5 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

By | Agustus 3, 2022

Rice cooker wajib dimiliki orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi. Namun, benda yang sering dikenal sebagai magic com ini tidak hanya bisa digunakan untuk menanak. Rice cooker juga cocok untuk menghangatkan, mengukus, dan memasak beragam makanan.

Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk rice cooker terbaik dari berbagai merek, seperti Yong Ma dan Miyako. Sebelum itu, kami akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang bagus untuk kebutuhan Anda.

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rice cooker terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

1. Mi Induction Heating Rice Cooker

Mulai dari Rp 1.299.000,00

Beli di Shopee

Rice cooker dari Xiaomi ini memiliki fitur memasak yang dapat Anda atur lewat smartphone. Fitur tersebut tentu cocok untuk Anda yang sibuk. Pasalnya, Anda bisa mengontrol produk ini sambil bekerja atau berkegiatan lain.

Tidak hanya memasak nasi, rice cooker ini dapat melembutkan serat daging sapi, lho. Produk ini mampu menggunakan daya secara efisien sehingga panasnya merata untuk melembutkan daging. Pastinya produk ini tidak boleh dilewatkan jika Anda butuh rekomendasi rice cooker dengan efisiensi yang maksimal.

2. Zojirushi Digital IH Pressure System

Mulai dari Rp 15.700.000,00

Beli di Shopee

Produk ini memang memiliki harga yang tinggi dibandingkan dengan produk lainnya. Namun, hal ini sebanding dengan manfaat yang ditawarkannya. Rice cooker Zojirushi ini memiliki empat pressure level yang berbeda untuk nasi, yaitu harder, regular, softer, dan brown.

Tekstur nasi akan menjadi pera dengan level harder, sedangkan level regular menghasilkan nasi pulen yang standar. Anda Ingin nasi yang lebih lembut lagi? Gunakanlah level softer. Sementara itu, level brown dipakai untuk memasak nasi merah. Jika Anda ingin mencoba berbagai tekstur nasi, rice cooker ini tentu bisa menjadi pilihan tepat.

READ  5 Produk IKEA Terbaik Untuk Anda!!

3. Panasonic Rice Cooker – 3 in 1

Mulai dari Rp 599.000,00

Beli di Shopee

Bagi Anda dengan banyak anggota keluarga, tentu konsumsi nasinya juga banyak. Meski begitu, Anda tidak perlu menyiapkan banyak bujet untuk mendapatkan rice cooker berkapasitas besar, lho. Panasonic SR-CEZ18 memiliki harga yang terjangkau untuk kapasitasnya yang mencapai 1,8 liter, bahkan temasuk rice cooker antilengket. Produk ini tentu cocok Anda manfaatkan sebagai rice cooker keluarga.

4. Yong Ma Magic Com

Mulai dari Rp 657.000,00

Beli di Shopee

Yong Ma Magic Com SMC 7033 diberi panci dari keramik yang dapat membuat panas di dalamnya menyebar lebih merata. Jadi, pilih saja produk ini jika Anda mencari rice cooker keramik dengan tipe mechanic untuk kemudahan penggunaan. Rice cooker Yong Ma ini juga memiliki pegangan antipanas sehingga mudah diangkat, lho. Selain praktis digunakan, pancinya mudah dipindahkan!

5. Miyako Rice Cooker

Mulai dari Rp 150.000,00

Beli di Shopee

Produk ini merupakan rice cooker yang bagus bila Anda tinggal sendirian. Ukurannya mini dengan kapasitas 0,63 liter saja. Karena itu, rice cooker Miyako ini cocok untuk anak kos secara dimensi dan kapasitasnya.

Rice cooker mini ini juga dilengkapi penampung uap air yang menjaga nasi agar tidak lekas busuk. Keunikan produk ini tentu adalah bodinya yang bercorak batik sehingga dapat mempercantik dapur atau kamar Anda.

Tips memasak nasi untuk hasil yang lebih enak

Selain soal rice cooker, cara memasak nasi pun sangat memengaruhi kualitas nasi yang dihasilkan. Agar nasi buatan Anda makin enak, ikuti tips memasaknya berikut dari kami.

1. Gunakan baskom saat mencuci beras

Tujuan mencuci beras yaitu untuk menghilangkan kotoran dan bekatul pada setiap butir beras. Jika Anda mencuci dengan panci rice cooker, kotoran tersebut akan tertinggal di panci. Jadi, sebaiknya gunakan baskom atau wadah lainnya untuk mencuci beras.

READ  10 Peralatan Dapur Yang Wajib Ada Untuk Mempermudah Memasak

2. Gunakan kulkas sebagai tempat penyimpanan

Walaupun terdengar sedikit aneh, tempat terbaik untuk menyimpan beras adalah kulkas. Di dalam kulkas, beras dapat tersimpan dengan aman tanpa risiko rusak akibat suhu dan kelembapan. Sebagai informasi, Anda memerlukan kulkas ukuran 500 liter untuk memuat beras 10 kg.

3. Masak beras dalam waktu 2 bulan

Untuk menghasilkan nasi yang enak, beras sebaiknya dimasak dalam waktu sekitar 2 bulan. Jika lebih dari itu, beras akan mulai mengeluarkan aroma sehingga kualitas rasanya akan menurun. Jadi, kami sarankan untuk mengonsumsinya sesegera mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *