tanaman dan disebarkan sebanyak beberapa gram atau secukupnya saja.

Setelah membaca informasi di atas, kini Anda sudah mengetahui sedikit tentang pupuk dolomit mulai dari manfaatnya, kandungannya, serta cara penggunaannya. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan pupuk ini untuk meningkatkan kesuburan, serta menjaga kestabilan keasaman dari tanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.